5++ Keutamaan Sholat Dhuha 2 Rakaat hingga 12 Rakaat

2022-05-31 09:24:31

keutamaan sholat dhuha 2 rakaat - Keutamaan sholat dhuha adalah hal yang akan diperoleh oleh umat Islam di saat telah menyelesaikan ibadah sholat dhuha. Oleh sebab itu, meski sholat dhuha adalah ibadah sunnah, rasanya sangat sayang untuk dilewatkan mengingat keutamaan sholat dhuha yang ampuh dalam memperlancar rezeki.

Tetapi, apa keutamaan sholat dhuha hanya itu saja? Cek selengkapnya di artikel ini ya!

7 Keutamaan Sholat Dhuha

  1. Sholat Dhuha adalah Jaminan Dicukupkan Rezeki

Keutamaan sholat dhuha yang pertama yaitu diberikan rezeki yang cukup bagi umat Muslim yang melaksanakannya.

Bukan tanpa dasar, keutamaan ini sesuai dengan pernyataan Rasul dalam hadits berikut yang artinya:

“Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: “Wahai Anak Adam, jangan sekali-kali kamu malas mengerjakan empat rakaat pada awal siang (sholat dhuha), nanti akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya (sore hari).” (HR Daud, Ahmad, Tirmidz).

Jadi, dengan melaksanakan sholat dhuha sebanyak 4 rakaat, Sahabat sudah dapat memeroleh jaminan dicukupkan rezeki.

  1. Sholat Dhuha adalah Cara Cepat Mendulang Keuntungan

Keutamaan sholat dhuha kedua ialah menjadi salah satu cara untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Hal ini sesuai dengan hadits yang diucapkan oleh Rasul yang artinya sebagai berikut:

“Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali! Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya).

Kemudian Rasulullah bersabda; “Maukah kalian aku tunjukan kepada tujuan paling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimah (keuntungan)nya dan cepat kembalinya?

Mereka menjawab: “Ya! Rasul berkata lagi: “Barangsiapa yang berwudhu’, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dialah yang paling dekat tujuannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya.”

Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan melaksanakan sholat dhuha sebanyak 2 hingga 12 rakaat, akan memeroleh keutamaan sholat dhuha yang bahkan lebih baik dari bertempur ke medan perang yang dekat beserta keuntungan yang didapat.

  1. Sholat Dhuha adalah Penggugur Dosa

Keutamaan sholat dhuha ketiga adalah gugurnya dosa-dosa yang telah diperbuat oleh Hamba yang melaksanakan sholat dhuha tersebut.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Rasul dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berikut:

“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan.” (HR. Tirmidzi)

Jadi, dengan melaksanakan sholat dhuha, Sahabat dapat menerima pengampunan dosa, sebanyak apapun dosa yang telah dilakukan.  

  1. Sholat Dhuha adalah Ibadah dengan Pahala Haji dan Umrah

Keutamaan sholat dhuha keempat yaitu memeroleh pahala ibadah yang sama dengan melakukan haji dan umrah.

Bukan tanpa disar, hal ini diperkuat oleh ucapan Rasul dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi yang artinya:

“Ditegaskan dari Anas ra, Rasulullah bersabda:

Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi, No 586).

Jadi, hanya dengan sholat dhuha 2 rakaat sudah bisa memeroleh pahala haji dan umrah ya Sahabat!

  1. Sholat Dhuha adalah Sedekah Paling Baik

Keutamaan sholat dhuha lainnya yaitu menjadi bentuk sedekah yang paling baik. Mengapa seperti itu?

Berdasarkan hadits, hal ini berkaitan dengan kewajiban bersedekah tiap anggota tubuh manusia, seperti yang dijelaskan dalam hadits yang artinya:

"Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah.

Menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat Dhuha dua rakaat." (HR Muslim)

Jadi, dengan melaksanakan sholat dhuha sebanyak 2 rakaat, mampu memeroleh pahala yang setara dengan bertasbih, bertahmid, bertahlil. bertakbir, meminta orang melakukan kebaikan dan melarang berbuat munkar.

  1. Sholat Dhuha adalah Cara Menghindari Keburukan

Keutamaan sholat dhuha lainnya yaitu terhalau dari banyak hal buruk. Hal ini disebabkan, umat Muslim yang melaksanakan sholat dhuha tidak dianggap lalai.

Seperti yang dikemukakan dalam hadits berikut yang artinya:

“Barangsiapa yang sholat dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka ditulis sebagai orang yang ahli ibadah.

Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

  1. Sholat Dhuha adalah Penyebab Dibuatkan Tempat di Surga

Keutamaan sholat dhuha ketujuh ialah akan memasuki surga lewat pintu khusus orang yang banyak melaksanakan sholat sunnah ini.

Hal ini diperkuat oleh pendapat Rasul yang diriwayatkan oleh Thabrani dalam hadits berikut:

“Sesungguhnya disurga ada slaah satu pintu yang dinamakan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memangil; mana ia yang melazimkan shalat Dhuha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah." (HR.Thabrani)

Itulah informasi tentang keutamaan shalat duha. Semoga infonya bermanfaat ya.

Lagi cari info tentang asuransi syariah? Jangan bingung cari sumber yang kredibel, karena Wakalahmu menyediakan artikel-artikel yang bisa membantu Sahabat mengerti asuransi syariah secara singkat.

Atau sedang lihat-lihat contoh produk asuransi syariah? Pas banget! Sahabat bisa klik di sini untuk lihat beragam produk asuransi syariah yang ada di marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia!

Sahabat juga bisa kunjungi fitur kalkulator zakat untuk hitung jumlah zakat yang harus dibayar tanpa ribet.

Jadi, yuk cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Pexel.com

Artikel Lainnya

Hukum Riba dalam Islam

Sahabat Pasti Pernah Dengar Istilah Riba. Tetapi, bagaimana hukum riba dalam Islam? Caritahu di sini yuk!
Baca sekarang

Fakta Mengejutkan Hadits tentang Maulid Nabi Muhammad SAW

Yuk cari tahu hadits tentang Maulid Nabi Muhammad SAW di artikel ini!
Baca sekarang

Apa yang Dimaksud dengan Ghanimah?

Cari tahu apa yang dimaksud dengan ghanimah di sini yuk!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu