Kapan Hilal Lebaran 2022 Terlihat? Pemerintah dan Muhammadiyah Lebaran Bersama Tahun Ini

2022-04-27 04:48:00

Hilal lebaran 2022 - Hilal lebaran 2022 adalah hal yang cukup dinantikan di lebaran tahun ini. Bagaimana tidak? Pasalnya, dengan terlihatnya hilal dengan sudut dan elongasi tertentu, dapat menjadi tanda bahwa besok adalah Hari Raya Idul Fitri 2022. Oleh karena itu, sangat wajar apabila hilal lebaran 2022 sangat ingin diketahui oleh banyak Muslim Indonesia saat ini.

Jadi, kapan hilal lebaran 2022 terlihat? Ikuti artikel berikut yuk!

Hilal Lebaran 2022

Kemunculan hilal dalam pengamatan para ahli merupakan tanda bahwa bulan Ramadhan telah usai dan umat Islam akan memasuki bulan baru, yakni Syawal 1443 H.

Oleh sebab itu, Muhammadiyah telah merilis bahwa 1 Syawal 1443 H jatuh pada tanggal 2 Mei 2022 hari Senin.

Keputusan tersebut tertuang dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Penetapan 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin tanggal 2 Mei disebabkan oleh pedoman hasil hisab wujudul hilal yang menunjukkan hasil bahwa umur bulan Ramadhan telah 30 hari dan 1 Syawal 1443 H keesokan harinya. 

Hilal lebaran 2022 juga sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan oleh MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Hal ini sesuai dengan rilis yang disampaikan oleh Kemenag pada Senin, 25 April 2022 kemarin pada portal resminya.

Meski begitu, pemerintah belum mengeluarkan keputusan resmi terkait kapan 1 Syawal 1443 H. Keputusan tersebut akan dikeluarkan pada saat sidang isbat yang digelar pada Minggu, 1 Mei 2022 mendatang.

Sidang isbat yang akan digelar oleh pemerintah menggunakan metode hisab dan rukyat. Dalam sidang tersebut, laporan rukyat dari seluruh Indonesia akan diterima dan Tim Unifikasi Kalender Hijriah akan mempresentasikan posisi hilal lebaran 2022.

Dengan kondisi hilal lebaran 2022 yang telah memenuhi kriteria baru MABIMS yang sebelumnya minimal 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat menjadi minimal 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat, hilal lebaran 2022 dipredikasi sudah terlihat pada saat sidang isbat dilaksanakan.

Jadi, ada kemungkinan lebaran 2022 ini dilaksanakan secara serentak baik oleh pemerintah maupun Muhammadiyah.

Usai sudah uraian informasi tentang hilal lebaran 2022. Semoga informasinya bermanfaat ya.

Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Tidak hanya itu, tersedia juga kalkulator zakat untuk bantu Sahabat hitung jumlah zakat yang harus dibayar.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Unsplash.com

Artikel Lainnya

Tumaninah Artinya Diam Sebentar Saat Shalat. Bagaimana Cara Melakukannya?

Tumaninah artinya diam sebentar. Eits, diamnya kamu udah bener belum ya tapi?
Baca sekarang

Kenali Bedanya Akad Tabarru dan Tijarah 

Sahabat pasti pernah mendengar akad tabarru dan akad tijarah dalam ekonomi Islam. Namun, apa kira-kira perbedaannya? Lihat selengkapnya di artikel ini ya!
Baca sekarang

Itikaf adalah Ibadah yang Dianjurkan Saat Ramadhan. Inilah Niat Itikaf

Itikaf adalah ibadah yang dianjurkan banget di bulan Ramadhan. Tapi apa si Itikaf itu?
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu