Waktu Sholat Tahajud Terbaik + Tata Cara, Niat, dan Doa Sholat Tahajud

2022-07-27 06:11:00

waktu sholat tahajud - Waktu sholat tahajud mesti diketahui apabila Sahabat memiliki niat untuk melaksanakan ibadah sunah yang satu ini. Pasalnya, ada lho waktu-waktu tertentu yang ternyata menjadi waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud. Sayang sekali bila bisa mengerjakan sholat tahajud di waktu terbaiknya tetapi dilewatkan begitu saja.

Tanpa lama-lama, langsung aja cari tahu waktu sholat tahajud terbaik di artikel ini!

Sholat Tahajud

Sholat tahajid adalah ibadah sunnah yang dikerjakan di waktu sepertiga malam hingga sebelum sholat subuh, yakni mulai jam 01.00 WIB hingga sebelum azan subuh.

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang hanya bisa dikerjakan bila sudah bangun dari tidur malam meski sebentar. Jadi, jika Sahabat sedang terjaga atau begadang tentu tidak bisa melakukan sholat tahajud.

Waktu sholat tahajud terbagi menjadi 3 bagian. Meski begitu, jumlah rakaat yang diperbolehkan untuk melaksanakan sholat sunnah yang satu ini dapat dipilih sesuai kemampuan.

Jumlah rakaat sholat tahajud mulai dari paling sedikit 2 rakaat hingga maksimal sesuai yang Sahabat inginkan.

Hal ini sesuai dengan hadis Rasul riwayat Ahmad, Bukhari, dan Muslim berikut yang artinya:

“Rasulullah SAW bersabda, “Sholat malam itu, dua-dua.”

Lalu, mengapa ya sholat tahajud menjadi ibadah sunnah yang dianjurkan?

Jawabannya tertera pada salah satu hadis Rasul berikut Sahabat:

“Yanzilu rabbuna illa samaa-id dun-ya hiina yabqq tsulutsul lailil akhiri, fayaquulu, hal min daa'in faastajiibu lahu hal min saa-ilin fa-a'tyhiyahu, hal min mustaghfirin fa-agh firu lahu, hatta yathlu'al fairu” (HR. Bukhari dan Muslim)

Artinya: "Perintah Allah turun ke langit dunia diwaktu tinggal sepertiga yang terakhir dari waktu malam, lalu berseru: adakah orang-orang yang memohon (Berdo'a), pastikan akan kukabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan-Ku beri dan adakah yang mengharap/memohon ampunan, pasti akan-Ku ampuni baginya. Sampai tiba waktu subuh".

 

Serta adapula dalil dalam al Quran Surat Al Isra ayat 79 yang artinya:

"Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji," (Surat Al-Isra ayat 79).

Waktu sholat tahajud

Setelah tahu mengapa mengerjakan sholat tahajud dianjurkan, selanjutnya mari cari tahu kapan waktu sholat tahajud yang terbaik.

Melansir dari laman detikEdu, Ustad Adi Hidayat menyatakan bahwa waktu sholat tahajud terbaik ialah pada sepertiga malam terakhir.

Pasalnya, waktu sepertiga malam terakhir termasuk dalam waktu-waktu yang paling utama saat karunia Allah diturunkan.

Lalu, jam berapa sepertiga malam terakhir?

Sepertiga malam pertama dimulai pada pukul 20.00 WIB hingga 22.00. sepertiga malam kedua yaitu pukul 23.00 WIB hingga 01.00.

Lalu, sepertiga malam terakhir yang juga menjadi waktu sholat tahajud terbaik ialah pada 02.00 WIB hingga 04.00.

Jadi, waktu terbaik sholat tahajud ialah dimulai pada pukul 02.00 WIB hingga 04.00.

Meski begitu, jika Sahabat memiliki halangan atau udzur dan baru bisa melaksanakan di atas jam 04.00, tentu tidak apa-apa. Pastikan saja adzan subuh belum berkumandang.

Kalau begitu, bagaimana tata cara sholat tahajud? Apakah ada bedanya dengan sholat fardhu 5 waktu?

Tata cara sholat tahajud

Sholat tahajud adalah jenis sholat sunnah yang termasuk paling utama untuk dijalankan, mengingat pahala dan karunia yang didapatkan oleh yang mengerjakannya.

Akan tetapi, kita perlu juga memerhatikan tata acara sholat tahajud. Hal ini tentu agar pahala yang diperoleh bisa maksimal.

Oleh sebab itu, ini dia tata cara sholat tahajud:

  1. Membaca Niat Sholat Tahajud

Tanpa melakukan ini, bisa dipastikan sholat tahajud Sahabat tidak akan sah. Hal itu terkait oleh sebuah hadis yang menjelaskan betapa pentingnya posisi niat dalam sebuah ibadah.

Nah, seperti inilah niat sholat tahajud:

“Usholli sunnatat tahajjud rak‘ataini lillaahi ta‘aala”

Artinya: “Aku niat salat sunnah tahajud dua rakaat karena Allah SWT.”

  1. Takbiratul Ihram dan membaca doa Iftitah
  2. Membaca Surat Al-Fatihah dan dilanjutkan membaca surat pendek dalam Al-Quran

Pada saat melaksanakan sholat tahajud, disarankan untuk membaca surat Al Lail dan Surat Al Fajr, serta surat juz 30 lainnya.

  1. Ruku’ dan membaca doanya
  2. I’tidal dan membaca doanya
  3. Sujud dan membaca doanya
  4. Duduk diantara dua sujud dan membaca doanya
  5. Sujud kedua dan membaca doanya
  6. Lalu dilanjutkan dengan berdiri untuk melaksanakan rakaat kedua
  1. Membaca doa sholat tahajud

Doa Sholat Tahajud

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqa’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naru haq. Wan nabiyyuna haq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haq. Was saatu haq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Artinya:

"Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar."

"Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu-lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu-lah aku kembali (bertaubat), kepada-Mu-lah aku mengadu, dan kepada-Mu-lah aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah."

Itulah informasi tentang waktu sholat tahajud dan batas waktu sholat tahajud. Semoga infonya bermanfaat ya.

Lagi cari info tentang asuransi syariah? Jangan bingung cari sumber yang kredibel, karena Wakalahmu menyediakan artikel-artikel yang bisa membantu Sahabat mengerti asuransi syariah secara singkat.

Atau sedang lihat-lihat contoh produk asuransi syariah? Pas banget! Sahabat bisa klik di sini untuk lihat beragam produk asuransi syariah yang ada di marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia!

Sahabat juga bisa kunjungi fitur kalkulator zakat untuk hitung jumlah zakat yang harus dibayar tanpa ribet.

Jadi, yuk cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Pexels.com

Artikel Lainnya

Fakta Mengejutkan Hadits tentang Maulid Nabi Muhammad SAW

Yuk cari tahu hadits tentang Maulid Nabi Muhammad SAW di artikel ini!
Baca sekarang

Memahami Apa Itu Riba, Jenis, dan Hukumnya dalam Islam

Yuk cari tahu apa itu riba, macam-macam riba, dan hukumnya dalam Islam bareng artikel ini!
Baca sekarang

Apa Itu Gharim pada Zakat Fitrah? Inilah Penjelasannya

Gharim adalah istilah yang cukup populer. Tapi, apa Sahabat tahu apa itu gharim? Cari tahu aja di sini!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu