Manfaat Asuransi Umroh

2021-12-23 16:38:16

manfaat asuransi umroh - Melangkahkan kaki ke tanah suci Mekah dan Madinah merupakan salah satu tujuan yang banyak dimiliki oleh hampir seluruh masyarakat muslim. Berada di negara yang berbeda serta dikelilingi oleh masyarakat dari belahan dunia lain, tentu membutuhkan persiapan fisik dan mental yang maksimal. Tidak hanya itu, proteksi dari asuransi umroh juga diperlukan untuk mencegah pengeluaran yang tidak direncanakan.

Namun, tentu masih banyak manfaat asuransi umroh lainnya. Cari tahu bareng artikel ini yuk Sahabat!

Apa itu asuransi umroh

Sebelum masuk manfaatnya, ada baiknya kita ketahui lebih dulu pengertian dari asuransi umroh ini. 

Asuransi umroh adalah sebuah produk perlindungan dari kerugian ekonomi akibat peristiwa yang tidak menyenangkan, yang terjadi pada saat melakukan perjalanan ibadah umroh.

Asuransi umroh sendiri termasuk ke dalam kategori asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan umroh ini adalah asuransi umum, dan bukan asuransi jiwa meski menanggung beberapa risiko yang ada pada manusia pula.

Sementara itu, beberapa contoh peristiwa tidak menyenangkan yang dilindungi kerugian ekonominya oleh perusahaan asuransi adalah:

  1. Kehilangan bagasi atau harta pribadi
  2. Pembatalan/penundaan penerbangan
  3. Mengalami perawatan di rumah sakit
  4. Terjadi kecelakaan
  5. Tutup usia
  6. Repatriasi medis

Pada umumnya, masa perlindungan program asuransi umroh adalah 30 hari. Jadi, jika terjadi risiko seperti yang telah dijabarkan di paragraf sebelumnya, peserta asuransi umroh akan menerima penggantian kerugian berupa sejumlah dana yang cair ke rekening pribadi atau pihak yang dipercaya, jika mengalami tutup usia.

Satu hal lagi nih Sahabat. Berbeda dengan produk asuransi lainnya, asuransi umroh ini hanya dapat Sahabat temukan dalam bentuk asuransi syariah. Sehingga, tidak hanya terproteksi dari kerugian keuangan, Sahabat dapat pula bersedekah dan menjalankan kegiatan sesuai dengan tuntunan agama.

Manfaat asuransi umroh

Setelah menyinggung sedikit tentang manfaat asuransi umroh di awal, mari kita gali lebih dalam manfaat lain yang ditawarkan oleh produk asuransi umroh ini.

Setidaknya 6 kondisi di bawah ini dapat mengaktifkan manfaat asuransi umroh, sebagai berikut:

  1. Keterlambatan dan pembatalan perjalanan

Manfaat asuransi umroh pertama ialah perlindungan dari kerugian akibat keterlambatan dan atau dibatalkannya perjalanan.

Dengan adanya asuransi umroh, Sahabat akan mendapatkan kompensasi untuk waktu dan tenaga yang telah digunakan untuk menunggu giliran keberangkatan, yang ternyata kena pembatalan ataupun penundaan.

  1. Kehilangan bagasi atau harta pribadi

Manfaat kedua dapat dirasakan ketika bagasi atau harta pribadi Sahabat hilang. Tentu semua orang tidak pernah benar-benar berharap hal tidak menguntungkan terjadi padanya.

Akan tetapi, dengan adanya asuransi umroh, Sahabat bisa sedikit lebih tenang saat kejadian tidak menyenangkan tadi menimpa Sahabat. Sebab, perusahaan asuransi akan mengganti nilai ekonomi dari bagasi atau harta Sahabat yang hilang itu. 

  1. Evakuasi darurat medis

Manfaat selanjutnya ialah evakuasi darurat medis tanpa biaya. Jika suatu waktu Sahabat mengalami sakit yang membutuhkan pertolongan lanjut, ataupun harus tutup usia ketika umroh atau haji di tanah suci, perusahaan asuransilah yang akan mengurus biaya pemulangan Sahabat kembali ke tanah air.  

  1. Kecelakaan

Manfaat keempat asuransi umroh dapat Sahabat rasakan saat terjadi kecelakaan. Kecelakaan yang dimaksud tentu tidak melulu kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan tunggal ataupun kecelakaan kecil yang terjadi di penginapan, tentu termasuk ke dalam definisi kecelakaan.

Dengan adanya asuransi umroh, biaya perawatan untuk menangani akibat kecelakaan tersebut tidak perlu lagi Sahabat pikirkan.

  1. Perawatan Medis

Saat menetap di lingkungan baru, tentunya seseorang perlu untuk adaptasi. Kadang kala, dalam proses adaptasi tersebut, seseorang harus mendapat perawatan di rumah sakit. Bahkan, untuk yang tingkat lanjut, bisa saja sampai membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit.

Dengan memiliki asuransi umroh, biaya yang dikeluarkan akibat perawatan medis ini, akan menjadi tanggungan dari perusahaan asuransi.

  1. Meninggal Dunia

Manfaat terakhir dari asuransi umroh yakni pada saat peserta asuransi umroh mengalami suatu kejadian yang menyebabkannya tutup usia.

Jika memiliki asuransi umroh, perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah santunan kepada keluarga yang ditinggalkan oleh Sang peserta asuransi.

Usai sudah uraian singkat tentang apa itu asuransi syariah serta manfaat asuransi syariah. Jangan lupa cari tahu kebutuhan Sahabat lebih dulu ya sebelum menentukan jenis asuransi umroh mana yang akan dipilih. Semoga informasinya bermanfaat ya.

Bagi Sahabat yang ingin melakukan perjalanan domestik maupun mancanegara, serta tetap ingin terproteksi secara maksimal, Wakalahmu menyediakan beragam produk asuransi perjalanan syariah yang mudah untuk didapatkan. Cukup tap tap pada website https://wakalahmu.com/produk/asuransi-perjalanan untuk tentuin asuransi perjalanan yang tepat, lengkap dengan estimasi premi/kontribusinya lho! Tentunya syariah ya, jadi sesuai dengan prinsip keislaman.asuransi umroh

Foto: Unsplash.com

Artikel Lainnya

Langkah Mudah Klaim Asuransi Syariah Anti Gagal

Cara klaim asuransi syariah perlu untuk diketahui paska memiliki asuransi. Meskipun belum terjadi tentunya. Cek artikel ini ya Sahabat untuk tahu lebih lanjut!
Baca sekarang

Manfaat Asuransi Syariah Sebagai Sarana Berbagi Kebaikan

Pilih asuransi syariah hanya karena halal? It's okay sih, tapi sebenernya banyak lagi lho keuntungan asuransi syariah. Ikuti artikel ini ya untuk tahu semuanya!
Baca sekarang

Fungsi Asuransi Syariah yang Sering Dilupakan

Sudah punya asuransi tapi khawatir merasa rugi? Eits, lihat dulu fungsi utama asuransi di artikel ini ya sebelum bener-bener yakin rugi!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu