Idul Fitri 2022 Berapa Hari Lagi? Cek Kapan NU, Muhammadiyah, Pemerintah Lebaran di Sini

22 Apr 2022

Idul fitri 2022 berapa hari lagi - Idul Fitri 1443 H adalah hari yang paling dinanti oleh umat Islam saat ini. Pasalnya, tidak terasa Ramadhan telah memasuki hari ke-20 dan ke-21 per hari ini. Memasuki pekan terakhir Ramadhan, Idul Fitri 2022 sudah di ujung mata.

Jadi, Idul Fitri 2022 berapa hari lagi ya? Cek artikel berikut yuk!

Idul Fitri 2022 Berapa Hari Lagi?

Hari raya Idul Fitri memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi umat Islam. Selain karena telah menang melawan hawa nafsu di bulan Ramadhan, Idul Fitri menjadi ajang silaturahmi sanak famili.

Oleh karena itu, wajar apabila idul fitri 2022 berapa hari lagi adalah topik yang sedang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia.

Namun, keputusan kapan lebaran 2022 masih belum memasuki tahap final, meski sudah ada keterangan dalam kalender yang disusun berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri.

SKB yang disepakati oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 375 Tahun 2022 ini memutuskan bahwa Idul Fitri 2022 bertepatan dengan tanggal 2-3 Mei 2022.

Meski pemerintah dan NU atau Nadhlatul Ulama belum mengeluarkan keputusan final tentang Idul Fitri 2022 berapa hari lagi, beda halnya dengan Muhammadiyah.

Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 2022 berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang tertera dalam Surat Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022.

Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 2022 atau Idul Fitri 1443 H pada Senin 2 Mei 2022.

Hal ini didasarkan pada perhitungan umur bulan Ramadhan 1443 H selama 30 hari

Sementara pemerintah dan NU akan memutuskan Idul Fitri 1 Syawal 1443 H dengan menggelar sidang isbat di akhir Ramadhan nanti.

Jadi, Idul Fitri 2022 berapa hari lagi? Jawabannya adalah 10 hari lagi yakni pada 2 Mei 2022, berdasarkan keputusan Muhammadiyah.

Lalu, bagaimana dengan cuti bersama lebaran?

Cuti Bersama Lebaran 2022

Cuti bersama lebaran 2022 adalah sebanyak 10 hari. Hal ini disebabkan tanggal 7 dan 8 Mei 2022 adalah Sabtu dan Minggu, sehingga menggenapkan jumlah cuti bersama lebaran 2022 menjadi 10 hari.

Cuti bersama dan libur lebaran dimulai dari tanggal 29 April hingga 6 Mei 2022.

Menjelang Idul Fitri 2022 yang semakin dekat, tentu ada dari Sahabat yang telah merencanakan untuk mudik ke kampung halaman.

Persiapan yang matang sangat diperlukan agar perjalanan mudik aman dan nyaman. Tidak hanya persiapan fisik, tetapi juga persiapan fungsi kendaraan harus diperhatikan.

Selain itu, pastikan juga keamanan harta benda yang Sahabat tinggalkan selama mudik di kampung halaman.

Untuk menambah keamanan rumah serta harta benda yang ditinggalkan, memiliki asuransi syariah sebagai solusi preventif tambahan dapat dipertimbangkan.

Dengan premi terjangkau dan dapat dicicil, Sahabat sudah bisa terhindar dari biaya kerugian kalau-kalau terjadi risiko terhadap rumah Sahabat yang ditinggalkan kosong selama mudik.

Wakalahmu sebagai marketplace khusus asuransi syariah pertama di Indonesia menyediakan banyak pilihan plan asuransi rumah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Sahabat.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Oh iya, ada bonus khusus untuk Sahabat pengguna Kartu BSI Hasanah lho!

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Peristiwa Luar Biasa dalam Peradaban Islam yang Terjadi di Bulan Dzulhijjah

Dzulhijjah - Bulan Dzulhijjah adalah salah satu bulan yang cukup penting dalam sejarah Islam. Pasalnya, bulan Dzulhijjah menjadi latar berbagai...
Baca sekarang

Asuransi di Mata Ustadz Abdul Somad, Adi Hidayat, Khalid Basalamah, Buya Yahya. Cek di Sini!

hukum asuransi dalam islam - Hukum asuransi dalam Islam adalah hal penting dan mendasar untuk diketahui. Pasalnya, akan berbahaya apabila...
Baca sekarang

Qurban Pelosok Negeri

[Satu klik untuk penyaluran qurban terbaik] Idul Adha sudah tak lagi lama. Jika Sahabat merayakannya dengan berkurban, tentu harus segera...
Baca sekarang

Syarat-Syarat Hewan Kurban yang Sesuai Syariat Islam

syarat hewan kurban - Syarat hewan kurban menjadi penting diketahui sebelum membeli hewan kurban. Pasalnya, jika ternyata kondisi hewan kurban...
Baca sekarang

Doa Menyembelih Hewan Kurban Untuk Orang Lain Dan Diri Sendiri

doa menyembelih hewan kurban untuk orang lain - Mengetahui doa menyembelih hewan kurban untuk orang lain dan diri sendiri adalah...
Baca sekarang

Invoice Adalah Bukti Transaksi. Apa Saja Fungsi dan Jenis-jenisnya?

invoice adalah - Invoice adalah satu hal yang keberadaannya cukup krusial untuk keberlangsungan pembukuan usaha yang sehat. Meski seringkali tertukar...
Baca sekarang

Hukum Berkurban Menurut 4 Imam Mazhab

hukum berkurban adalah - Hukum berkurban adalah sunnah muakkad. Akan tetapi, ada juga yang mengatakan hukum berkurban adalah wajib. Jadi,...
Baca sekarang

Niat Sholat Dhuha 2 Rakaat Sendiri

bagaimana niat sholat dhuha - Bagaimana niat sholat dhuha menjadi pertanyaan yang cukup banyak dimiliki oleh sebagian umat Islam. Hal...
Baca sekarang

Doa Penutup (Kafaratul) Majelis dan Artinya

doa penutup majelis - Doa penutup majelis adalah doa yang umum digunakan di dalam sebuah acara atau majelis. Konsisten dengan...
Baca sekarang



Kontak WA Wakalahmu