Apa Niat Puasa Idul Adha?

24 May 2022

niat puasa idul adha - Niat puasa idul adha adalah hal yang paling banyak dicari apabila Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban sudah di depan mata. Pasalnya, banyak manfaat bagi tiap Umat Islam yang melaksanakan puasa idul adha meskipun hukum puasa idul adha adalah sunnah. Niat puasa idul adha wajib untuk diketahui bila ingin ibadah puasa idul adha diterima oleh Allah.

Lantas, apa niat puasa idul adha? Ikutin terus artikelnya ya!

Puasa Idul Adha

Puasa idul adha adalah ibadah puasa yang hukumnya sunnah dan dikerjakan sebelum tanggal 10 bulan Dzulhijjah.

Meski begitu, tidak serta merta membuat ke-9 hari yang disunnahkan untuk berpuasa tersebut sama.

Faktanya, umat Islam pada umumnya lebih aktif mengamalkan puasa idul adha yang dilakukan pada hari ke-8 dan hari ke-9 Dzulhijjah, daripada full berpuasa selama 9 hari.

Puasa idul adha pada hari ke-8 disebut dengan puasa Tarwiyah. Sedangkan puasa pada hari ke-9 Dzulhijjah adalah puasa Arafah.

Peristiwa yang terkait dengan puasa Tarwiyah di antaranya ialah peristiwa Nabi Ibrahim ketika mendapat wahyu untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail kala itu.

Nabi Ibrahim tengah merenung (rawwa-yurawwi dalam bahasa Arab) wahyu yang Ia terima dalam bentuk mimpi.

Sedangkan puasa Arafah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah terkait dengan lokasi para jamaah haji melaksanakan rukun haji yakni wukuf di padang Arafah.

Meski begitu, melaksanakan puasa idul adha sejak tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah atau hanya puasa Tarwiyah dan Arafah pada dasarnya sama-sama dianjurkan.

Hal ini sesuai dengan hadis Nabi berikut yang artinya:

“Rasulullah SAW berkata: Tak ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti 10 hari ini (di bulan Dzulhijjah),” HR. Tirmidzi.

Niat Puasa Idul Adha

Setelah mengetahui apa saja puasa idul adha dan tanggal mengerjakannya, langsung cek yuk niat puasa idul adha berikut.

Niat puasa idul adha dari tanggal 1 hingga 7 Dzulhijjah:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذى الحجه سنة لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala.

Artinya: “Saya berniat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah ta'ala”

Niat Puasa Idul Adha yang Pertama (Puasa Tarwiyah)

Berikut niat puasa tarwiyah latin beserta artinya:

 نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma tarwiyah lillâhi ta‘ālā.

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah SWT.”

Niat Puasa Idul Adha yang Kedua (Puasa Arafah)

Berikut niat puasa arafah latin beserta artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma Arafah lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Arafah karena Allah SWT.”

Baik niat puasa idul adha tanggal satu hingga tanggal tujuh, maupun niat puasa idul adha yang pertama dan kedua, wajib diucapkan di dalam hati.

Niat yang diucapkan boleh saja hanya dalam bahasa Indonesia. Namun, bila membaca lafal bahasa Arabnya, menurut para ulama diperbolehkan karena untuk membantu menghadirkan niat di dalam hati.

Idealnya, niat puasa idul adha diucapkan pada malam sebelum hari H berpuasa. Akan tetapi, apabila Sahabat lupa mengucapkan niat puasa idul adha pada malam hari, Sahabat tetap dapat berpuasa.

Selama Sahabat belum melakukan aktivitas yang membatalkan puasa selepas bangun tidur, mengucapkan niat puasa di hari H berpuasa diperbolehkan selama diucapkan sebelum matahari terbit.

Mengusahakan untuk melaksanakan puasa idul adha meski terlupa membaca niat pada umumnya cukup umum dilakukan oleh umat Islam.

Mengingat betapa banyak manfaat puasa idul adha yang akan didapatkan. Salah satunya ialah puasa idul adha hari Tarwiyah dan Arafah dapat menghapuskan dosa-dosa setahun yang lalu.

Hal ini sesuai dengan hadis Rasul riwayat Muslim yang artinya:

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa ‘Arofah? Beliau menjawab, ”Puasa ‘Arofah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu” (HR. Muslim no. 1162).

Itulah informasi tentang 99 asmaul husna beserta artinya. Semoga infonya bermanfaat ya.

Lagi cari info tentang asuransi syariah? Jangan bingung cari sumber yang kredibel, karena Wakalahmu menyediakan artikel-artikel yang bisa membantu Sahabat mengerti asuransi syariah secara singkat.

Atau sedang lihat-lihat contoh produk asuransi syariah? Pas banget! Sahabat bisa klik di sini untuk lihat beragam produk asuransi syariah yang ada di marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia!

Sahabat juga bisa kunjungi fitur kalkulator zakat untuk hitung jumlah zakat yang harus dibayar tanpa ribet.

Jadi, yuk cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Peristiwa Luar Biasa dalam Peradaban Islam yang Terjadi di Bulan Dzulhijjah

Dzulhijjah - Bulan Dzulhijjah adalah salah satu bulan yang cukup penting dalam sejarah Islam. Pasalnya, bulan Dzulhijjah menjadi latar berbagai...
Baca sekarang

Asuransi di Mata Ustadz Abdul Somad, Adi Hidayat, Khalid Basalamah, Buya Yahya. Cek di Sini!

hukum asuransi dalam islam - Hukum asuransi dalam Islam adalah hal penting dan mendasar untuk diketahui. Pasalnya, akan berbahaya apabila...
Baca sekarang

Qurban Pelosok Negeri

[Satu klik untuk penyaluran qurban terbaik] Idul Adha sudah tak lagi lama. Jika Sahabat merayakannya dengan berkurban, tentu harus segera...
Baca sekarang

Syarat-Syarat Hewan Kurban yang Sesuai Syariat Islam

syarat hewan kurban - Syarat hewan kurban menjadi penting diketahui sebelum membeli hewan kurban. Pasalnya, jika ternyata kondisi hewan kurban...
Baca sekarang

Doa Menyembelih Hewan Kurban Untuk Orang Lain Dan Diri Sendiri

doa menyembelih hewan kurban untuk orang lain - Mengetahui doa menyembelih hewan kurban untuk orang lain dan diri sendiri adalah...
Baca sekarang

Invoice Adalah Bukti Transaksi. Apa Saja Fungsi dan Jenis-jenisnya?

invoice adalah - Invoice adalah satu hal yang keberadaannya cukup krusial untuk keberlangsungan pembukuan usaha yang sehat. Meski seringkali tertukar...
Baca sekarang

Hukum Berkurban Menurut 4 Imam Mazhab

hukum berkurban adalah - Hukum berkurban adalah sunnah muakkad. Akan tetapi, ada juga yang mengatakan hukum berkurban adalah wajib. Jadi,...
Baca sekarang

Niat Sholat Dhuha 2 Rakaat Sendiri

bagaimana niat sholat dhuha - Bagaimana niat sholat dhuha menjadi pertanyaan yang cukup banyak dimiliki oleh sebagian umat Islam. Hal...
Baca sekarang

Doa Penutup (Kafaratul) Majelis dan Artinya

doa penutup majelis - Doa penutup majelis adalah doa yang umum digunakan di dalam sebuah acara atau majelis. Konsisten dengan...
Baca sekarang



Kontak WA Wakalahmu