Doa Ziarah Kubur Singkat dan Lengkap

2022-04-01 15:06:21

Doa ziarah kubur - Doa ziarah kubur adalah hal yang sepatutnya dibaca tiap kali melakukan ziarah kubur orang tua ataupun kerabat dekat dan rekan.

Pada dasarnya, baik doa ziarah kubur singkat ataupun doa ziarah kubur sesuai sunnah, keduanya sama-sama boleh dibaca. Sahabat tinggal memilih mana yang lebih cocok dan nyaman untuk dibaca.

Lalu, bagaimana bacaan doa ziarah kubur? Liat di paragraf berikut yuk!

Doa Ziarah Kubur

Inilah bacaan doa ziarah kubur. Simak dalam urutan doa ziarah kubur berikut yuk Sahabat:

  1. Doa Ziarah Kubur: I

A'udzubillahi minasyaithoonir rojim. Bismillahirrohmannirrohim. Alhamdullilahi robbil 'alamin, hamdan syakiriin, hamdannaa'imiin, hamdan yuwaafiini'amahu wayukaafii mazidah, yaa robbanaa lakal hamdu kamaa yanbaghi lijalali wajhika wa'adzimi sultonik, allohumma shoolli wasalim 'ala sayyidina muhammad wa'ala alii sayyidina muhammad.

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah penguasa alam semesta, sebagaimana orang-orang yang bersyukur dan orang-orang yang mendapat banyak kenikmatan memuji-Nya. Dengan pujian yang sepadan dan nikmat-Nya dan memungkinkan pertambahannya. Wahai Tuhan kami, pujian hanyalah untuk-Mu, sebagaimana yang layak akan kemuliaan Dzat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu. Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada Nabi Muhammad junjungan kami dan kepada keluarga beliau.

  1. Doa Ziarah Kubur: II

Alloh humma taqobal wa ausil sawaaaba maa qoro, nahu minal qur'anil 'adzim, wa maa halalna wa maa sabahna wamastaghfarnaa wamaa sholaina 'atsayyidina muhammad sollallohu'alaihi wasallam, hadiyatan wasilatan, warohmatan najilatan wa barokatan samilatan ilaa hadoroti habibina wasafi'ina waquroti a'ayuninaa sayyidina wamaulanaa muhammadin sollallohu 'alaihi wa sallam, wa ila jami'ii ikhwanihi minal anbiyaai walmursaliina wal auliyaai, wassuhadai, wassolihina, wassohabati wattabi'ina wal'ulamail 'alimina wal mushonnafiinal mukhlisiina wa jami'il mujaa-hidiina fi sabilillahi robbil 'alaminn.

Artinya: Ya Allah, terimalah dan sampaikanlah pahala Alquran yang kami baca, tahlil kami, tasbih kami, istighfar kami dan shalawat kami kepada Nabi Muhammad SAW sebagai hadiah yang menjadi penyambung, sebagai rahmat yang turun dan sebagai berkah yang menyebar kepada kekasih kami, penolong kami dan buah hati kami, pemuka dan pemimpin kami, yaitu Nabi Muhammad SAW, juga kepada seluruh kawan-kawan beliau dari kalangan para Nabi dan Rasul, para wali, para syuhada', orang-orang shalih, para sahabat, para tabi'in, para ulama yang mengamalkan ilmunya, para pengarang yang ikhlas dan orang-orang yang berjihad di jalan Allah Tuhan semesta alam

  1. Doa Ziarah Kubur: III

Summa ilaa jami'i ahlil qubur, minal muslimiina wal muslimati, wal mu miniina wal mu minaati, min masaarikil ardhi ila magooribiha barriha wabahriha khusushan ila aabaaina wa ummahaa tiinaa, wa ajdaadina, wanakhussu khusushan manijtam'anaa hahunaa bisababihi waliajlihi.

Artinya: Kemudian kepada seluruh penghuni kubur dari kalangan orang-orang Islam laki-laki dan perempuan, orang mukmin laki-laki dan perempuan, dari belahan bumi timur dan barat, di laut dan di darat, terutama kepada bapak-bapak dan ibu-ibu kami, kakek dan nenek kami, lebih utamakan lagi kepada orang yang menyebabkan kami berkumpul di sini.

  1. Doa Ziarah Kubur: III

Alloh hummaghfirlahu(ha) warhamhu(ha) wa'afihi(ha) wa'fu anhu(ha) wa akrim nujulahu(ha) wawasi' madholahu(ha), waghsilhu(ha) bilmai wassalji wal barodi wanaqihi(ha) minal khotooya, kama yunaqqo saubul abyadu minaddannasi wa abdilhu(ha), darron khoiron min daarihi(ha) wa ahlan khoiron min ahlihi(ha) wa jaujan khoiron min jauzihi(ha) wa adhilhul jannata wa 'aidhu(ha) min 'adzabil qobri wa fitnatihi(ha) wa min 'adzabinnar. Birohmatikayaa arhamarroohimiin, wal hamdu lillahi robbil 'aalamiin.

Artinya: Wahai Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami (istri) yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka. Dengan mendapat rahmat-Mu wahai Tuhan lebih belas kasihan. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Tata Cara Ziarah Kubur

Setelah mengetahui bacaan doa ziarah kubur, jangan lupa ketahui pula tata cara ziarah kubur. Agar kegiatan ziarah kubur tepat dan membawa pahala bagi yang melakukan ataupun yang dikunjungi.

Berikut 5 tata cara ziarah kubur:

  1. Berwudu

Tata cara ziarah kubur yang pertama ialah berwudu.

Pasalnya, selain berada dalam kondisi yang suci dari hadas kecil dan besar, berwudu dapat memberikan pahala bagi orang yang mengerjakannya.

  1. Mengucap Salam saat Memasuki Area Makam

Tata cara ziarah kubur kedua adalah dengan mengucap salam.

Bukan salam biasa, melainkan sedikit lebih panjang, sebagai berikut:

Assalamu’alaikum ahlad-diyaar minal mu’miniina wal muslimiin. yarhamulloohul mustaqdimiina minnaa wal musta’khiriin. wa inna insyaa alloohu bikum la-laahiquun. wa as alullooha lanaa walakumul ‘aafiyah.

Artinya: "Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian".

  1. Membaca Istigfar 7x

Setelah itu, lanjutkan pula dengan membaca kalimat istigfar yang disarankan dibaca sebanyak 7x.

Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi.

Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertobat kepada-Nya."

  1. Membaca al Fatihah

Tata cara ziarah selanjutnya ialah membaca al-Fatihah.

Membaca ummul Quran sebagai awalan doa untuk ahli kubur merupakan hal yang dapat mendatangkan kebaikan baik bagi ahli kubur maupun yang membacakan.

  1. Membaca Doa Ziarah Kubur

Tata cara ziarah terakhir ialah membaca doa ziarah kubur.

Doa ziarah kubur yang dimaksud pada dasarnya tidak ada standar yang benar. Oleh karena itu, Sahabat dapat membaca doa ziarah kubur di atas sebagai pilihan doanya.

Itulah sekilas informasi tentang doa ziarah kubur singkat dan sesuai sunnah serta tata cara ziarah kubur. Semoga infonya bermanfaat ya.

Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Tidak hanya itu, tersedia juga kalkulator zakat untuk bantu Sahabat hitung jumlah zakat yang harus dibayar.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Kerap Jadi Pilihan Wisata Religi, Ini Dia Beda Umrah Dengan Haji

Yuk cari tahu apa itu perbedaan haji dan umrah di artikel ini!
Baca sekarang

Fakta Mengejutkan Hadits tentang Maulid Nabi Muhammad SAW

Yuk cari tahu hadits tentang Maulid Nabi Muhammad SAW di artikel ini!
Baca sekarang

Cara Mengisi Siskopatuh 2022 (Update Terbaru)

Yuk cari tahu cara mengisi Siskopatuh 2022 terbaru di artikel ini!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu