Kilas Balik Satu Tahun Usia Bank Syariah Indonesia, Merger 3 Bank

2022-02-02 18:43:51

bank syariah Indonesia - Apakah Sahabat sedang mencoba menjalankan halal lifestyle? Jika ya, berarti Sahabat merupakan satu dari jutaan orang di Indonesia dan dunia yang juga melaksanakan gaya hidup yang tengah tren ini. Hal ini terlihat dari total konsumsi barang dan jasa halal Indonesia yang mencapai US$144 miliar di tahun 2019. Oleh sebab itu, untuk merespon tren tersebut dari sektor ekonomi, beberapa bulan lalu pemerintah mengeluarkan keputusan untuk melakukan merger 3 bank syariah di Indonesia menjadi BSI.

Yuk cari tahu tentang BSI di artikel ini!

Kemarin, tepatnya selasa 1 Februari 2022, Bank BSI genap berusia 1 tahun. Setelah sebelumnya merupakan 3 bank BUMN, yakni PT Bank BRI Syariah Tbk., PT. Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah, Bank BSI akhirnya menyelesaikan proses merger setelah proses yang cukup panjang.

Bukan tanpa alasan pemerintah mengeluarkan keputusan untuk melakukan merger ketiga bank syariah milik BUMN tersebut. Dikatakan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, tujuan pemerintah mengeluarkan keputusan tersebut tak lain dan tak bukan adalah untuk meningkatkan daya saing sistem perbankan syariah. Selain itu, Merger ketiga bank syariah milik BUMN tersebut dilakukan agar tingkat penetrasi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia meningkat bersamaan dengan besarnya skala bank syariah tersebut.

Setelah melalui proses persetujuan rancangan penggabungan, akta penggabungan, perubahan anggaran dasar, dan susunan Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas Syariah Bank Hasil Penggabungan lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), bukan berarti BSI sudah dapat beroperasi secara optimal.

Yuk, kita kilas balik lagi linimasa perjalanan Bank BSI sejak awal merger hingga rampung terintegrasi seluruhnya!

1 Februari 2021

Di hari pertamanya resmi tercatat secara hukum, BSI langsung memulai kegiatan operasionalnya.  BSI juga memulai tahap roll out integrasi operasional dan layanan.

Selain itu, BSI menyediakan 3 kantor cabang pilotnya untuk menyediakan layanan dasar. Ketiga kantor cabang pilot tersebut telah terintegrasi dengan 3 bank syariah asalnya. Ketiga kantor cabang (KC) tersebut yakni:

2 minggu pasca merger, BSI membuka lagi 15 kantor cabang yang juga telah terintegrasi dengan ketiga bank syariah asalnya untuk melakukan layanan dasar kepada nasabah.

(Baca juga: 5 Contoh Produk Bank Syariah Indonesia)

15 Februari - 20 Oktober 2021

Dalam kurun waktu inilah BSI gencar melakukan proses migrasi untuk mengintegrasikan data secara bertahap. Para nasabah Bank BNI Syariah, Bank BRI Syariah, serta Bank Syariah Mandiri yang datanya belum terintegrasi akan mendapat pemberitahuan via SMS ke nomor yang terdaftar pada bank.

Setelah mendapatkan SMS tersebut, nasabah eks ketiga bank syariah milik BUMN tersebut tidak dapat lagi menikmati layanan dari bank syariah asal. Oleh karena itu, akan lebih baik apabila segera menyelesaikan proses migrasi.

Oleh karena itu, di masa-masa inilah hampir semua kantor cabang bank BSI yang tersedia, dipenuhi oleh nasabah yang melakukan proses migrasi.

Sebagai respon atas tingginya antusiasme masyarakat untuk melakukan migrasi, BSI menerapkan sistem auto migrasi pada nasabah eks BNI Syariah.

1 November 2021

Akhirnya proses migrasi telah selesai pada 1 November 2021 dengan single system.

Dengan diterapkannya satu sistem ini, berarti bank BSI sudah bisa menyediakan semua produk dan layanan yang sebelumnya ada di tiga bank legacy.

Tidak itu saja, satu sistem ini memungkinkan BSI untuk memiliki satu core banking system, satu enterprise data, satu sandi kode bank di 451, dan satu pelaporan keuangan, di bawah nama Bank Syariah Indonesia.

(Baca juga: Promo BSI Hari Ini

Usai sudah sepintas kilas balik proses merger ketiga bank syariah milik BUMN menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Semoga informasinya bermanfaat ya.

Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Tidak cuma itu, tersedia juga kalkulator zakat untuk bantu Sahabat hitung jumlah zakat yang harus dibayar.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Foto: mwahyunz.id.

 

Artikel Lainnya

Waspadai Gejala Covid Omicron Pada Lansia dan Anak-anak

Gejala covid omicron sangat ringan! Yuk cari tahu di artikel ini biar bisa terdeteksi!
Baca sekarang

Transformasi Adira Syariah menjadi Zurich Syariah - Asuransi Umum Syariah Internasional Terbesar di Indonesia

Baca sekarang

Penandatanganan MOU dengan Baitulmal TAZKIA

Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu