4 Manfaat Lebih Asuransi Kendaraan Syariah

2021-10-28 14:52:44

Manfaat Asuransi Kendaraan Syariah - Transportasi menjadi aspek krusial dalam hidup. Pasalnya, hampir semua kegiatan sehari-hari manusia melibatkan transportasi. Seperti pergi ke tempat kerja, melakukan rekreasi, belanja dengan keluarga, atau sesimpel mencari udara segar dengan mengitari lingkungan sekitar rumah. Oleh karena itu, perawatan dan keamanan alat transportasi pribadi patut dijadikan perhatian.

Meski manusia memiliki total waktu 24 jam dalam satu hari, tidak mungkin keseluruhan waktu tersebut digunakan untuk merawat dan menjaga keamanan kendaraan kita. sehingga sangat mungkin ketidakberuntungan terjadi pada motor atau mobil yang kita miliki. Oleh sebab itu, memiliki asuransi kendaraan syariah bisa menjadi salah satu solusinya. Mengapa syariah, meski untuk saat ini pilihan produk lebih banyak yang konvensional?

Simak terus artikelnya ya sahabat!

Pengertian Asuransi Kendaraan Syariah

Sebelum mulai membahas manfaat, mari kenal lebih dulu dengan pengertiannya. Asuransi kendaraan syariah adalah program perlindungan kendaraan bermotor baik mobil atau motor dari risiko kerusakan. Kerusakan tersebut disebabkan oleh tabrakan, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, dan kebarakan. Program proteksi ini dijalankan dengan aturan yang sesuai dengan kaidah agama Islam.

Jenis Asuransi Kendaraan Syariah

Asuransi kendaraan baik asuransi mobil syariah atau motor merupakan produk dari asuransi umum. Karena pada dasarnya, semua produk asuransi yang beredar di Indonesia hanya dua yaitu asuransi umum dan asuransi jiwa.

Berdasarkan persentase risiko yang dilindungi, asuransi kendaraan terdiri dari tiga jenis:

  1. Collision Coverage

Jika sahabat termasuk orang yang telaten merawat kendaraan dan bisa memastikan terhindar dari kerusakan-kerusakan ringan, jenis asuransi mobil syariah collision coverage ini sangat cocok untuk sahabat

Mengapa demikian? Karena perusahaan asuransi hanya mencairkan dana santunan saat kendaraan mengalami kecelakaan yang diakibatkan oleh pengemudi. Lebih lanjut, premi jenis asuransi ini juga yang paling rendah di antara kedua jenis di atas karena cakupan perlindungannya yang tidak terlalu luas.

  1. Total Loss Only (TLO)

Berbeda dengan all risk, jenis TLO ini baru bisa diklaim manfaatnya bila kondisi kendaraan tersebut sudah mencapai 75% kerusakannya. Dalam arti lain, mobil atau motor tersebut sudah ringsek tidak dapat dipakai.

Selain itu, manfaat juga bisa cair jika kendaraan mengalami pencurian. Tentu keterangan sudah dilengkapi dengan berkas-berkas pendukungnya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Oleh karena itu, jenis asuransi TLO ini memiliki besaran premi yang lebih terjangkau dari jenis all risk.

  1. Comprehensive

Sesuai dengan namanya, asuransi mobil ini merupakan jenis perlindungan mobil atau motor terlengkap. Pasalnya, kriteria risiko yang ditanggung mulai dari kerusakan kecil, sedang, dan besar. Mulai dari baretan di mobil, penyok pada badan kendaraan, hingga tabrakan dan kehilangan unit kendaraan.

Namun tentu saja, jenis proteksi ini memiliki biaya premi yang paling tinggi di antara jenis proteksi lainnya. Biasanya, asuransi all risk banyak dimiliki oleh mobil atau motor baru.

Manfaat Asuransi Kendaraan Syariah

Setelah membahas pengertian dan jenisnya, pasti Sahabat ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat asuransi kendaraan syariah dibanding dengan produk konvensional.  Setidaknya ada empat poin manfaat yang ada di asuransi kendaraan syariah tetapi tidak ada di asuransi kendaraan konvensional.

  1. Lebih aman

Perusahaan asuransi konvensional mendapat pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam kegiatan operasionalnya agar tetap aman. Namun, perusahaan asuransi kendaraan syariah tidak hanya diawasi oleh OJK. Perusahaan asuransi syariah diawasi juga oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang merupakan representative dari Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI. Sehingga, bisa dipastikan secara perusahaan, asuransi syariah lebih aman karena mendapatkan lebih banyak pengawasan dan tentunya juga lebih ketat.

  1. Bebas riba

Jika selama ini Sahabat merasa resah dan tidak nyaman karena produk keuangan yang dimiliki masih mengandung riba, tentu memiliki asuransi kendaraan syariah bisa menambah ketenangan. Pasalnya, dengan akad tolong menolong yang diterapkan oleh asuransi kendaraan syariah, unsur riba dalam asuransi menjadi tidak ada.

Berbeda dengan asuransi kendaraan konvensional yang akad atau perjanjiannya adalah transaksi jual beli.

  1. Lebih untung

Karena asuransi kendaraan syariah memakai prinsip yang sesuai dengan kaidah agama Islam dalam kegiatan operasionalnya, muncullah manfaat ini yang tidak akan Sahabat temui di produk asuransi kendaraan konvensional. Kok bisa ya?

Karena dalam asuransi kendaraan syariah, apabila tidak klaim di tahun berjalan, peserta asuransi akan menikmati sisa dana sosial yang digunakan untuk membayar klaim. Sisa uang tersebut pun langsung masuk rekening pribadi para peserta asuransi yang persentasenya disesuaikan.

Hal ini terjadi, karena dalam asuransi kendaraan syariah, peserta asuransilah yang menjadi pemilik seluruh dana premia tau kontribusi yang dibayarkan. Oleh sebab itu, sebagai pemilik, tentu jika ada kelebihan atau sisa dana, akan menerima jumlah dana tersebut.

  1. Lebih transparan

Keuntungan ini ada karena kembali dikarenakan oleh prinsip syariah yang digunakakan. Peserta asuransi sebagai pemilik dana sosial, tentu harus tahu kemana saja dananya dikelola dan berapa besarannya. Tidak berhenti di situ, aksesnya juga harus dipermudah.

Ini juga aspek yang ikut diawasi oleh DPS tadi. Perusahaan asuransi syariah harus memastikan laporan keuangannya terbuka untuk publik dan mudah untuk dijangkau. Sehingga, peserta asuransi bisa mengerti asal kelebihan untung yang dibahas poin di atas bersumber.

Usai sudah pembahasan tentang asuransi kendaraan syariah baik asuransi mobil ataupun motor pada artikel kali ini. Selain terjamin kehalalannya, ternyata masih banyak lagi keuntungan memiliki produk proteksi kendaraan yang syariah ya Sahabat.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Jika sahabat sedang mencari asuransi kendaraan berbasis syariah, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia menyediakan program proteksi dengan manfaat kerusakan total (Total Loss Ony), kerusakan sebagian atau seluruh kendaraan (Comprehensive) dan manfaat tambahan (banjir, huru hara, gempa bumi, tuntutan pihak ketiga), yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Referensi foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Asuransi Syariah : Konsep Berbagi Resiko (risk sharing) dan Berbagi Manfaat (benefit sharing)

Baca sekarang

Mengenal Pengertian Asuransi Syariah

Asuransi syariah adalah program proteksi yang didasari oleh niat untuk membantu dan saling melindungi sesama peserta. Sejumlah dana yang telah terkumpul (dana tabarru) akan dikelola dengan prinsip yang sesuai dengan aturan dalam Islam. Dana itulah yang nantinya dipergunakan sebagai hibah/hadiah saat di antara para peserta mengalami risiko yang tidak diinginkan tersebut
Baca sekarang

Fatwa DSN MUI Tentang Asuransi Syariah (Nomor 21 Tahun 2001)

Mari cari tahu selengkapnya tentang fatwa DSN MUI tentang asuransi syariah di sini ya Sahabat!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu