Pakai Lifestyle Hemat Ala Orang Jepang Ini, Tabunganmu Auto Naik 35%!

24 Nov 2022

tips menabung - Apakah menabung sulit? Tentu jawabannya beragam. Bisa jadi sulit, bisa juga mudah. Kondisi dan kebiasaan seseorang menjadi dua hal yang pada umumnya jadi faktor penentu. Tetapi, bagaimanapun kondisi Sahabat, recommended banget untuk lihat cara yang digunakan orang Jepang untuk menabung.

Kenapa ya kira-kira? Yuk, cari jawabannya di bawah!

Tips Menabung Bagi yang Serba Ngepas Ala Jepang

Jepang adalah sebuah negara yang warganya terkenal memiliki sifat tekun. Negara matahari terbit ini memiliki luas wilayah yang tidak terlalu besar. Meski begitu, Jepang juga memiliki masalah yang sama dengan negara yang wilayahnya besar, yakni tidak meratanya persebaran penduduk.

Penduduk Jepang terpusat di kota-kota besar. Hal ini membuat harga sewa tempat tinggal menjadi sangat tinggi untuk satu kamar yang relatif sempit. Ditambah lagi, pengeluaran untuk kendaraan di Jepang sangat tidak murah.

Oleh sebab itu, kondisi yang cukup menantang tersebut membuat masyarakat Jepang memiliki cara sederhana namun efektif dalam melakukan penghematan. Apa saja langkah-langkahnya?

Ini dia 6 tips menabung dan hidup hemat ala warga Jepang:

  1. Teknik Kakeibo

Tips menabung ala orang Jepang yang pertama adalah menerapkan kakeibo. Beberapa Sahabat bisa jadi sudah familiar dengan istilah ini.

Ya, tepat sekali. Kakeibo adalah teknik menabung dengan menggunakan amplop sebagai tempat menyimpan pengeluaran yang telah ditentukan lebih dulu besarannya.

Jadi, sebelum uang dimasukkan ke dalam amplop, Sahabat menentukan lebih dulu pengeluaran rutin tiap bulannya setelah gajian atau di awal bulan.

Buat beberapa kategori seperti kebutuhan pokok (makan, belanja bahan pokok, transportasi, biaya sekolah, listrik, air, dll), cicilan (cicilan rumah, kendaraan, barang berharga), hiburan (biaya langganan streaming, jalan-jalan, buku, majalah, pergi ke bioskop), serta kebutuhan tidak terduga (biaya servis barang, kondangan, kado ulang tahun).

Setelah itu, tentukan jumlah uang yang ingin Sahabat tabung tiap bulannya. Akan lebih baik lagi bila Sahabat sudah memiliki tujuan saat menabung, sehingga akan ada alasan apabila Sahabat ingin mengambil uang yang telah terkumpul dalam amplop tabungan.

Setelah memasukkan uang ke dalam masing-masing amplop yang berisi kategori yang telah ditentukan. Sahabat tetap wajib mencatat pengeluaran dari setiap amplop.

Dengan demikian, pengeluaran lebih bisa Sahabat kontrol karena tahu apa saja yang dibelanjakan. Selain itu, mencatat pengeluaran juga bisa mencegah Sahabat kehabisan uang di amplop tertentu dan mengambil uang dari amplop yang lain.

Pasalnya, penggunaan amplop diyakini secara psikologis menghadirkan efek yang membuat kita sedikit enggan menggunakan dana diluar yang telah dibujeti.

  1. Pakai transportasi umum

Tips menabung ala orang Jepang yang kedua adalah menggunakan transportasi umum. Tidak bisa dipungkiri, meski biaya transportasi pribadi di Jepang mahal, pemerintah Jepang memfasilitasi transportasi publiknya dengan sangat baik.

Sebut saja seperti jadwal pemberangkatan transportasi yang sangat sesuai jadwal serta kecanggihan fasilitas yang memudahkan dan mempercepat semua penggunanya, termasuk untuk penyandang disabilitas.

Di Indonesia sendiri, terutama di beberapa kota besar sudah memiliki transportasi umum yang cukup baik dan lengkap.

Dengan begitu, Sahabat bisa langsung mencoba tips ini. Selain karena bisa menghemat pengeluaran, Sahabat juga bisa menghemat waktu dan tenaga yang dihabiskan untuk mengendarai kendaraan, melewati kemacetan, serta mencari tempat parkir.

  1. Bawa bekal dari rumah

Selain bisa menghemat pengeluaran, Sahabat juga menjalankan pola hidup sehat di waktu yang bersamaan.

Tentu karena dengan membawa bekal dari rumah, Sahabat bisa mengontrol kandungan apa yang Sahabat masukkan ke dalam tubuh Sahabat.

Meski dewasa ini banyak sekali restoran dan tempat makan yang menyediakan menu murah dan lezat, tetap saja akan membuat efek yang signifikan mengingat jumlah tersebut dikalikan dengan intensitas makan Sahabat.

Jika merasa enggan untuk repot memasak bekal, saat ini sudah banyak resep yang cepat namun enak yang bisa mudah dicari di platform streaming lho Sahabat.

  1. Tinggal di rumah yang sesuai dengan jumlah penghuni

Tips menabung selanjutnya adalah menyewa kamar yang sesuai dengan jumlah penghuni.

Apabila Sahabat pernah melihat tempat tinggal orang-orang Jepang di kota besar, tentu tidak jarang yang Sahabat temukan adalah tempat tinggal minimalis yang cukup sempit bila dibandingkan dengan luas apartemen 1 kamar di Indonesia.

Selain karena harga lahan yang mahal karena ketersediaannya yang sedikit, orang Jepang pada umumnya percaya bahwa mereka harus menjaga dan membersihkan barang-barang yang mereka miliki, sehingga rumah minimalis seperti itu sangat tepat untuk mereka.

Tidak hanya itu, orang Jepang pun jarang memiliki banyak perabot yang tidak terlalu dibutuhkan, kecuali untuk keperluan hobi.

Dengan menerapkan tips ini, tidak hanya memangkas biaya sewa, Sahabat pun menghemat biaya dan tenaga untuk bersih-bersih.

  1. Bawa botol minum

Membawa botol minum jadi tips menabung selanjutnya yang biasa dilakukan orang Jepang.

Tidak perlu botol minum ukuran liter karena terlalu berat dan besar sehingga Sahabat enggan membawanya saat bekerja atau beraktifitas. Cukup botol ukuran yang menurut Sahabat cukup dan nyaman untuk dibawa.

Dengan demikian, Sahabat bisa mengalokasikan belasan ribu rupiah untuk membeli 3-4 botol minum kemasan tadi untuk keperluan lain yang lebih pokok.

  1. Buat daftar sebelum belanja

Tips menabung terakhir ialah selalu membuat daftar belanja sebelum ke tempat-tempat belanja.

Bukan tanpa alasan, cara ini dapat memudahkan Sahabat untuk mengontrol diri membeli barang hanya yang diperlukan saja.

Selain itu, gunakan pula keranjang belanja yang tidak terlalu besar. Ini juga cukup berpengaruh secara psikologis bahwa barang yang bisa Sahabat beli tidak terlalu banyak, sehingga yang dibeli hanya yang memang butuh saja.

Selain untuk tujuan penghematan, mencatat yang dibutuhkan sebelum belanja mencegah Sahabat lupa membeli bahan-bahan yang memang dibutuhkan.

Tentu akan menyebalkan bila harus kembali ke tempat belanja yang cukup jauh dari rumah hanya untuk membeli satu dua barang yang terlupa.

Usai sudah informasi tentang tips menabung ala orang Jepang yang mudah untuk diikuti. Semoga infonya bermanfaat ya.

Bila Sahabat telah memenuhi syarat wajib umrah dan berencana melakukan umrah dalam waktu dekat, maka umrah ini bisa jadi solusinya!

Lagi cari info tentang asuransi syariah? Jangan bingung cari sumber yang kredibel, karena Wakalahmu menyediakan artikel-artikel yang bisa membantu Sahabat mengerti asuransi syariah secara singkat.

Atau sedang lihat-lihat contoh produk asuransi syariah? Pas banget! Sahabat bisa klik di sini untuk lihat beragam produk asuransi syariah yang ada di marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia!

Sahabat juga bisa kunjungi fitur kalkulator zakat untuk hitung jumlah zakat yang harus dibayar tanpa ribet.

Jadi, yuk cek Wakalahmu sekarang

Foto: Freepik.com

Coba produk Wakalahmu


Asuransi Kendaraan Syariah

Solusi yang baik untuk melindungi kendaraan Anda
Lihat

Asuransi Perjalanan Syariah

Solusi yang baik untuk memberikan rasa tenang dalam perjalanan Anda
Lihat

Asuransi Kecelakaan Diri Syariah PLUS

Solusi yang baik untuk memberikan rasa aman dalam beraktifitas di masa Pandemi
Lihat

Mu’awanah Kebajikan

Solusi untuk mengoptimalkan kebaikan Anda
Lihat

Asuransi Rumah Tinggal Syariah

Solusi yang baik untuk perlindungan rumah tinggal Anda
Lihat

Artikel Lainnya

Selain Terkenal, Drama Korea Ini Ungkap Sisi Lain Dunia Asuransi. Ada Yang Masuk Watchlist Kamu?

Rekomendasi drama korea - Setelah lelah bekerja ataupun untuk mengisi waktu luang, kegiatan yang bisa dilakukan dan cukup mengasyikkan adalah...
Baca sekarang

3 Rekomendasi Film tentang Finansial yang Membuka Mata dan Perspektif Sahabat

Rekomendasi film - Cara belajar yang terbaik adalah dengan cara yang menyenangkan. Salah satunya adalah dengan tayangan yang berkualitas. Bagi...
Baca sekarang

5 Influencer Keuangan Syariah dan Konvensional Ini Bikin Lebih Melek Soal Finansial!

influencer keuangan - Apakah orang yang mempunyai utang menggunung masih bisa menabung? Bila Sahabat pernah memiliki pertanyaan seperti itu, maka...
Baca sekarang

Pakai Lifestyle Hemat Ala Orang Jepang Ini, Tabunganmu Auto Naik 35%!

tips menabung - Apakah menabung sulit? Tentu jawabannya beragam. Bisa jadi sulit, bisa juga mudah. Kondisi dan kebiasaan seseorang menjadi...
Baca sekarang

Sambut Hari Asuransi Nasional, Lihat-Lihat Mitos di Dunia Asuransi Yuk!

Asuransi syariah - 7 hari lalu, tepatnya tanggal 18 Oktober 2022 adalah hari yang cukup bermakna bagi penggiat industri keuangan....
Baca sekarang

Kerap Jadi Pilihan Wisata Religi, Ini Dia Beda Umrah Dengan Haji

perbedaan antara haji dan umrah adalah - Haji dan umrah adalah ibadah yang hanya dapat dilaksanakan di tanah suci Mekkah...
Baca sekarang

Ini Dia Alasan Wajib Tunaikan Zakat Mal

dalil zakat mal - Dalil zakat mal adalah hal yang menjadi dasar acuan bagi umat Islam di seluruh dunia dalam...
Baca sekarang

Masih Satu Outlet, Apa Perbedaan Pegadaian Syariah dan Konvensional?

perbedaan pegadaian syariah dan konvensional - Meski masih berasal dari satu badan usaha, ada perbedaan pegadaian syariah dan konvensional. Bahkan,...
Baca sekarang

PROMO UMROH 1444 H BERSAMA SARANA UMRAH HAJJ - INSYA ALLAH UMROH

  Assalamualaikum Wr Wb, Sahabat Wakalahmu, Yuk ajak kerluarga dan teman2  mengikuti Program Umroh Plus Wisata bersama Sarana Umrah Hajj....
Baca sekarang



Kontak WA Wakalahmu