5 Manfaat Nyata Wakaf Bagi Masyarakat

2021-11-28 08:35:13

Manfaat wakaf - Sejatinya, tidak melulu saat memiliki cukup uang atau pekerjaan yang stabil untuk melakukan sedekah. Pasalnya, nominal sedekah tidak memiliki standar minimal. Justru, sedekah yang dilakukan saat memiliki kesulitan ekonomi nilainya lebih utama.

Namun tidak berarti sedekah di waktu memiliki harta yang cukup menjadi tidak utama. Di sinilah wakaf berperan. Saat mempunyai harta berlebih, sangat baik apabila seseorang mewakafkan harta bendanya. Selain benefit yang dapat diambil lebih maksimal bagi kepentingan orang banyak, pahala yang diraih dari kegiatan wakaf tentu lebih maksimal, karena tidak akan berhenti meski Sang pemberi wakaf tutup usia.

Namun, apakah manfaat berhenti sampai di situ? Sejauh mana wakaf dapat dimanfaatkan terutama untuk kebaikan umat?

Lihat di artikel berikut ya Sahabat!

Apa Itu Wakaf

Mari kita mulai pembahasan tentang wakaf dari definisi lebih dulu. Apa itu wakaf? Secara sederhana, wakaf dapat diartikan sebagai kegiatan tidak mempergunakan atau mengambil manfaat.

Manfaat yang dimaksud ialah harta atau benda berharga yang diniatkan untuk dijadikan wakaf. Sehingga, wakif atau Sang pemberi wakaf berhenti memiliki harta bendanya baik dalam kurun waktu tertentu atau selamanya, dengan tujuan untuk dipergunakan bagi kesejahteraan masyarakat.

(Baca juga: Pengertian dan Rukun Wakaf)

Dasar Hukum Wakaf

Setelah mengetahui definisi wakaf, ada baiknya tahu juga apa hukum yang mendasari amalan wakaf ini. Tentunya dengan mengetahui secara pasti hukum yang mendasari baik dari dalil Quran maupun peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, kita dapat semakin yakin setelah mengkaji langsung pada sumber hukumnya.

Beberapa dasar hukum wakaf di antaranya sebagai berikut:

  1. Ali Imran ayat 92

“Lan tanaaluu albirra hattaa tunfiquu mimmaa tuhibbuuna wamaa tunfiquu min syay-in fa-inna allaaha bihi 'aliimun”

Artinya:  Kamu tidak akan memperoleh kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menginfakkan sehagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.

  1. Al Maidah ayat 2

“………. Wa ta'āwanụ 'alal-birri wat-taqwā wa lā ta'āwanụ 'alal-iṡmi wal-'udwāni wattaqullāh, innallāha syadīdul-'iqāb.”

Artinya: ... Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya" (QS Al Maidah, ayat 2).

  1. Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004

UU Nomor 41 Tahun 2004 tersebut memuat tentang ketentuan yang terkait wakaf di antaranya rukun wakaf, harta benda yang dapat diwakafkan, peruntukkan wakaf hingga ruang wakaf.  

Jadi, dapat disimpulkan bahwa hukum wakaf adalah mandub (mustahab), yakni perbuatan yang mendapat pahala bila dikerjakan, tetapi tidak ada sanksi bagi yang tidak melakukannya.

Manfaat Wakaf

Berbicara wakaf, secara tidak langsung pun membahas mengenai sedekah. Karena wakaf termasuk kegiatan bersedekah. Oleh sebab itu, wakaf pun memiliki manfaat yang banyak.

Berikut 5 manfaat yang akan didapat seseorang saat melakukan wakaf:

  1. Meningkatkan Pembangunan Negara

Mengingat harta benda yang dapat diwakafkan tidak terbatas pada tanah atau benda tidak bergerak, tentu pemanfaatan wakaf menjadi lebih luas. Tanah atau bangunan yang diwakafkan dapat dipergunakan sebagai pasar, gedung sekolah, universitas, ataupun rumah sakit.

(Baca juga: Jenis Harta yan Dapat Dijadikan Wakaf)

Dengan dibangunnya hal di atas terutama di wilayah daerah pelosok atau pinggiran yang belum terjamah program pembangunan pemerintah, tentu tidak hanya membantu masyarakat yang diperuntukkan atas manfaat tersebut.

Terlebih lagi jika wakaf uang tersebut disalurkan kepada lembaga amal dan kembali dipergunakan untuk penyaluran kebutuhan sehari-hari masyarakat di daerah yang tingkat kesejahteraannya tidak terlalu baik.

Tentu hal ini dapat membantu pembangunan negara.

  1. Meningkatkan Kualitas Fasilitas Ibadah

Tidak jarang saat sedang berkendara di jalan, Sahabat menemukan beberapa orang membawa jaring sebagai media untuk menyimpan uang sedekah yang didapat, untuk keperluan membangun atau merenovasi masjid.

Hal itu dilakukan oleh warga sekitar demi memiliki fasilitas ibadah seperti masjid dan perlengkapan di dalamnya seperti karpet, perlatan salat, kitab-kitab dan Quran yang memadai kualitasnya, untuk meningkatkan ibadah jamaah yang beribadah di masjid tersebut.

Dengan adanya wakaf dalam bentuk uang, dapat dimanfaatkan untuk membangun masjid tersebut. Sehingga, warga sekitar tidak perlu meminta sumbangan di jalan untuk mendapatkan masjid yang aman dan nyaman untuk dijadikan tempat beribadah.

  1. Memperoleh Pahala Jariyah

Salah satu poin yang membedakan sedekah dengan wakaf adalah poin ini. Pasalnya, dengan Sahabat melakukan wakaf, pahala yang akan diperoleh tidak hanya saat melakukan wakaf. Akan tetapi, terus menerus didapat oleh Sahabat meski nanti telah tutup usia.

Hal ini yang tidak didapat saat memberi sedekah biasa.

  1. Meningkatkan Rasa Peduli Antar Sesama

Dengan seseorang yang memiliki rezeki dan ekonomi berlebih memberikan sebagian hartanya untuk diwakafkan demi kepentingan masyarakat sekitar, tentu hal ini akan berdampak positif.

Masyarakat sekitar yang kesulitan memenuhi kebutuhan hariannya akan terbantu dengan manfaat wakaf tersebut. Hal ini  akan berdampak pada hubungan antarwarga yang jadi semakin harmonis.

Orang yang memberi wakaf pun akan semakin peka perasaannya terhadap kondisi orang di sekitarnya. Sehingga terjadi peningkatan kepedulian antarwarganya.

  1. Meningkatkan Kesejahteraan Umat

Jika sudah terjadi kepedulian antarwarganya, tentu kesejahteraan umat dapat dicapai. Pasalnya, manfaat harta benda yang diwakafkan dapat membantu kesulitan yang dialami masyarakat saat itu.

Dengan wakaf uang, masyarakat yang memiliki kesempitan dalam biaya kesehatan dapat berobat dengan harga terjangkau di rumah sakit yang sumber dananya berasal dari wakaf. Dengan wakaf bangunan seperti gedung sekolah, anak-anak yang orangtuanya tidak berkecukupan tetap mampu merasakan pendidikan yang maksimal dengan fasilitas yang ada dari wakaf tersebut.

Sehingga, kesejahteraan umat dapat meningkat.

Itu dia sedikit pembahasan tentang manfaat wakaf bagi masyarakat. Sebetulnya masih banyak lagi manfaat yang dapat diambil dari harta benda yang diwakafkan selain keempat poin di atas. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melakukan wakaf ya Sahabat.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Hukum Riba dalam Islam

Sahabat Pasti Pernah Dengar Istilah Riba. Tetapi, bagaimana hukum riba dalam Islam? Caritahu di sini yuk!
Baca sekarang

Doa Penutup (Kafaratul) Majelis dan Artinya

Yuk cari tahu doa penutup majelis dan artinya di artikel ini!
Baca sekarang

Inilah Pengertian Syariah yang Wajib Diketahui

Pasti sahabat pernah dengar istilah syariah. Namun, apa sahabat tahu pengertian syariah? Yuk, baca selengkapnya di artikel ini ya!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu