Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia

2021-10-11 15:53:37

Semakin dewasa seseorang, sepatutnya akan semakin sadar bahwa hidup ternyata penuh ketidakpastian. Kondisi beberapa bulan lalu di mana grafik kematian harian akibat Covid-19 sempat naik turun, menjadi indikator termudah untuk memahami bahwa kita berada dalam situasi yang tidak menentu. Lantas bagaimana cara merespon ketidakpastian tersebut? Memiliki asuransi menjadi solusi ikhtiar yang cukup tepat untuk mengontrol ketidakpastian itu. Namun, jenis asuransi apa yang sebaiknya dimiliki?

Jenis-jenis asuransi menjadi penting untuk diketahui. Pasalnya, sahabat bisa menentukan asuransi apa yang terbaik dan sesuai kebutuhan sahabat jika tahu apa saja jenis asuransi yang ada. Selain itu, mengetahui apa saja jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia akan membuat sahabat terhindar dari kesalahan informasi yang diberikan pihak lain.

Nah, apa saja kira-kira jenis-jenis asuransi yang beredar di Indonesia? Mari simak paparannya pada artikel berikut.

Dari sekian banyak produk asuransi yang beredar di Indonesia, sebenarnya hanya ada dua kategori untuk asuransi itu sendiri. Kedua asuransi tersebut ialah asuransi jiwa dan asuransi umum.

Produk Asuransi Jiwa

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan terjemahan bahasa Indonesia dari padanan kosakata life insurance dalam bahasa Inggris. Namun, sahabat pasti melihat ada sisi yang janggal dari padanan kata bahasan Indonesianya bukan? Mengapa kata life yang berarti kehidupan diterjemahkan menjadi jiwa?

Tak ayal tersebar anggapan yang tidak tepat mengenai jenis asuransi ini. Salah satunya ialah merasa didoakan cepat tutup usia saat ditawarkan jenis asuransi ini. Namun, nyatanya tidak seperti itu. Asuransi yang merupakan produk proteksi, begitupun dengan asuransi jiwa, melindungi kehidupan orang-orang tersayang yang mau tak mau ditinggalkan oleh sang pemilik polis yang rata-rata kepala keluarga, karena takdir yang sudah ditetapkan.

Jadi, pada dasarnya asuransi jiwa memproteksi kehidupan keluarga yang ditinggalkan oleh sang pemilik polis. Menjaga seluruh anggota keluarga dari penurunan gaya hidup, batalnya rencana pendidikan sang anak yang sudah direncanakan sebaik mungkin, dan memberi tambahan waktu bagi pasangan yang ditinggalkan untuk tidak memikirkan finansial di masa berkabung.

Ada tiga jenis produk dalam asuransi jiwa, yakni unit link, asuransi kesehatan, dan asuransi pendidikan.

2. Unit Link

Unit link adalah istilah untuk semua produk asuransi yang juga memiliki investasi di dalamnya. Selain itu, produk unit link memiliki nilai premi yang flat tiap tahunnya. Tidak hanya itu, pemilik polis bisa mendapat uang dari hasil investasi dalam polisnya. Akan tetapi perlu digarisbawahi, besaran uang yang terbentuk tidak pasti dan tidak dapat ditarik dalam waktu instan.

3. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan memiliki peran yang signifikan dalam menjaga cashflow seseorang, terutama saat terjadi sakit yang memakan biaya cukup besar. Cara kerja asuransi kesehatan yang melindungi pemilik polis dari biaya perawatan dan pengobatan yang mahal, menjadikan asuransi ini salah satu jenis asuransi yang harus dimiliki orang setiap orang. Mengingat kemungkinan sakit begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari manusia.

4. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah jenis asuransi yang memproteksi rencana finansial untuk pendidikan anak di masa mendatang. Mengapa rencana keuangan untuk pendidikan harus diproteksi?

Pendidikan merupakan sebuah tujuan yang dalam perealisasiannya memerlukan proses yang terbilang cukup panjang. Dalam rentang waktu yang panjang itulah, potensi ketidakpastian muncul.

Setidaknya, ada tiga ketidakpastian yang bisa memicu datangnya risiko yang tidak bisa dielakkan.

Pertama, inflasi yang menyebabkan besaran harga semua hal meningkat tiap tahunnya. Kedua, ketidakberuntungan yang kemungkinanan menimpa tiap manusia. Hal yang sering dijumpai semisal kondisi kesehatan yang memburuk hingga tutup usia di umur yang masih muda bukan tidak mungkin terjadi. Ketiga, ketidakstabilan kondisi perekonomian di Indonesia yang dapat terjadi.

Jadi, asuransi pendidikan memproteksi setidaknya tiga kemungkinan yang terjadi saat proses perealisasian rencana keuangan pendidikan itu sendiri, sehingga besaran nominal yang direncakan di awal tetap dapat direalisasikan meski tiga ketidakberuntungan tadi tetap menimpa sang pemilik polis.

Produk Asuransi Umum

1. Asuransi Properti

Dewasa ini, semakin banyak masyarakat Indonesia yang terjun ke dalam dunia investasi. Terlebih sejak pandemi, investasi saham mengalami kenaikan popularitas jika berkaca dari gencarnya konten edukasi tentang saham di media sosial, mengalahkan popularitas properti sebagai sarana investasi.

Namun, tidak berarti bahwa properti memiliki nilai yang kalah tinggi dari saham. Pada dasarnya, properti merupakan sesuatu yang riil dan keuntungannya bisa langsung dirasakan untuk waktu yang sangat lama.

Jenis properti seperti rumah, apartemen, dan ruko yang dijadikan objek investasi ataupun tidak, tentu memiliki nilai finansial yang tidak kecil. Dengan keberadaan Indonesia pada kawasan ring of fire, kemungkinan terjadinya bencana alam di negeri ini tentu semakin besar. Hal ini semakin membuat program proteksi terasa sangat penting untuk dimiliki.

Asuransi properti melindungi nilai ekonomis properti sahabat yang pasti turun saat terkena musibah atau ketidakberuntungan yang terjadi di waktu mendatang. Wakalahmu menyediakan pilihan asuransi rumah tinggal yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan sahabat dan pastinya halal, sesuai dengan syariat Islam.

2. Asuransi Kendaraan

Kondisi lalu lintas yang kurang tertata rapi di kota-kota besar di Indonesia menimbulkan banyak kerugian. Tidak heran, banyak para pengendara mengalami stress, rugi waktu dan tenaga. Hal ini semakin memperbesar tingkat risiko yang terjadi di jalan raya.

Setiap hari pun ada saja berita tentang kecelakaan, tabrakan, dan tindak kriminal di jalan raya tayang di media. Oleh karena itu, meskipun kemungkinan terjadi risiko di jalan raya tidak dapat sahabat kontrol, dengan memiliki produk asuransi kendaraan yang tepat dan sesuai kebutuhan, akan sangat efektif sebagai langkah preventif.

3. Asuransi Perjalanan

Memiliki asuransi perjalanan akan sangat melegakan khususnya jika sahabat melakukan perjalanan di Indonesia. Pasalnya, sahabat akan mendapat kompensasi yang riil saat mengalami delay keberangkatan. Tidak hanya sekedar kata mohon maaf.

Selain itu, dengan memiliki asuransi perjalanan, sahabat akan sedikit lebih tenang saat terjadi ketidakberuntungan di tengah-tengah perjalanan, seperti halnya kehilangan uang atau dokumen, pembatalan, ataupun kerusakan barang bawaan. Bahkan beberapa negara melarang turis masuk ke negara mereka jika tidak memiliki asuransi perjalanan.

Itu dia paparan singkat mengenai jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia. Semoga informasinya dapat membantu sahabat ya.

Jika sahabat sedang mencari produk asuransi rumah tinggal, kendaraan, dan perjalanan yang tidak hanya bagus tetapi juga halal, Wakalahmu bisa menjadi solusinya.

Sebagai marketplace khusus asuransi syariah pertama di Indonesia, Wakalahmu menyediakan banyak pilihan produk asuransi yang terbaik dan halal.

Artikel Lainnya

Hukum Asuransi Syariah dalam Islam yang Sering Dilewatkan

Bagaimana sebenarnya hukum asuransi syariah dalam Islam? Halal atau haram? Baca artikel ini untuk tahu detailnya.
Baca sekarang

Hukum Asuransi Syariah dalam Islam

Hukum Asuransi Syariah adalah HALAL sepanjang dilaksanakan sesuai Akad-Akad yang telah ditentukan dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI
Baca sekarang

Pengertian Prinsip Tauhid dalam Asuransi Syariah

Ayo cari tahu pengertian tauhid dalam asuransi syariah bareng artikel ini!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu