Doa Pagi dan Petang Anjuran Rasulullah SAW

2022-06-03 11:14:55

doa dzikir pagi petang- Doa dzikir pagi petang adalah doa yang baiknya dibaca setiap hari. Membaca doa pagi dan petang untuk mengawali hari pun cukup baik. Pasalnya, di dalam doa tersebut terdapat kalimat yang memohon kebaikan untuk hari itu, sehingga segala kepentingan dapat terselesaikan dengan lancar.

Lantas, bagaimana ya doa dzikir pagi petang yang juga dibaca oleh Rasul? Langsung cek artikelnya yuk!

Doa Dzikir Pagi Petang

Doa dzikir pagi petang adalah doa yang dapat Sahabat jadikan opsi sebagai aktifitas pertama di pagi hari. Jika memulai hari dengan hal yang baik, perasaan dan pikiran positif akan memenuhi Sahabat.

Alhasil, kegiatan selama satu hari tersebut dapat berjalan dengan maksimal. Karena, dalam doa dzikir pagi petang juga mengandung makna permohonan untuk dilancarkan pekerjaan dan urusan oleh Allah.

Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam QS. Al Mu’min ayat 60 yang artinya:

“Berdoalah kepada-Ku, Aku akan mengabulkannya. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina.”

Terlebih lagi, doa dzikir pagi petang juga diamalkan oleh Rasulullah SAW. Baik di waktu pagi ataupun petang, berikut doa yang diamalkan Rasulullah berdasarkan riwayat Abu Hurairah:

Allahumma bika ashbahna, wa bika amsaina, wa bika nahya, wa bika namutu, wa ilaikan nusyuru.

“Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali.”

Doa Dzikir Pagi dan Petang Pilihan

Doa dzikir pagi dan petang pilihan berikut adalah doa pagi petang yang dapat pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan yang dikehendaki.

Dilansir dari laman resmi Rumaysho, doa-doa berikut adalah doa yang memiliki sumber yang kuat, sehingga sangat dianjurkan untuk dibaca.

Doa pagi dan petang agar terhindar dari mudharat (dibaca 3x):

Bismillahil ladzi la yadhurru ma‘as mihi syai’un fil ardhi wa la fis sama’i wa huas sami’ul ‘alim.

Artinya, "Dengan nama Allah, Zat yang apa pun di bumi dan di langit tidak mudharat dengan asma-Nya. Dia mahadengar dan mahatahu,” (HR Abu Dawud dan At-Turmudzi).

Doa dzikir pagi petang untuk menghindari rasa malas (dibaca 1x):

Ash-bahnaa wa ash-bahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Robbi a’udzu bika minal kasali wa su-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.

Artinya: “Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada dzat yang berhak disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.

Wahai Rabbku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur.” (HR. Muslim no. 2723)

Doa pagi dan petang agar diberi perlindungan dari ciptaan-Nya (dibaca 3x):

A’udzu bi kalimatillahit tammati min syarri ma khalaq.

Artinya, "Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya," (HR Muslim dan Ibnu Sinni).

Doa pagi dan petang agar dilindungi dari nafsu, setan, dan sekutunya (dibaca 1x)

Allahumma fathiras samawati wal ardhi, ‘alimal ghaibi was syahadah, rabba kulli syai’in wa malikah, asyhadi an la ilaha illa anta. A‘udzu bika min syarri nafsi wa syarris syathani wa syirkih.

Artinya, "Tuhanku, pencipta langit dan bumi, yang mengetahui hal yang ghaib dan nyata, tuhan dan penguasa segala sesuatu. Aku bersaksi tiada tuhan selain Kau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan nafsuku, kejahatan setan dan sekutunya," (HR Abu Dawud dan At-Turmudzi).

Doa dzikir pagi petang untuk dijamin masuk surga (dibaca 1 x)

Allahumma anta robbii laa ilaha illa anta, kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mas-tatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu. Abu-u laka bi ni’matika ‘alayya wa abu-u bi dzambii. Fagh-firlii fainnahu laa yagh-firudz dzunuuba illa anta.

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada hal yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku pada-Mu (yaitu aku akan mentauhidkan-Mu) semampuku dan aku yakin akan janji-Mu (berupa surga untukku).

Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.” (HR. Bukhari no. 6306)

Itulah informasi tentang doa dzikir pagi petang yang dapat Sahabat coba terapkan. Semoga infonya bermanfaat ya.

Lagi cari info tentang asuransi syariah? Jangan bingung cari sumber yang kredibel, karena Wakalahmu menyediakan artikel-artikel yang bisa membantu Sahabat mengerti asuransi syariah secara singkat.

Atau sedang lihat-lihat contoh produk asuransi syariah? Pas banget! Sahabat bisa klik di sini untuk lihat beragam produk asuransi syariah yang ada di marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia!

Sahabat juga bisa kunjungi fitur kalkulator zakat untuk hitung jumlah zakat yang harus dibayar tanpa ribet.

Jadi, yuk cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Pexels.com

Artikel Lainnya

Pengertian dan Contoh Manfaat Wakaf Khairi atau Wakaf Umum

Dari sekian banyak jenis wakaf, ada satu jenis yang bernama wakaf khairi. Apa Sahabat tau pengertian dari wakaf khairi? Cek di artikel berikut ya Sahabat!
Baca sekarang

Pengertian dan Contoh Syirkah Inan

Cari tahu pengertian syirkah inan di sini yuk!
Baca sekarang

Doa Sholat Duha dan Artinya, Tata Cara, dan Niat Sholat Duha

Yuk cari tahu bagaimana doa sholat duha baik latin maupun artinya di artikel ini!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu