Idul Fitri 2022 Berapa Hari Lagi? Cek Kapan NU, Muhammadiyah, Pemerintah Lebaran di Sini

2022-04-22 21:16:36

Idul fitri 2022 berapa hari lagi - Idul Fitri 1443 H adalah hari yang paling dinanti oleh umat Islam saat ini. Pasalnya, tidak terasa Ramadhan telah memasuki hari ke-20 dan ke-21 per hari ini. Memasuki pekan terakhir Ramadhan, Idul Fitri 2022 sudah di ujung mata.

Jadi, Idul Fitri 2022 berapa hari lagi ya? Cek artikel berikut yuk!

Idul Fitri 2022 Berapa Hari Lagi?

Hari raya Idul Fitri memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi umat Islam. Selain karena telah menang melawan hawa nafsu di bulan Ramadhan, Idul Fitri menjadi ajang silaturahmi sanak famili.

Oleh karena itu, wajar apabila idul fitri 2022 berapa hari lagi adalah topik yang sedang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia.

Namun, keputusan kapan lebaran 2022 masih belum memasuki tahap final, meski sudah ada keterangan dalam kalender yang disusun berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri.

SKB yang disepakati oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 375 Tahun 2022 ini memutuskan bahwa Idul Fitri 2022 bertepatan dengan tanggal 2-3 Mei 2022.

Meski pemerintah dan NU atau Nadhlatul Ulama belum mengeluarkan keputusan final tentang Idul Fitri 2022 berapa hari lagi, beda halnya dengan Muhammadiyah.

Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 2022 berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang tertera dalam Surat Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022.

Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 2022 atau Idul Fitri 1443 H pada Senin 2 Mei 2022.

Hal ini didasarkan pada perhitungan umur bulan Ramadhan 1443 H selama 30 hari

Sementara pemerintah dan NU akan memutuskan Idul Fitri 1 Syawal 1443 H dengan menggelar sidang isbat di akhir Ramadhan nanti.

Jadi, Idul Fitri 2022 berapa hari lagi? Jawabannya adalah 10 hari lagi yakni pada 2 Mei 2022, berdasarkan keputusan Muhammadiyah.

Lalu, bagaimana dengan cuti bersama lebaran?

Cuti Bersama Lebaran 2022

Cuti bersama lebaran 2022 adalah sebanyak 10 hari. Hal ini disebabkan tanggal 7 dan 8 Mei 2022 adalah Sabtu dan Minggu, sehingga menggenapkan jumlah cuti bersama lebaran 2022 menjadi 10 hari.

Cuti bersama dan libur lebaran dimulai dari tanggal 29 April hingga 6 Mei 2022.

Menjelang Idul Fitri 2022 yang semakin dekat, tentu ada dari Sahabat yang telah merencanakan untuk mudik ke kampung halaman.

Persiapan yang matang sangat diperlukan agar perjalanan mudik aman dan nyaman. Tidak hanya persiapan fisik, tetapi juga persiapan fungsi kendaraan harus diperhatikan.

Selain itu, pastikan juga keamanan harta benda yang Sahabat tinggalkan selama mudik di kampung halaman.

Untuk menambah keamanan rumah serta harta benda yang ditinggalkan, memiliki asuransi syariah sebagai solusi preventif tambahan dapat dipertimbangkan.

Dengan premi terjangkau dan dapat dicicil, Sahabat sudah bisa terhindar dari biaya kerugian kalau-kalau terjadi risiko terhadap rumah Sahabat yang ditinggalkan kosong selama mudik.

Wakalahmu sebagai marketplace khusus asuransi syariah pertama di Indonesia menyediakan banyak pilihan plan asuransi rumah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Sahabat.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Oh iya, ada bonus khusus untuk Sahabat pengguna Kartu BSI Hasanah lho!

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Definisi Akad Tijarah yang Perlu Diketahui

Sahabat pasti pernah dengar istilah akad tijarah kan? Kalau begitu, yuk baca artikel ini untuk tahu jenis transaksi ekonomi yang menggunakan akad tijarah!
Baca sekarang

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga (Latin+Arti)

Selama sahabat menunaikan zakat fitrah, niat zakat fitrah yang diucapin kira-kira udah tepat belum ya? Cek artikel ini yuk untuk mastiin!
Baca sekarang

Ini Dia Alasan Wajib Tunaikan Zakat Mal

Yuk cari tahu apa saja dalil zakat mal, di artikel ini!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu