5 Perusahaan Asuransi Syariah yang Terdaftar di OJK

2022-03-19 09:49:40

perusahaan asuransi syariah - Perusahaan asuransi syariah di Indonesia semakin berkembang dewasa ini. Hal ini terasa wajar, karena diikuti oleh perkembangan potensi dan market asuransi syariah yang  meningkat tiap tahunnya. Pemerintah pun semakin memerkuat regulasi mengenai asuransi syariah dari berbagai aspek. Sehingga, masyarakat sebagai nasabah pun dapat lebih tenang karena kehalalan transaksinya terjamin.

Jadi, apa saja ya perusahaan asuransi syariah di Indonesia? Scroll layarnya yuk!

Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia

Perusahaan asuransi syariah di Indonesia tentu ada banyak. Akan tetapi, tidak semua perusahaan asuransi syariah hanya menawarkan produk dan jasa keuangan syariah, seperti perusahaan berikut ini:

  1. Takaful Keluarga

Perusahaan asuransi syariah di Indonesia yang masuk daftar pertama adalah Takaful Keluarga. Perusahaan bernama resmi PT. Asuransi Takaful Keluarga didirikan pada tahun 1994.

(Baca juga: Ini Dia Tugas OJK Lainnya yang Jarang Orang Tahu)

Selain murni hanya menyediakan layanan dan produk asuransi syariah ===berbagai jenis===, Takaful Keluarga juga merupakan pionir perusahaan asuransi syariah di Indonesia.

Dengan kantor pusat yang terletak di Jakarta Selatan, beberapa asuransi syariah yang ditawarkan oleh Takaful Keluarga adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, dan asuransi perjalanan umrah.

  1. ASYKI (Asuransi Syariah Keluarga Indonesia)

Perusahaan asuransi syariah kedua adalah Asyki. Didirikan pada tahun 2015, perusahaan ini bernama resmi PT Asuransi Syariah Keluarga Indonesia.

Asyki sendiri merupakan perusahaan asuransi yang memelopori asuransi mikro syariah di Indonesia.

(Baca juga: Tanpa Hal Ini, Asuransi Syariah Kamu Gak Sah Lho... Coba Cek Yuk!)

Asyki adalah perusahaan asuransi syariah yang hanya menyediakan produk dan layanan asuransi berbasis syariah. Produk dan layanan yang ditawarkan pun sangat beragam.

Berkantor pusat di Jalan R.E Martadinata Bogor, Asyki menyediakan mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi mikro, hingga asuransi pendidikan yang dapat Sahabat pilih sesuai kebutuhan.

(Baca juga: Cuma Akad Ini yang Diperbolehkan Untuk Transaksi Keuangan Dalam Islam. Cek Yuk Biar Gak Salah!)

  1. Prudential Indonesia

Perusahaan asuransi syariah di Indonesia kedua adalah Prudential Indonesia. Dengan nama resmi PT Prudential Life Assurance, perusahaan ini berdiri di Indonesia pada tahun 1995.

Meski begitu, perusahaan yang juga merupakan bagian dari Prudential PLC, London ini memulai layanan dan produk syariahnya pada tahun 2007.

(Baca juga: Perjalanan Kamu Kurang Nyaman Kalo Gak Ada yang Satu Ini!)

Berkantor pusat di Jakarta Selatan, Prudential Indonesia memiliki layanan dan produk asuransi syariah yang cukup beragam.

Beberapa di antaranya adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, dan asuransi sakit kritis.

  1. Manulife Indonesia

Manulife Indonesia adalah perusahaan asuransi syariah di Indonesia berikutnya. Dengan nama resmi PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, perusahaan ini didirikan di tahun 1985.

(Baca juga: Jumlah Umroh Membludak Bikin 1 Hal Kecil Ini Bisa Jadi Penting Banget!)

Manulife Indonesia mendapatkan rekomendasi untuk menjalankan operasional unit syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI pada tanggal 22 Januari 2009.

Perusahaan yang masih menjadi bagian dari Manulife Financial Corporation ini memiliki beragam pilihan produk asuransi syariahnya. Beberapa di antaranya adalah produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Manulife Indonesia memiliki kantor pusat yang berlokasi di Jakarta Selatan.

(Baca juga: Gak Bisa Cuma Digaruk, Ini Dia Solusi Tepat untuk Mengatasi Gigitan Aides Aegypti)

  1. Allianz Indonesia

Perusahaan asuransi syariah yang kelima adalah Allianz Indonesia. Bernama resmi PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan ini didirikan pada 1996.

Allianz Indonesia merupakan bagian dari Allianz Group. Perusahaan ini memulai layanan syariahnya yakni di tahun 2006, setelah menerima rekomendasi dari DSN-MUI.

(Baca juga: Apa Itu Asuransi Syariah?)

Allianz Indonesia menyediakan beragam pilihan produk asuransi syariah. Beberapa di antaranya adalah asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi sakit kritis, dan asuransi haji dan umrah.  

Usai sudah ringkasan info tentang 5 perusahaan asuransi syariah di Indonesia. Yang mana nih perusahaan asuransi syariah pilihan Sahabat?

Semoga informasinya bermanfaat ya.

Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Tidak hanya itu, tersedia juga kalkulator zakat untuk bantu Sahabat hitung jumlah zakat yang harus dibayar.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Kenali Apa Itu Asuransi Umroh dan Cara Kerjanya

Ayo lirik cara kerja asuransi umroh dan pengertiannya dalam artikel ini!
Baca sekarang

Langkah Mudah Klaim Asuransi Syariah Anti Gagal

Cara klaim asuransi syariah perlu untuk diketahui paska memiliki asuransi. Meskipun belum terjadi tentunya. Cek artikel ini ya Sahabat untuk tahu lebih lanjut!
Baca sekarang

Hukum Asuransi Syariah dalam Islam yang Sering Dilewatkan

Bagaimana sebenarnya hukum asuransi syariah dalam Islam? Halal atau haram? Baca artikel ini untuk tahu detailnya.
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu