Kenali Apa Itu Asuransi Umroh dan Cara Kerjanya

23 Dec 2021

Asuransi umroh - Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, banyak masyarakat Indonesia yang melakukan perjalanan umroh. Akan tetapi, meski perjalanan umroh cenderung lebih singkat daripada perjalanan haji, risiko tetap tidak dapat 100% dihindari. Oleh sebab itu, asuransi umroh hadir memberikan perlindungan tersebut bagi para calon jamaah umroh. Bahkan, sejak Januari 2020 lalu biaya asuransi juga ikut disertakan dalam biaya umroh dan masuk ke dalam visi Saudi 2030 lho Sahabat. 

Oleh karena itu, yuk cari tahu apa itu asuransi umroh dan cara kerjanya lewat artikel berikut!

Pengertian asuransi umroh

Mari kita mulai pembahasan dengan mengetahui lebih dulu apa itu asuransi umroh.

Asuransi umroh adalah sebuah program perlindungan dari kerugian ekonomi akibat peristiwa yang tidak menyenangkan, yang terjadi pada saat melakukan perjalanan ibadah umroh.

Asuransi umroh sendiri termasuk ke dalam kategori asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan umroh ini adalah asuransi umum, dan bukan asuransi jiwa meski menanggung beberapa risiko yang ada pada manusia pula.

Adapun beberapa contoh peristiwa tidak menyenangkan yang dilindungi kerugian ekonominya oleh perusahaan asuransi adalah:

  1. Kehilangan bagasi atau harta pribadi
  2. Pembatalan/penundaan penerbangan
  3. Mengalami perawatan di rumah sakit
  4. Terjadi kecelakaan
  5. Tutup usia
  6. Repatriasi medis

Pada umumnya, masa perlindungan program asuransi umroh adalah 30 hari. Jadi, jika terjadi risiko seperti yang telah dijabarkan di paragraf sebelumnya, peserta asuransi umroh akan menerima penggantian kerugian berupa sejumlah dana yang cair ke rekening pribadi atau pihak yang dipercaya, jika mengalami tutup usia.

Satu hal lagi nih Sahabat. Berbeda dengan produk asuransi lainnya, asuransi umroh ini hanya dapat Sahabat temukan dalam bentuk asuransi syariah. Sehingga, tidak hanya terproteksi dari kerugian keuangan, Sahabat dapat pula bersedekah dan menjalankan kegiatan sesuai dengan tuntunan agama.

(Baca juga: Manfaat tersembunyi produk asuransi syariah)

Cara kerja asuransi umroh

Setelah memahami apa itu asuransi umroh, mari kita bahas mengenai cara kerja produk asuransi umroh ini.

Setidaknya, ada 5 cara kerja asuransi umroh hingga sampai di tangan para peserta asuransi dan pihak penerima manfaat, sebagai berikut:

  1. Memilih penyedia jasa asuransi umroh

Cara kerja pertama untuk memiliki produk asuransi perjalanan umroh ialah dengan menentukan pihak penyedia asuransi tersebut. Sahabat dapat memperoleh produk asuransi syariah perjalanan umroh melalui Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU).

Nantinya, PPIU akan bekerja sama dengan perusahaan asuransi syariah. Baik perusahaan asuransi syariah yang telah ditentukan, atau memilih sendiri perusahaannya sesuai dengan saran dari para jamaah PPIU tersebut.

  1. Menentukan periode perjalanan

Selanjutnya, Sahabat dapat menentukan berapa lama periode perjalanan umroh yang dikehendaki.

  1. Memilih jenis polis

Ada 2 jenis polis asuransi syariah perjalanan umroh (ASPU) yang tersedia. Yang pertama adalah ASPU dan yang kedua ialah ASPU Plus. ASPU Plus dilengkapi dengan jaminan serta manfaat tambahan.

  1. Menentukan jumlah dan usia peserta

Selanjutnya, pastikan jumlah peserta perjalanan umroh beserta usianya. Tentu karena hal ini dapat berpengaruh kepada premi atau kontribusi yang nantinya akan dibayarkan.

  1. Menyelesaikan pembayaran

Setelah menentukan jenis polis dan jumlah polis yang diinginkan, Sahabat dapat mengaktifkan manfaat polis dengan menyelesaikan pembayaran. Setelah selesai, polis asuransi Sahabat aktif dan Sahabat telah terlindungi dari risiko finansial yang cukup besar.

Nah, usai sudah paparan singkat tentang apa itu asuransi umroh dan cara kerjanya. Ketika perjalanan umroh Sahabat dilengkapi dengan proteksi asuransi umroh, dapat membuat Sahabat hanya fokus pada kekhusyuan ibadah tanpa perlu mengkhawatirkan solusi dari risiko yang mungkin terjadi.

Bagi Sahabat yang ingin melakukan perjalanan domestik maupun mancanegara, serta tetap ingin terproteksi secara maksimal, Wakalahmu menyediakan beragam produk asuransi perjalanan syariah yang mudah untuk didapatkan. Cukup tap tap pada website https://wakalahmu.com/produk/asuransi-perjalanan untuk tentuin asuransi perjalanan yang tepat, lengkap dengan estimasi premi/kontribusinya lho! Tentunya syariah ya, jadi sesuai dengan prinsip keislaman.

Foto: Unsplash.com

Coba produk Wakalahmu


Asuransi Kendaraan Syariah

Solusi yang baik untuk melindungi kendaraan Anda
Lihat

Asuransi Perjalanan Syariah

Solusi yang baik untuk memberikan rasa tenang dalam perjalanan Anda
Lihat

Asuransi Kecelakaan Diri Syariah PLUS

Solusi yang baik untuk memberikan rasa aman dalam beraktifitas di masa Pandemi
Lihat

Mu’awanah Kebajikan

Solusi untuk mengoptimalkan kebaikan Anda
Lihat

Asuransi Rumah Tinggal Syariah

Solusi yang baik untuk perlindungan rumah tinggal Anda
Lihat

Artikel Lainnya

Waktu Sholat Tahajud Terbaik + Tata Cara, Niat, dan Doa Sholat Tahajud

waktu sholat tahajud - Waktu sholat tahajud mesti diketahui apabila Sahabat memiliki niat untuk melaksanakan ibadah sunah yang satu ini....
Baca sekarang

Kenapa Zakat Fitrah Wajib? Ternyata Ini Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah

tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah - Sebagai seorang Muslim, mengetahui tujuan mengeluarkan zakat fitrah rasanya perlu untuk dilakukan. Pasalnya, dengan...
Baca sekarang

Gak Hanya Istilah, Ini Dia 10 Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional

perbedaan bank syariah dan bank konvensional - Tidak hanya istilah yang dipakai, perbedaan bank syariah dan bank konvensional ada banyak...
Baca sekarang

Pengertian Dana Tabarru, Istilah yang Bikin Asuransi Syariah jadi Boleh

Dana tabarru adalah - Dana tabarru adalah hal yang wajib diperhatikan dan diketahui ketika akan membeli produk asuransi syariah. Pasalnya,...
Baca sekarang

Peristiwa Luar Biasa dalam Peradaban Islam yang Terjadi di Bulan Dzulhijjah

Dzulhijjah - Bulan Dzulhijjah adalah salah satu bulan yang cukup penting dalam sejarah Islam. Pasalnya, bulan Dzulhijjah menjadi latar berbagai...
Baca sekarang

Asuransi di Mata Ustadz Abdul Somad, Adi Hidayat, Khalid Basalamah, Buya Yahya. Cek di Sini!

hukum asuransi dalam islam - Hukum asuransi dalam Islam adalah hal penting dan mendasar untuk diketahui. Pasalnya, akan berbahaya apabila...
Baca sekarang

Qurban Pelosok Negeri

[Satu klik untuk penyaluran qurban terbaik] Idul Adha sudah tak lagi lama. Jika Sahabat merayakannya dengan berkurban, tentu harus segera...
Baca sekarang

Syarat-Syarat Hewan Kurban yang Sesuai Syariat Islam

syarat hewan kurban - Syarat hewan kurban menjadi penting diketahui sebelum membeli hewan kurban. Pasalnya, jika ternyata kondisi hewan kurban...
Baca sekarang

Doa Menyembelih Hewan Kurban Untuk Orang Lain Dan Diri Sendiri

doa menyembelih hewan kurban untuk orang lain - Mengetahui doa menyembelih hewan kurban untuk orang lain dan diri sendiri adalah...
Baca sekarang



Kontak WA Wakalahmu