5 Manfaat Asuransi Jiwa yang Jarang Orang Tahu

2021-10-18 09:50:52

manfaat asuransi jiwa - Sahabat pasti pernah mendengar istilah asuransi. Namun, apakah sahabat sudah mengetahui pengertian dan manfaat dari asuransi khususnya manfaat asuransi jiwa? Atau sahabat termasuk orang yang memiliki pendapat kurang positif terhadap asuransi?

Pada dasarnya, asuransi termasuk manajemen risiko pribadi. Bagaimana cara kerjanya? Asuransi memproteksi tabungan dan aset sahabat dari berbagai kemungkinan yang bisa menguras paksa tabungan dan aset itu sendiri. Kemungkinan tersebut berupa musibah yang bisa terjadi di hari esok, seperti sakit, kecelakaan, disabilitas, dan meninggal dunia. Oleh karena itu, bagi setiap orang yang telah memiliki penghasilan, memiliki asuransi menjadi penting.

Secara garis besar, asuransi sendiri terdiri dari dua jenis, yakni asuransi umum dan asuransi jiwa. Keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk memproteksi tabungan dan aset. Namun kali ini, Wakalahmu akan membahas lebih lengkap mengenai asuransi jiwa.

Secara sederhana, asuransi jiwa adalah asuransi yang memberi perlindungan finansial terhadap kehidupan anggota keluarga yang ditinggal tutup usia oleh sang pemilik polis yang rata-rata menjadi tulang punggung keluarga. Untuk tahu lebih lengkap tentang asuransi jiwa silakan klik ini ya.

Selain itu, kinerja industri asuransi jiwa tercatat naik menurut data kuartal keempat yang dirilis Asosiasi Asuranasi Jiwa di Indonesia (AAJI). Kenaikan terjadi dalam aspek pendapatan, pendapatan premi, hasil investasi dan pembayaran klaim dan manfaat kepada nasabah. 

lantas, apa saja manfaat asuransi jiwa? Ikuti artikel ini hingga akhir ya sahabat!

Manfaat Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa tidak melulu berfokus pada kematian seseorang. Justru, seseorang bisa mengontrol ketidakpastian yang terjadi saat dirinya tutup usia, dengan manfaat asuransi jiwa di bawah ini:

  1. Keberlangsungan hidup keluarga terjamin secara finansial

Tutup usia merupakan suatu hal yang pasti. Bahkan, ada anggapan orang tersebut tidak hidup jika tidak bisa mati. Sehingga, kematian menjadi sesuatu yang tidak bisa dikontrol oleh manusia.

Oleh sebab itu, mari coba fokus pada hal yang bisa dikontrol. Semisal persoalan finansial keluarga atau orang tersayang yang tetap memiliki kehidupan meski sang kepala keluarga atau pencari nafkah telah tiada.

Di sinilah peran asuransi jiwa bermain, terutama bagi sahabat yang menjadi tulang punggung atau pencari nafkah. Meskipun perasaan duka tidak dapat tergantikan, aspek finansial yang sebagaimana kita tahu menjadi salah satu penopang kestabilan hidup, bisa tetap seperti biasa meski sang kepala keluarga telah tutup usia.

  1. Membuat utang otomatis lunas

Di zaman sekarang, rasanya konsep cicilan sudah sangat dekat dengan kehidupan. Terutama saat dibentrokan dengan kebutuhan di saat kondisi budget belum memadai. Sebut saja kebutuhan papan atau tempat tinggal.

Memiliki tempat tinggal merupakan sebuah tujuan yang memerlukan proses bagi mayoritas masyarakat di Indonesia. Bukan tahunan, proses yang dibutuhkan bisa memakan waktu hingga belasan bahkan puluhan tahun. Di rentang waktu yang sangat lama itulah kemungkinan ketidakberuntungan terjadi menjadi mungkin.

Asuransi jiwa syariah ataupun konvensional menjadi berguna saat terjadi risiko kematian terhadap orang yang masih memiliki cicilan rumah. Pasalnya, rumah yang statusnya masih wajib dicicil bisa menjadi lunas karena sisa cicilannya dibayarkan oleh asuransi jiwa yang dimiliki. Sehingga, beban utang yang hampir menjadi tanggungan anak atau pasangan bisa dialihkan atau dibagi dengan pihak lain dan tidak terkena mereka.

  1. Cara termurah dan tercepat memiliki uang tunai

Asuransi jiwa dari semua perusahaan asuransi, akan mengeluarkan sejumlah besar uang saat pemilik polis tutup usia. Berapa nominal pasti dari sejumlah besar tadi? Tergantung dengan kebutuhan individu. Bisa mencapai angka ratusan juta bahkan hingga sepuluh miliar rupiah.

Kapan uang tersebut dapat cair? Tentu saat pemegang polis terkena risiko kematian. Karena memang peruntukkan uang asuransi jiwa memang bukan untuk pemegang polis, namun untuk keluarga.

Apa dengan begitu berarti pemilik polis rugi karena tidak bisa menikmati uang asuransinya? Jelas tidak. Justru, si pemilik polis sangat terbantu dengan memiliki asuransi jiwa. Mengapa? Karena hanya dengan membayar premi yang totalnya rata-rata hanya 10% dari uang asuransi jiwa, semisal 3 miliar, sudah memiliki 3 miliar tersebut. Uang tersebut pun dapat cair kapanpun, saat pemilik polis terkena risiko. Karena dalam asuransi jiwa, manfaat uang bisa cair kapanpun tanpa masa tunggu.

  1. Uang Pensiun

Jika sahabat saat ini sedang mempersiapkan dana untuk masa pension nanti, memiliki asuransi jiwa tentu jadi pilihan lebih aman. Mengapa? Karena jika memiliki produk asuransi jiwa dwiguna dan unit link, sahabat bisa mengambil uang yang terbentuk dalam polis sahabat. Sehingga, selain diproteksi, sahabat pun bisa menabung untuk keperluan dana pensiun sahabat melalui polis asuransi jiwa.

  1. Memberi ketenangan pikiran dan rasa aman

Situasi satu tahun ke belakang cukup mengajarkan kita untuk menyadari bahwa kondisi kehidupan selalu tidak menentu. Semua aspek kehidupan mulai dari ekonomi, kesehatan, pendidikan, gaya hidup mengalami penyesuaian agar bisa bertahan dalam situasi genting sejak tahun lalu.

Bagaimana dengan kemungkinan yang pasti dihadapi manusia seperti sakit dan kematian? Meskipun kedua hal itu pasti, tetapi tidak ada yang mengetahui pasti waktu terjadinya kemungkinan tersebut. Sehingga, saat hal ini terlintas dalam pikiran, muncul keresahan kecil yang bisa saja terus kepikiran.

Oleh karena itu, dengan memiliki asuransi jiwa yang sudah menjamin kondisi finansial saat terjadi risiko tersebut, saat hal ini terlintas lagi dalam pikiran, kita bisa merasa sedikit lega dan tenang, karena solusi dari keresahan tadi telah ada, yakni dengan asuransi jiwa itu tadi.

Meskipun asuransi jiwa memiliki manfaat yang banyak, tetapi bisa saja manfaat asuransi jiwa tersebut tidak bisa dirasakan maksimal oleh sahabat. Oleh karena itu, pastikan nilai uang yang cair dari asuransi jiwa sahabat telah sesuai dengan pengeluaran gaya hidup sahabat masing-masing ya, supaya tidak under-insured.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Referensi foto : Crello.com

Artikel Lainnya

Peran Underwriting dalam Asuransi Kesehatan

Ada satu posisi penting namun tak banyak diketahui dalam sektor keuangan. Itulah underwriting asuransi. Cari tahu lebih di artikel ini ya!
Baca sekarang

Manfaat dan Tips Memilih Asuransi Perjalanan Syariah

Persiapan jalan-jalan sudah selesai, tetapi masih bingung pilih asuransi perjalanan yang mana? Cek tips berikut ya sahabat!
Baca sekarang

Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia

Jenis-jenis asuransi menjadi penting untuk diketahui. Pasalnya, sahabat bisa menentukan asuransi apa yang terbaik dan sesuai kebutuhan sahabat jika tahu apa saja jenis asuransi yang ada. Selain itu, mengetahui apa saja jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia akan membuat sahabat terhindar dari kesalahan informasi yang diberikan pihak lain.
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu