5 Ciri-Ciri Orang yang Amanah Beserta Contohnya

2021-12-15 18:40:53

Amanah merupakan salah satu sifat terpuji. Tentu, sangat baik jika seseorang memiliki dan menerapkan sifat ini dalam kehidupan sehari-harinya. Akan tetapi, bagaimana ciri-ciri orang yang amanah? Apa saja contoh perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari?

Gali jawabannya dalam artikel berikut ya Sahabat!

Apa Itu Amanah

Amanah adalah salah satu sifat wajib yang dimiliki para nabi dan rasul. amanah adalah bisa dipercaya. Namun, untuk lebih memahami makna kata ini, mari lihat juga pengertian dari beberapa sumber berikut.

Menurut KBBI, makna kata amanah dalam bahasa Indonesia adalah sesuatu yang dititipkan atau dipercayakan kepada orang lain.

Sedangkan menurut salah satu cendekiawan muslim, Quraish Shihab, amanah adalah kepercayaan yang diberikan seseorang untuk dipelihara dan dijalankan sebaik mungkin. Dalam prosesnya pun, orang yang diberi amanah harus menghindari kemungkinan menyia-nyiakan amanah tersebut, baik karena sengaja ataupun lalai.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa amanah adalah sifat seseorang yang mampu menjaga dengan sebaik mungkin kepercayaan yang diberikan kepada orang tersebut. sehingga, orang tersebut bisa dipercaya oleh orang-orang atau suatu komunitas di sekitarnya.

Ciri-ciri Orang yang Amanah

Seseorang yang memiliki sifat amanah, dapat dipastikan memiliki beberapa ciri-ciri di bawah ini. Yuk cari tahu bersama, Sahabat!

  1. Jujur

Jujur merupakan ciri pertama orang yang memiliki dan menerapkan sifat amanah dalam tindakan hariannya. Mengapa demikian?

Orang yang amanah bisa menyampaikan informasi sesuai dengan bentuk aslinya. Tidak ada yang ditambahkan atau dikurangi secara makna. Tentu hal ini merupakan implementasi dari sikap jujur.

  1. Tanggung jawab

Tidak hanya jujur, orang yang mempraktikkan sifat amanah dalam perilaku sehari-harinya, dapat dipastikan memiliki rasa tanggung jawab.

Orang yang tanggung jawab akan melaksanakan tugas dan kewajibannya, dalam bidang apapun. Tidak peduli seberat dan sebanyak apapun rintangan yang akan dihadapi.

Sehingga, sifat amanah ada dalam diri orang yang mampu bertanggung jawab.

  1. Tepat janji

Ciri-ciri lain yang dimiliki orang yang amanah adalah menepati janji. Dengan menepati janji, dapat dimaknai bahwa orang tersebut memenuhi kepercayaan yang diberikan oleh seseorang pada dirinya. Terlepas bahwa janji tersebut datang dari dirinya sendiri atau orang lain.

Hal ini sesuai dengan pengertian amanah yakni menjaga kepercayaan yang diberikan diri sendiri ataupun orang lain, kepada seseorang.

  1. Tegas

Karena orang yang amanah bisa menjalankan kepercayaan orang yang diberikan kepadanya, tentu orang tersebut akan memiliki sifat tegas. Sifat tegas tersebut berlaku baik pada diri sendiri maupun orang lain yang ada di sekitarnya.

Tentu, dalam proses menjalani kepercayaan yang berisi tugas atau kewajiban tertentu, bukan tidak mungkin seseorang akan menemui halangan atau gangguan yang berasal dari dalam dirinya sendiri ataupun orang lain.

Jadi, dengan memiliki sifat amanah, tentu orang tersebut telah bersikap tegas.

  1. Sering dipercayakan tugas tidak biasa

Kemampuan untuk menjalankan tugas atau kewajiban yang dipercayakan, dengan sebaik mungkin tidak dimiliki oleh banyak orang. Mengapa demikian? Tentu karena sulit.

Oleh karena itu, orang yang memiliki sifat amanah, seringkali banyak dipercayakan tugas-tugas tidak biasa yang memang membutuhkan orang yang amanah untuk mengerjakan tugas tersebut.

Karena, tugas tersebut akan gagal jika dipercayakan oleh orang tanpa kemampuan untuk bersikap amanah.

Contoh Amanah

Setelah mengetahui ciri orang yang amanah, mari cari tahu contoh perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari, sebagai berikut:

  1. Menjaga informasi yang dirahasiakan

Di zaman sekarang, di mana teknologi sudah berkembang begitu cepat, informasi bukan lagi menjadi suatu hal yang sulit didapat. Bahkan, banyak orang yang tanpa sadar dengan suka rela membagikan informasi pribadinya dengan gratis berkat kecanggihan teknologi saat ini.

Akan tetapi, jika kita mundur ke beberapa puluh tahun, informasi merupakan komoditas yang diperjual belikan, bahkan hanya untuk informasi dasar seseorang. Pasalnya, cara untuk memperoleh informasi pada masa itu hanya diketahui oleh segelintir orang. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan suatu hal yang sangat berharga.

Oleh karena itu, meski saat ini informasi sudah begitu mudah untuk didapat, saat seseorang mempercayakan informasinya yang tergolong rahasia, dan orang yang memperoleh informasi tersebut selalu menjaga kerahasiaan informasi tersebut, dapat dipastikan orang tersebut memiliki sifat amanah.

  1. Menyampaikan titipan pesan sesuai dengan isi aslinya

Sekilas, perilaku ini merupakan hal yang sangat mudah untuk dijalankan. Akan tetapi, saat seseorang telah menerima titipan pesan dan harus menyampaikan isi pesan tersebut sesuai dengan aslinya, bukan tidak mungkin orang tersebut mengalami kesulitan tak terlihat saat proses penyampaian pesan tersebut.

Mengapa orang yang bisa melakukan hal ini telah menerapkan sifat amanah? Pasalnya, orang tersebut berhasil menyampaikan isi pesan sesuai aslinya, terlepas dari kemungkinan bahwa informasi tersebut bisa tidak menguntungkan si penyampai pesan, ataupun orang yang menerima pesan mungkin saja orang yang tidak memperlakukan si penyampai pesan dengan baik.

  1. Menjalankan tugas dan tanggung jawab jabatan sesuai dengan yang diberikan

Meski terdengar sederhana, karena bisa saja ada yang berpendapat bahwa hal tersebut memang sudah semestinya dilakukan, namun kemampuan untuk mewujudkan hal tersebut tentu tidak sesimpel itu.

Oleh karena itu, orang yang mampu melakukan hal ini tentu memiliki sifat amanah. Pasalnya, tidak peduli kesulitan, tantangan, risiko, tawaran menggiurkan yang kemungkinan ada untuk mendorong orang tersebut meninggalkan sebagian tanggung jawab jabatannya, orang tersebut tetap mampu memprioritaskan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Usai sudah uraian singkat tentang apa itu amanah, ciri orang yang amanah, serta contoh perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Biaya Haji 2022 Resmi Naik, Berikut Peningkatan Kualitas yang Ditawarkan Pemerintah

Yuk cari tahu berapa biaya haji 2022, yang naik daripada tahun-tahun sebelumnya!
Baca sekarang

Tata Cara Itikaf untuk Laki-laki dan Perempuan

Cek yuk tata cara itikaf berikut! Supaya ibadah itikaf Kita diterima Allah SWT.
Baca sekarang

Inilah Pengertian Syariah yang Wajib Diketahui

Pasti sahabat pernah dengar istilah syariah. Namun, apa sahabat tahu pengertian syariah? Yuk, baca selengkapnya di artikel ini ya!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu