Manfaat dan Tips Memilih Asuransi Perjalanan Syariah

2021-10-27 17:04:14

Asuransi Perjalanan - Meski tidak semua orang memiliki hobi jalan-jalan, pastinya tidak ada yang menampik bahwa melakukan perjalanan termasuk salah satu kegiatan yang menyenangkan. Tidak jarang ketika seseorang sudah memiliki penghasilan, mereka langsung mempersiapkan tabungan khusus untuk jalan-jalan. Ada yang ingin melepas penat, ada pula yang hanya ingin melakukan perjalanan dengan rute yang tidak biasa mereka lalui.

Terlepas dari tujuan jalan-jalan, sebetulnya ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum jalan-jalan. Mulai dari ongkos perjalanan, tiket pariwisata, isi koper, juga alat perekam untuk mengabadikan momen yang jarang terjadi itu. belum lagi soal keamanan di perjalanan dan kesehatan saat sudah ada di tempat liburan. Oleh karena itu, program asuransi perjalanan menawarkan untuk mengakomodir hal-hal meresahkan tadi. Namun, bagaimana cara memilih asuransi perjalanan yang tepat dengan kantong dan kebutuhan masing-masing?

Terus baca artikel ini ya sahabat!

Manfaat Asuransi Perjalanan

Selain yang telah dibahas di paragraf sebelumnya, masih banyak lagi lho manfaat dari asuransi perjalanan. Apa saja ya kira-kira? Wakalahmu rangkum menjadi empat poin sebagai berikut:

  1. Remunerasi Pembatalan atau Keterlambatan Perjalanan

Mengalami perjalanan yang lancar tanpa terjadi hal yang tidak diinginkan pasti jadi dambaan setiap orang. Akan tetapi, hampir pasti kemungkinan tersebut tidak selalu terjadi. Penyebabnya berasal dari banyak faktor, baik dari diri sendiri ataupun pihak eksternal.

Tentu, faktor yang diakibatkan oleh diri sendiri seperti ketidaksiapan rencana atau perkiraan barang bawaan yang kurang tepat dapat dikendalikan. Sehingga persentase terjadinya bisa rendah.

Akan tetapi lain cerita dengan faktor yang diakibatkan oleh pihak eksternal. Hal seperti kondisi kendaraan, cuaca, ataupun kesiapan sistem operasi penyedia jasa transportasi merupakan hal yang tidak bisa dikendalikan. Tak jarang, hal itu terjadi tanpa ada kesalahan dari sisi pengguna jasa. Namun jika tetap terjadi, tentu kerugian ada di sisi konsumen. Oleh karena itu, dengan memiliki asuransi perjalanan, setidaknya kerugian waktu yang dialami akan digantikan dengan sejumlah dana dan bukan sekedar permintaan maaf belaka.

  1. Penggantian Bagasi Rusak atau Hilang

Serupa dengan peristiwa pada poin sebelumnya, keamanan barang bawaan juga menjadi hal yang tidak bisa dikendalikan, terutama setelah memasuki ruang bagasi. Meski seseorang telah memberi gembok beberapa lapis untuk mengamankan barang bawaannya, kemungkinan hilang atau rusak tetap ada jika penyedia jasa transportasi memiliki kelalaian dalam sistem keamanan mereka.

Oleh karena itu, jika ketidakberuntungan tersebut terjadi, peserta asuransi perjalanan bisa mengajukan klaim yang nantinya akan dicairkan dana oleh perusahaan asuransi.

  1. Fasilitas Biaya Medis

Hampir tiap orang dalam kondisi yang tidak terpaksa akan melakukan perjalanan dalam kondisi fisik yang fit. Mungkin akan berbeda jika seseorang memiliki kepentingan mendesak.

Namun, tidak jarang dalam perjalanan kondisi fisik seseorang bisa berubah. Tentunya banyak faktor yang menyebabkan hal ini. Bisa jadi karena makanan yang tidak cocok, kelelahan, ataupun lainnya. Sehingga sering ditemui seseorang harus mendapat penanganan di rumah sakit saat sedang jalan-jalan.

Perusahaan asuransi akan menanggung biaya rumah sakit seseorang yang memiliki asuransi perjalanan. Tentu jumlah santunannya pun sesuai dengan isi perjanjian pada polis. Tetapi, setidaknya manfaat ini memberi sedikit ketenangan pikiran jika terpaksa sakit di tempat yang tidak familiar.

  1. Santunan Dana Tutup Usia

Saat dalam perjalanan, banyak hal yang akan dihadapi oleh seseorang. Baik hal positif maupun yang negatif. Oleh karena itu, kemungkinan untuk menjumpai ketidakberuntungan seperti tutup usia juga bukan hal yang mustahil. Tentu banyak faktor yang membuat kemungkinan ini bisa terjadi.

Jika seseorang memiliki asuransi perjalanan, perusahaan asuransi akan mengirimkan uang santunan tutup usia kepada keluarga yang ditinggalkan. Sehingga, meski secara psikologi kedukaan tetap ada, setidaknya secara finansial bisa sedikit terbantu.

Tips Pilih Asuransi Perjalanan

Dewasa ini, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk perlindungan perjalanan di Indonesia. Akan tetapi, sahabat harus jeli untuk menentukan produk proteksi yang akan dipilih. Oleh karena itu, pertimbangkan lima hal ini sebelum mempunyai asuransi perjalanan.

  1. Tujuan, Waktu dan Lokasi Perjalanan

Asuransi perjalanan tentu memiliki beragam pilihan fitur agar bisa menyesuaikan kebutuhan nasabahnya. Oleh karena itu, menyesuaikan tujuan, waktu dan lokasi perjalanan dengan produk asuransi perjalanan yang akan dibeli menjadi hal dasar yang harus dilakukan.

Hal ini dilakukan agar jangan sampai tempat tujuan perjalanan tidak termasuk dalam perlindungan produk asuransi perjalanan yang dipilih.

Selain itu, ada juga beberapa negara yang mewajibkan turis memenuhi syarat tertentu. Karena itu, pastikan syarat tersebut masuk ke dalam fitur benefit produk yang dipilih.

  1. Manfaat Santunan Dana yang Ditawarkan

Perusahaan asuransi pada dasarnya berkewajiban untuk membayarkan klaim semua peserta asuransinya. Oleh karena itu, besaran angka yang dibutuhkan untuk dibayarkan asuransi juga wajib dipertimbangkan. Sebab akan berpengaruh langsung terhadap nominal premi yang dibayarkan.

  1. Kinerja Perusahaan Asuransi

Jika musibah terjadi saat seseorang melakukan perjalanan dengan asuransi perjalanan, orang tersebut akan menerima sejumlah uang dari perusahaan asuransi. Sehingga, mencari tahu dan menentukan siapa perusahaan asuransi yang akan dipilih tentu krusial.

Pasalnya, bisa jadi seseorang akan jatuh dan tertimpa tangga pula jika abai dengan perusahaan asuransi perjalanannya. Sebab, klaimnya tidak akan dibayarkan.

Sebaiknya, periksa riwayat layanan perusahaan asuransi tersebut pada nasabah sebelum sahabat. Atau juga bisa mengecek laporan keuangannya yang biasa tersedia di peramban resmi masing-masing perusahaan asuransi.

  1. Kemudahan Proses Klaim

Setelah tiga poin di atas, ini juga patut untuk diperhatikan. Pasalnya, meski semua poin sudah positif tetapi proses klaimnya memakan proses panjang, tetap saja sahabat akan merasa tidak diuntungkan.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk tanyakan pada perusahaan asuransi atau orang yang membantu sahabat membuat asuransi perjalanan mengenai cara pengajuan proses klaimnya.

  1. Ketentuan pada Polis

Poin ini juga sangat krusial. Pasalnya, bisa jadi sahabat tidak dicairkan klaim asuransinya karena ada satu dua hal yang tidak sesuai dengan isi perjanjian di polis.

Baiknya, perhatikan bagian limit dan pasal pengecualian dalam asuransi. Agar peristiwa klaim tidak dibayar tidak terjadi.

Itu dia manfaat dan tips memilih asuransi perjalanan secara singkat. Semoga sahabat tidak lagi galau dalam menentukan asuransi perjalanan mana yang cocok ya.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Jika sahabat ingin memiliki asuransi perjalanan berbasis syariah, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia menyediakan pilihan proteksi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan sahabat, dengan memberi manfaat penundaan perjalanan, manfaat pengobatan, manfaat kehilangan dokumen dan barang bawaan.

Referensi foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Inilah Definisi Akad Tabarru Dalam Asuransi dan Lembaga Keuangan Lainnya

Asuransi syariah pasti identik dengan akad tabarru. Tapi apa Sahabat tahu apa itu akad tabarru? Cari tahu bareng di artikel ini yuk !
Baca sekarang

4 Manfaat Lebih Asuransi Kendaraan Syariah

Memiliki asuransi kendaraan syariah tentu sangat berguna. Tetapi, apa keunggulan asuransi syariah dibanding konvensional hanya pada poin kehalalan saja? Cari tahu di artikel ini ya sahabat!
Baca sekarang

Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah

Mau punya asuransi mobil syariah dan murah? Tentu bisa! Cek artikel ini untuk tahu gimana caranya ya sahabat!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu