Fungsi Lembaga Keuangan di Indonesia

2021-12-08 19:25:52

Fungsi lembaga keuangan - Dalam kehidupan sehari-hari, tentu manusia tidak akan terhindar dari kegiatan transaksi keuangan. Oleh sebab itu, pemerintah memfasilitasi kebutuhan tersebut dengan menghadirkan banyak lembaga keuangan. Akan tetapi, apa saja fungsi lembaga keuangan tersebut?

Cek informasinya di artikel berikut ya Sahabat!

Pengertian Lembaga Keuangan

Mari ketahui lebih dulu apa itu lembaga keuangan. Secara sederhana, lembaga keuangan bukan bank dan bank dapat diartikan sebagai lembaga yang mengelola uang yang beredar di masyarakat.

Sedangkan menurut Pasal 1 Undang-Undang No. 14 Tahun 1967, lembaga keuangan merupakan lembaga yang kegiatan utamanya yaitu menarik dana dari nasabah atau masyarakat, untuk disalurkan kembali ke masyarakat.

(Baca juga: Ini Dia Tugas dan Wewenang OJK)

Jadi, bisa dikatakan bahwa lembaga keuangan adalah badan apapun yang memiliki kegiatan terkait menarik dana dari masyarakat ataupun mengalirkan dana ke masyarakat dengan beragam tujuan.  

Fungsi Lembaga Keuangan

Keberadaan lembaga keuangan, baik nonbank ataupun bank memiliki fungsi yang signifikan dalam perekonomian Indonesia.

Setidaknya ada 5 fungsi lembaga keuangan, sebagai berikut:

  1. Semua lembaga keuangan, memiliki fungsi sebagai penyedia jasa sistem pembayaran. Beberapa contohnya ialah cek, giro, transfer uang, dan kartu kredit.
  2. Sebagai lembaga yang menyalurkan dana kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman dengan suku bunga tertentu, untuk membangun perekonomian negara.
  3. Menjadi lembaga perantara dengan mengumpulkan dana dari masyarakat dan mendistribusikannya kembali.
  4. Menerapkan ekenomi kerakyatan dengan tujuan mengatasi masalah ekonomi yang sering dihadapi oleh para pelaku usaha.
  5. Sebagai lembaga yang mengimplementasikan prinsip ekonomi. Dengan tujuan untuk mengatasi inflasi dan menambah perputaran uang

(Baca juga: Perbedaan Lembaga Keuangan dan Lembaga Keuangan Mkro)

Peran Lembaga Keuangan

Kehadiran lembaga keuangan di Indonesia, baik lembaga keuangan bank maupun nonbank memiliki peranan yang signifikan bagi perekonomian.

Oleh sebab itu, Wakalahmu berhasil merangkum setidaknya 4 poin peran lembaga keuangan, sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Budi Santoso dan Triandaru, sebagai berikut:

  1. Sarana Pengalihan Aset

Poin pertama peran lembaga keuangan baik bank maupun nonbank adalah pengalihan aset. Pengalihan aset yang dimaksud yaitu dalam bentuk pinjaman.

Dengan pemilik dana meletakkan uangnya dalam jangka waktu tertentu, lembaga keuangan bank maupun nonbank akan melakukan pengalihan aset likuid unit surplus menjadi unit defisit. Jumlah uang yang dititipkan oleh pemilik dana kepada lembaga keuangan, akan dijadikan modal oleh lembaga keuangan untuk melakukan aktivitas peminjaman, yang masa pinjamnya telah ditentukan.

(Baca juga: Akad Transaksi Keuangan yang Halal Dalam Islam)

  1. Sarana Transaksi Keuangan

Dalam upaya memenuhi kebutuhan harian, seseorang pasti tidak akan terhindar dari kegiatan transaksi. Transaksi tersebut dapat berupa barang atau jasa. Tentu agar transaksi tersebut lancar, diperlukan alat tukar berupa uang.

Di sinilah lembaga keuangan berperan. Beragam produk yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan baik bank ataupun nonbank tersebut dapat digunakan sebagai pengganti alat tukar tersebut. Beberapa produk tersebut di antaranya adalah giro, tabungan, deposito, dan saham. 

  1. Sarana Penyalur Likuiditas

Lembaga keuangan bank dan nonbank memiliki berbagai macam produk. Sebut saja seperti tabungan, deposito, giro, dan surat utang. Tentu saja, beda produk keuangan, beda pula tingkat likuiditasnya. Likuiditas sendiri secara sederhana dapat didefinisikan sebagai kemampuan individu atau lembaga untuk melunasi utang. Kemampuan melunasi utang yang dimaksud biasanya berupa mencairkan sejumlah uang tertentu.

(Baca juga: Pahami Semua Tentang OJK Secara Singkat di Sini)

Beberapa orang memilih produk keuangan yang likuiditasnya cukup besar. Sehingga, mereka kelebihan likuiditas. Di sisi lain, ada pula orang yang membutuhkan likuiditas besar, akan tetapi likuiditas produk keuangan yang dimiliki terlalu kecil.

Oleh sebab itu, inilah salah satu peran dari lembaga keuangan bank ataupun nonbank. Lembaga keuangan dapat menyalurkan likuiditas tersebut, dengan mengirimkan dana kepada yang pihak yang membutuhkan likuiditas tinggi, dengan memanfaatkan kelebihan likuiditas tadi.

  1. Sarana Efisiensi Transaksi

Dalam aspek kegiatan ekonomi, kegiatan meminjam dan meminjamkan sudah menjadi hal yang lumrah. Terlebih lagi dalam dunia bisnis. Tidak heran, banyak sekali jasa peminjaman uang tunai baik yang berbasis daring maupun luring.

Akan tetapi, ada satu permasalahan yang seringkali terjadi. Informasi yang diketahui baik peminjam maupun investor terdapat ketidaksimetrisan di dalamnya. Hal ini berujung pada tidak sebandingnya biaya dari kegiatan pinjaman tersebut, baik terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

(Baca juga: Pembahasan Asuransi Syariah yang Singkat Tapi Padat )

Oleh sebab itu, di sinilah lembaga keuangan berperan. Lembaga keuangan bank dan nonbank dapat menyediakan informasi yang tidak simetris itu tadi. Dengan demikian, biaya yang terjadi pun tidak terlalu tinggi ataupun rendah. Ditambah pula dengan ketentuan bank dan nonbank yang dapat menurunkan biaya transaksinya dengan jangkauan pelayanan.

Itu dia bahasan singkat tentang apa itu lembaga keuangan dan fungsi lembaga keuangan. Ternyata fungsi hadirnya lembaga keuangan cukup signifikan ya Sahabat.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Tidak hanya itu, tersedia juga kalkulator zakat untuk bantu Sahabat hitung jumlah zakat yang harus dibayar.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Freepik

Artikel Lainnya

Ini Dia 4 Jenis Fintech dari Semua Fintech yang Ada di Indonesia

Yuk cari tahu contoh fintech dan jenis fintech di artikel ini!
Baca sekarang

Pengertian Lembaga Keuangan dan Contohnya

Ayo cari tahu apa itu lembaga keuangan di artikel ini!
Baca sekarang

7 Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional

Kamu bisa langsung tau perbedaan bank syariah dan bank konvensional secara singkat lewat artikel ini lho. Yuk cek!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu