Cara Mengisi Siskopatuh 2022 (Update Terbaru)

2022-09-26 07:44:48

Siskopatuh - SISKOPATUH atau Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus adalah sistem digitalisasi yang sejak tahun 2019 menggantikan sistem manual bagi para pengelola travel dalam melakukan pelaporan kegiatan umrah dan haji khusus. Meski begitu, hingga saat ini kementerian agama masih terus memperbarui sistem tersebut.

Bagi Sahabat yang berkecimpung dalam bidang travel umrah dan haji khusus, tentu sangat penting untuk mengikuti setiap perkembangan yang ada. Karena bila salah-salah atau tertinggal informasi, kelancaran pemberangkatan ataupun pemberkasan para jemaah bisa sangat terpengaruh.

Oleh sebab itu, Wakalahmu telah merangkumkan update terbaru Siskohat per Juni 2022.

Langsung cek yuk!

Siskopatuh 2022

Melansir dari laman resmi Kemenag RI, Kemenag meluncurkan Siskopatuh dengan tujuan untuk memberikan pengawasan secara menyeluruh dengan lebih baik.

Tidak hanya ibadah haji khusus, Siskopatuh juga digunakan untuk mengawasi perjalanan ibadah umrah.

Untuk menunjukkan keseriusannya dalam hal pengawasan, Kemenag RI bahkan membuka wacana untuk bekerjasama dengan Polri terkait hal ini.

Hal ini dirasa wajar, akibat tidak habis-habisnya pihak travel nakal yang pada akhirnya merugikan para calon jemaah haji dan umrah.

Seperti halnya jemaah haji khusus yang tidak diberangkatkan meski sudah melunasi biaya, jemaah yang tidak mendapat pendampingan dari pihak travel yang memberangkatkan, serta travel yang terdaftar PIHK namun mempersulit pembatalan yang diajukan calon jemaah haji khusus.

Per Juni 2022 lalu, Kemenag RI telah memperbarui Siskopatuh, sehingga berdampak pada bertambahnya jenis dokumen yang harus dilampirkan dalam sistem tersebut oleh pihak travel yang terdaftar sebagai PIHK ataupun tidak.

Oleh sebab itu, berikut 3 langkah pengisian Siskopatuh 2022:

  1. Gunakan username yang diberikan saat bimbingan teknis pelaporan

Cara mengisi Siskopatuh 2022 yang pertama adalah memerhatikan username yang digunakan untuk log in dan mengisi data pada situs Siskopatuh.

Pastikan pada saat masuk ke https://www.siskopatuh.kemenag.go.id, username atau nama pengguna yang diketikkan adalah username yang diberikan pada saat bimbingan teknis.

Tidak hanya itu, pastikan pula untuk mengingat kata sandi atau password apabila telah diubah. Hal ini untuk memastikan agar tidak ada kendala saat di awal kegiatan pelaporan.

Tampilan laman utama website Siskopatuh 2022

(Tampilan laman utama website Siskopatuh 2022)

  1. Mengisi rencana keberangkatan jemaah haji khusus

Cara mengisi Siskopatuh 2022 yang kedua adalah melengkapi data rencana keberangkatan Jemaah haji.

Rencana keberangkatan tersebut terdiri dari:

  1. Melaporkan pergerakan jemaah haji khusus saat di Arab Saudi

Cara mengisi Siskopatuh 2022 selanjutnya adalah dengan mengisi data-data yang berkaitan dengan aktivitas Jemaah haji Indonesia pascakeberangkatan dari tanah air.

Data-data tersebut ialah:

  1. Masukkan data jemaah haji visa mujamalah sesuai tempatnya

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, jangan lupa untuk menempatkan para calon Jemaah haji mujamalah (haji furoda) di menu jemaah haji visa mujamalah, pada situs Siskopatuh.

Menu Jemaah haji mujalamalah pada website Siskopatuh

(Menu Jemaah haji mujalamalah pada website Siskopatuh)

Untuk menambah data, jangan lupa untuk klik simbol (+) terlebih dulu yang terletak di bawah kolom tahun hijriah.

Adanya fitur edit dan hapus pada data Jemaah yang telah dimasukkan, membuat pengisian data menjadi lebih mudah bilamana terjadi perubahan info atau ada kesalahan saat pengetikan.

Itu dia uraian tentang Siskopatuh serta cara mengisi Siskopatuh 2022. Eits, masih ada satu hal lagi nih yang perlu diperhatikan.

Seperti yang kita tahu, mengisi program paket umrah yang dipilih oleh jamaah adalah hal wajib pada isian Siskopatuh 2022. Terlebih lagi, perusahaan yang menjadi mitra pun harus berpengalaman dan mengutamakan kesyariaahan layanannya, agar layanan yang diterima para jamaah terjamin kesyariahannya. 

Oleh sebab itu, memilih perusahaan asuransi syariah terbaik sudah sepatutnya dilakukan. Dengan Wakalahmu sebagai marketplace asuransi syariah pertama di Indonesia, Sahabat dapat dengan mudah mencari dan membandingkan produk asuransi umrah serta memilih yang paling baik. 

Ingin sekalian berangkat umrah? Baik sendiri atapun bersama keluarga, ini dia pilihan paket umrah terbaik untuk Sahabat. Satu klik, langsung jalan umrah lengkap dengan asuransi umrahnya. 

Semoga informasi tadi bermanfaat ya!

Lagi cari info tentang asuransi syariah lainnya? Jangan bingung cari sumber yang kredibel, karena Wakalahmu menyediakan artikel-artikel yang bisa membantu Sahabat mengerti asuransi syariah dengan mudah.

Atau sedang lihat-lihat contoh produk asuransi syariah? Pas banget! Sahabat bisa klik di sini untuk lihat beragam produk asuransi syariah yang ada di marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia!

Sahabat juga bisa kunjungi fitur kalkulator zakat untuk hitung jumlah zakat yang harus dibayar tanpa ribet.

Jadi, yuk cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Biaya Haji 2022 Resmi Naik, Berikut Peningkatan Kualitas yang Ditawarkan Pemerintah

Yuk cari tahu berapa biaya haji 2022, yang naik daripada tahun-tahun sebelumnya!
Baca sekarang

Tumaninah Artinya Diam Sebentar Saat Shalat. Bagaimana Cara Melakukannya?

Tumaninah artinya diam sebentar. Eits, diamnya kamu udah bener belum ya tapi?
Baca sekarang

Itikaf adalah Ibadah yang Dianjurkan Saat Ramadhan. Inilah Niat Itikaf

Itikaf adalah ibadah yang dianjurkan banget di bulan Ramadhan. Tapi apa si Itikaf itu?
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu