Lebaran 2022 Tanggal Berapa? Muhammadiyah 2 Mei, Pemerintah Dan NU?

2022-04-27 11:59:01

lebaran 2022 tanggal berapa - Setelah ditetapkannya tanggal cuti bersama Lebaran 2022 oleh pemerintah, pertanyaan lebaran 2022 tanggal berapa semakin jadi hal yang ingin banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Mengingat banyaknya persiapan untuk menyambut kedatangan hari raya kemenangan bagi umat Islam tersebut, lebaran 2022 perlu diketahui kapan tanggalnya.

Jika Muhammadiyah menetapkan Lebaran 2022 tanggal 2 Mei, bagaimana dengan Pemerintah dan NU? Simak di artikel berikut yuk!

Lebaran 2022 Tanggal Berapa?

Hilal lebaran 2022 telah berhasil diprediksi ketinggian dan sudut elongasinya oleh tim ahli pemerintah.

Tidak hanya itu, hilal lebaran 2022 tersebut juga telah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan oleh MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Sehingga, pemerintah memprediksi bahwa hilal pasti terlihat saat sidang isbat lebaran 2022 digelar 4 hari mendatang.

Mengapa perlu dilakukan sidang isbat meski hilal sudah terlihat?

Hal ini disebabkan oleh metode yang digunakan oleh pemerintah dalam menentukan lebaran 2022 tanggal berapa.

Berbeda dengan Muhammadiyah yang menggunakan metode hisab wujudul hilal yang menentukan 1 Syawal datang setelah Ramadhan genap 20 hari, pemerintah sedikit berbeda.

Pemerintah menggunakan metode imkanur rukyat atau pengamatan hilal dan hisab wujudul hilal atau perhitungan astronomis.

Oleh sebab itu, sidang isbat tetap dilakukan meski hilal lebaran 2022 sudah terlihat. Pasalnya, pada sidang tersebut akan disampaikan laporan rukyat dari seluruh Indonesia dan Tim Unifikasi Kalender Hijriah akan memaparkan kondisi final posisi hilal.

Jadi, Sahabat nampaknya perlu bersabar sedikit lagi untuk mengetahui lebaran 2022 tanggal berapa menurut Pemerintah dan Nadhlatul Ulama.

Meski begitu, berikut cuplikan pernyataan Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag tentang keputusan pemerintah terkait lebaran 2022 pemerintah sama dengan Muhammadiyah yakni tanggal 2 Mei 2022, melansir dari Kompas.com:

"Ada kemungkinan (jatuh di tanggal yang sama), tetapi tetap menunggu hasil sidang isbat," ujar Kamaruddin Amin.

Jadi, bersabar sedikit lagi ya Sahabat!

Sambil menunggu lebaran 2022 tanggal berapa, cari tahu ketentuan vaksinasi terbaru dari pemerintah bagi para pemudik juga yuk! Supaya perjalanan mudik Sahabat aman dan nyaman.

Itu dia sekilas informasi tentang lebaran 2022 tanggal berapa menurut Muhammadiyah, Pemerintah, dan Nadhlatul Ulama. Semoga infonya bermanfaat ya.

Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Tidak cuma itu, tersedia juga kalkulator zakat untuk bantu Sahabat hitung jumlah zakat yang harus dibayar.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Prinsip Ekonomi Syariah dan Tujuannya

Sudah tahu pengertian ekonomi syariah? Beda gak ya dengan ekonomi Islam? Lalu prinsip ekonomi syariah seperti apa kira-kira? Cari tahu pada artikel berikut ya sahabat!
Baca sekarang

Hukum Berkurban Menurut 4 Imam Mazhab

Yuk cari tahu hukum berkurban di artikel ini!
Baca sekarang

Tumaninah Artinya Diam Sebentar Saat Shalat. Bagaimana Cara Melakukannya?

Tumaninah artinya diam sebentar. Eits, diamnya kamu udah bener belum ya tapi?
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu