Tips Memilih Asuransi Rumah

2021-10-27 12:36:22

Asuransi Rumah - Kebutuhan terhadap tempat tinggal menjadi kebutuhan paling dasar bagi manusia, apapun dan bagaimanapun latar belakang dan kondisi ekonomi mereka. Oleh karena itu, pada umumnya saat seseorang telah memiliki penghasilan mandiri, memiliki rumah menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai. Mengingat hunian-hunian memiliki harga selangit, terutama yang terletak di lokasi strategis di kota-kota besar, mewujudkan tujuan tersebut membutuhkan proses yang cukup panjang, tahunan bahkan bisa mencapai puluhan tahun.

Sehingga, sangat disayangkan rumah yang telah berhasil dicapai, mengalami kerusakan dan membutuhkan biaya renovasi yang besar. Di sinilah asuransi rumah berperan. Namun, dari sekian banyak produk dan perusahaan asuransi rumah, bagaimana cara memilih satu yang tercocok?

Ikuti terus artikel ini ya sahabat!

Pengertian Asuransi Rumah

Sebelum lebih lanjut, mari kita cari tahu apa itu asuransi rumah ya sahabat. Asuransi rumah adalah program perlindungan kerugian finansial saat terjadi kerusakan dan peristiwa merugikan pada hunian.

Asuransi rumah ialah salah satu jenis produk asuransi properti. Dan asuransi properti termasuk dalam kategori asuransi umum. Karena pada dasarnya, jenis asuransi yang ada di Indonesia hanyalah asuransi umum dan asuransi jiwa.

Sama halnya dengan produk asuransi jiwa, asuransi rumah tinggal juga ada yang konvensional dan syariah. Akan tetapi, untuk saat ini pilihan produk asuransi rumah syariah kurang beragam karena asuransi tempat tinggal konvensional masih lebih dominan. 

Lantas, di tengah banyaknya pilihan produk baik dari konvensional maupun syariah, bagaimana cara memilih satu produk yang tepat dan sesuai kebutuhan sahabat?

Tips Memilih Asuransi Rumah

Saat tidak memiliki pilihan dalam mengambil keputusan, terkadang muncul keraguan tentang hasil keputusan yang telah diambil. Akan tetapi, pilihan yang terlampau variatif juga membuat proses pengambilan keputusan menjadi lebih sulit. Terutama saat seseorang tidak memiliki dasar pertimbangan yang kuat. Di momen tersebut, kehadiran tips dan trik yang berguna akan terasa sangat membantu.

Pada artikel ini, Wakalahmu merangkum empat tips memilih asuransi rumah yang tepat.

  1. Kredibilitas Perusahaan Asuransi Tinggi

Hal ini menjadi tips paling utama karena perusahaan asuransilah yang nantinya akan membayarkan kerugian yang suatu waktu datang. Oleh sebab itu, sahabat bisa melakukan riset tentang legalitas perusahaan dan laporan keuangan perusahaan tersebut. pastikan juga untuk membaca dari berbagai sumber ya sahabat, agar info yang didapat terhindar dari bias.

Selain itu, mengetahui histori pelayanan perusahaan tersebut pada nasabah sebelumnya juga patut untuk dicari tahu. Sehingga sahabat sudah ada gambaran bagaimana nantinya perusahaan asuransi mengakomodir kebutuhan-kebutuhan sahabat.

  1. Memahami Poin yang Ditawarkan Dalam Polis

Banyak kasus peserta asuransi tidak diterima pengajuan klaimnya terjadi karena tidak memahami detail isi perjanjian dalam polis. Mungkin sebagian orang merasa enggan untuk mengecek satu per satu ketentuan dalam polisnya karena telah yakin dengan agen. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa agen pun tidak akan menjelaskan poin per poin isi polis tiap peserta. Sangat wajib bagi peserta asuransi untuk memahami sendiri isi polisnya untuk terhindar dari kemungkinan gagal klaim.

  1. Mudah Saat Klaim

Setelah memahami poin-poin krusial dalam polis asuransi, belum tentu proses klaim akan menjadi simpel. Pasalnya, tiap perusahaan asuransi memiliki regulasi khas dalam proses pencairan klaim. Oleh sebab itu, mengetahui prosedur klaim sebelum menandatangani buku perjanjian asuransi akan sangat membantu sahabat dari proses pengajuan klaim yang bertele-tele.

  1. Komparasi Premi dengan Uang Santunan yang Diterima

Last but not least, poin ini juga perlu dipertimbangkan jika sahabat benar-benar ingin memiliki asuransi yang sesuai kebutuhan. Baik kebutuhan proteksi maupun kebutuhan membayar nominal premi asuransinya.

Pasalnya, beberapa perusahaan asuransi menawarkan produk dengan benefit yang sama tetapi dengan harga yang lebih tinggi. Namun, ada juga perusahaan asuransi yang menawarkan premi terjangkau dengan benefit tertentu, akan tetapi mengharuskan peserta asuransinya untuk melakukan top up dana belasan tahun kemudian setelah memiliki polis.

Oleh karena itu, sahabat harus cermat dalam menganalisis poin ini.

Demikian artikel mengenai tips memilih asuransi rumah. Meski lebih banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi konvensional, bukan berarti pilihan untuk asuransi syariah tidak ada ya sahabat.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Bagi sahabat yang membutuhkan asuransi rumah tinggal yang berdasarkan prinsip syariah, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia menyediakan pilihan asuransi rumah tinggal yang sesuai dengan kebutuhan sahabat, dengan memberikan tiga aspek perlindungan. Perlindungan diri dan keluarga berupa santunan kecelakaan diri, perlindungan rumah tinggal serta perlindungan harta benda yang ada didalammya.  

Referensi foto: Tierra Mallorca on Unsplash

Artikel Lainnya

Fatwa DSN MUI Tentang Asuransi Syariah (Nomor 21 Tahun 2001)

Mari cari tahu selengkapnya tentang fatwa DSN MUI tentang asuransi syariah di sini ya Sahabat!
Baca sekarang

Asuransi Risiko Covid 19

Ini nih manfaat asuransi covid dan contoh produknya! Liat terus yuk.
Baca sekarang

Fungsi Asuransi Syariah yang Sering Dilupakan

Sudah punya asuransi tapi khawatir merasa rugi? Eits, lihat dulu fungsi utama asuransi di artikel ini ya sebelum bener-bener yakin rugi!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu