Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah

2021-10-27 19:34:49

Asuransi Mobil Syariah - Salah satu problematika menahun yang dihadapi mayoritas kota-kota besar adalah kemacetan. Terutama di wilayah ibukota. Adanya kemacetan juga menimbulkan biaya-biaya yang sebetulnya tidak perlu. tidak sampai situ, banyak orang yang memacu kendaraannya di atas batas kecepatan normal demi menghindari kemacetan. Ditambah lagi dengan peristiwa melanggar rambu dan lampu lalu lintas agar tidak terjebak macet.

Hal itu secara tidak langsung membuat tingkat ketidakberuntungan yang terjadi di jalanan sangat besar, yang bukan tidak mungkin akan menjumpai masing-masing individu. Oleh karena itu, solusi dibutuhkan untuk mengatasi masalah di atas dan asuransi mobil syariah atau konvensional dapat menjadi salah satunya. Karena keselamatan kendaraan di jalan secara langsung berpengaruh dengan keselamatan para pengendaranya. Namun, bagaimana memilih asuransi kendaraan syariah yang paling sesuai?

Simak terus artikelnya ya sahabat!

Pengertian Asuransi Kendaraan Syariah

Asuransi kendaraan syariah adalah program perlindungan kendaraan bermoto baik mobil atau motor dari risiko kerusakan. Kerusakan tersebut disebabkan oleh tabrakan, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, dan kebarakan. Program proteksi ini dijalankan dengan aturan yang sesuai dengan kaidah agama Islam.

Jenis Asuransi Kendaraan Syariah

Asuransi kendaraan baik asuransi mobil syariah atau motor merupakan produk dari asuransi umum. Karena pada dasarnya, semua produk asuransi yang beredar di Indonesia hanya dua yaitu asuransi umum dan asuransi jiwa.

Berdasarkan persentase risiko yang dilindungi, asuransi kendaraan terdiri dari tiga jenis:

  1. All Risk

Sesuai dengan namanya, asuransi mobil ini merupakan jenis perlindungan mobil atau motor terlengkap. Pasalnya, kriteria risiko yang ditanggung mulai dari kerusakan kecil, sedang, dan besar. Mulai dari baretan di mobil, penyok pada badan kendaraan, hingga tabrakan dan kehilangan unit kendaraan.

Namun tentu saja, jenis proteksi ini memiliki biaya premi yang paling tinggi di antara jenis proteksi lainnya. Biasanya, asuransi all risk banyak dimiliki oleh mobil atau motor baru.

  1. Total Loss Only (TLO)

Berbeda dengan all risk, jenis TLO ini baru bisa diklaim manfaatnya bila kondisi kendaraan tersebut sudah mencapai 75% kerusakannya. Dalam arti lain, mobil atau motor tersebut sudah ringsek tidak dapat dipakai.

Selain itu, manfaat juga bisa cair jika kendaraan mengalami pencurian. Tentu keterangan sudah dilengkapi dengan berkas-berkas pendukungnya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Oleh karena itu, jenis asuransi TLO ini memiliki besaran premi yang lebih terjangkau dari jenis all risk.

  1. Collision Coverage

Jika sahabat termasuk orang yang telaten merawat kendaraan dan bisa memastikan terhindar dari kerusakan-kerusakan ringan, jenis asuransi mobil syariah collision coverage ini sangat cocok untuk sahabat

Mengapa demikian? Karena perusahaan asuransi hanya mencairkan dana santunan saat kendaraan mengalami kecelakaan yang diakibatkan oleh pengemudi. Lebih lanjut, premi jenis asuransi ini juga yang paling rendah di antara kedua jenis di atas karena cakupan perlindungannya yang tidak terlalu luas.

Tips memilih Asuransi Kendaraan Syariah

Dewasa ini, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk perlindungan kendaraan di Indonesia. Akan tetapi, sahabat harus jeli untuk menentukan produk proteksi yang akan dipilih. Oleh karena itu, pertimbangkan empat hal ini sebelum mempunyai asuransi kendaraan syariah.

  1. Detail Proteksi yang Dibutuhkan

Pertimbangkan dengan tepat jenis proteksi seperti apa yang memang sahabat butuhkan. Sahabat bisa kembali ke poin sebelum ini untuk menyocokkan kebutuhan sahabat dengan jenis asuransi kendaraan yang ada.

  1. Nominal Premi yang Ditawarkan

Mengapa poin nomor satu menjadi penting? Karena akan berpengaruh langsung terhadap besaran premi yang akan sahabat bayarkan. Jangan sampai, sahabat membayar untuk sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan atau yang tidak terlalu sesuai.

  1. Kinerja Perusahaan Asuransi

Mengetahui kesiapan pihak yang nantinya akan membayarkan kerugian yang dialami tentu menjadi hal dasar juga. tentu mencari tahu hal ini tidak akan sulit mengingat keterbukaan informasi saat ini sudah cukup baik.

Jangan lupa untuk mengecek laporan keuangan perusahaan asuransi yang nantinya sahabat pilih produknya.

  1. Bengkel Mitra Perusahaan Asuransi

Percaya atau tidak, sebagian besar orang akan mempercayakan reparasi kendaraan pribadi mereka dengan montir yang sudah mereka percayai. Yang tentunya, keberadaan montir ini tidak mungkin ada di mana-mana.

Oleh sebab itu, pastikan informasi ini sebelum sahabat menandatangani polis asuransi kendaraan. Karena hal ini akan berlaku dalam jangka panjang.

Usai sudah artikel tentang asuransi kendaraan syariah dan tips untuk memilih produk yang tepat. Meski untuk saat ini pilihan masih lebih beragam untuk asuransi kendaraan konvensional, tetapi asuransi kendaraan syariah pun tidak berbeda secara manfaat. Justru, asuransi syariah memiliki beberapa benefit yang tidak ada pada asuransi konvensional.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Jika sahabat sedang mencari asuransi kendaraan berbasis syariah, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia menyediakan program proteksi dengan manfaat kerusakan total (Total Loss Ony), kerusakan sebagian atau seluruh kendaraan (Comprehensive) dan manfaat tambahan (banjir, huru hara, gempa bumi, tuntutan pihak ketiga), yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Referensi foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Tolong-Menolong dalam Mengantisipasi Kemungkinan Risiko

Baca sekarang

Asuransi Syariah : Konsep Berbagi Resiko (risk sharing) dan Berbagi Manfaat (benefit sharing)

Baca sekarang

Kenali Apa Itu Asuransi Umroh dan Cara Kerjanya

Ayo lirik cara kerja asuransi umroh dan pengertiannya dalam artikel ini!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu