Fatwa DSN MUI Tentang Asuransi Syariah (Nomor 21 Tahun 2001)

29 Nov 2021

fatwa DSN MUI tentang asuransi syariah - Ada banyak pertimbangan bagi seseorang untuk menentukan barang dan layanan jasa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Salah satunya ialah faktor keamanan. Akan tetapi, bagi Sahabat yang memeluk agama Islam, tentu tidak berhenti sampai di situ. Kehalalan barang dan jasa yang digunakan sebisa mungkin pun wajib terjaga. Termasuk pula aspek jasa keuangan yang digunakan, semisal asuransi.

Mengetahui adanya keresahan yang dirasakan banyak umat Muslim, MUI sebagai lembaga yang memiliki wewenang dalam memastikan kehalalan barang dan jasa yang beredar di pasar Indonesia mengeluarkan fatwa terkait asuransi syariah melalui Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI. Lalu, bagaimana peran fatwa tersebut dalam menjaga kehalalan produk keuangan khususnya asuransi syariah?

Ikuti artikel berikut ya Sahabat!

Apa itu Asuransi Syariah

Sebelum memulai lebih jauh, ada baiknya mengetahui lebih dulu apa itu asuransi syariah. Singkatnya, asuransi syariah dapat dipahami sebagai sebuah program perlindungan diri dari risiko yang terjadi dalam hidup. Risiko tersebut tentu beragam, seperti halnya sakit, kecelakaan, meninggal, dan kerugian material lain.

(Baca juga: Jenis Risiko dalam Kehidupan)

Dalam pelaksanaannya, asuransi syariah berlandaskan pada aturan yang diperbolehkan dalam agama Islam. Sehingga, Sahabat akan terbebas dari riba, gharar, dan maisir apabila memiliki produk asuransi syariah.

Hal ini sesuai dengan ketentuan umum dalam fatwa Dewan Syari'ah Nasional No. 21 Tahun 2001 tentang pedoman umum asuransi syari’ah.

Prinsip Dasar Asuransi  

Karena asuransi syariah berlandaskan pada aturan hukum Islam, tentu prinsip-prinsipnya pun bebas dari hal yang diharamkan seperti riba, gharar atau ketidakpastian, dan maisir atau judi.

Hal ini sejalan dengan ketentuan dalam fatwa DSN MUI No.21 Tahun 2001 tentang asuransi syariah yang menyatakan dalam poin pertimbangan bahwa aktifitas asuransi syariah wajib sejalan dengan prinsip-prinsip syariah.

(Baca juga: Prinsip yang Berlaku dalam Asuransi Syariah)

Implementasi Fatwa MUI dalam Asuransi Syariah

Cara kerja asuransi syariah tentunya menggambarkan implementasi hukum Islam yang telah disarikan nilai pokoknya oleh MUI dalam bentuk fatwa. Oleh karena itu, penerapan ketentuan dalam Fatwa DSN MUI No 21 Tahun 2001 tentang asuransi syariah dapat terlihat pada aspek di bawah ini:

  1. Lembaga Pengawas

Perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi syariah tentu mendapatkan pengawasan. Namun, pengawasan yang didapat oleh perusahaan yang menyediakan asuransi syariah tidak hanya dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk memastikan kesyariahannya, Dewan Syariah Nasional MUI turut andil dalam proses pengawasan. Dewan Pengawas Syariah (DPS) ditempatkan di tiap perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi syariah, sebagai perwakilan dari MUI.

Hal ini sesuai dengan pernyataan yang tertera pada poin 11 ketentuan tambahan dalam fatwa DSN MUI tentang asuransi syariah.

(Baca juga: Tugas Dewan Pengawas Syariah)

  1. Sistematika Investasi

Hak untuk mengelola dana tabarru yang terkumpul tetap dimiliki oleh perusahaan asuransi syariah. Hal tersebut karena adanya akad wakalah bil ujrah dalam asuransi syariah.

Tidak berhenti di situ, syariat Islam yang diterapkan selanjutnya juga dapat dilihat pada instrumen investasi yang dipilih. Tentu instrumen yang dipilih hanya yang dihalalkan dalam hukum Islam, seperti bukan pada industri yang diharamkan oleh syariat Islam.

Selain itu, pembagian keuntungan dari kegiatan investasi pun menggunakan sistem bagi hasil.

Hal ini sesuai pada pernyataan poin kedelapan dan kesepuluh tentang investasi dan pengelolaan dalam fatwa DSN MUI tentang asuransi syariah.

Itu dia sekilas pembahasan mengenai fatwa DSN MUI tentang asuransi syariah dan contoh implementasinya. Bagaimana Sahabat? Semoga Sahabat tidak lagi ragu untuk memiliki program proteksi berbasis syariah ya.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Foto: Freepik.com

Coba produk Wakalahmu


Asuransi Kendaraan Syariah

Solusi yang baik untuk melindungi kendaraan Anda
Lihat

Asuransi Perjalanan Syariah

Solusi yang baik untuk memberikan rasa tenang dalam perjalanan Anda
Lihat

Asuransi Kecelakaan Diri Syariah PLUS

Solusi yang baik untuk memberikan rasa aman dalam beraktifitas di masa Pandemi
Lihat

Mu’awanah Kebajikan

Solusi untuk mengoptimalkan kebaikan Anda
Lihat

Asuransi Rumah Tinggal Syariah

Solusi yang baik untuk perlindungan rumah tinggal Anda
Lihat

Artikel Lainnya

Waktu Sholat Tahajud Terbaik + Tata Cara, Niat, dan Doa Sholat Tahajud

waktu sholat tahajud - Waktu sholat tahajud mesti diketahui apabila Sahabat memiliki niat untuk melaksanakan ibadah sunah yang satu ini....
Baca sekarang

Kenapa Zakat Fitrah Wajib? Ternyata Ini Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah

tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah - Sebagai seorang Muslim, mengetahui tujuan mengeluarkan zakat fitrah rasanya perlu untuk dilakukan. Pasalnya, dengan...
Baca sekarang

Gak Hanya Istilah, Ini Dia 10 Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional

perbedaan bank syariah dan bank konvensional - Tidak hanya istilah yang dipakai, perbedaan bank syariah dan bank konvensional ada banyak...
Baca sekarang

Pengertian Dana Tabarru, Istilah yang Bikin Asuransi Syariah jadi Boleh

Dana tabarru adalah - Dana tabarru adalah hal yang wajib diperhatikan dan diketahui ketika akan membeli produk asuransi syariah. Pasalnya,...
Baca sekarang

Peristiwa Luar Biasa dalam Peradaban Islam yang Terjadi di Bulan Dzulhijjah

Dzulhijjah - Bulan Dzulhijjah adalah salah satu bulan yang cukup penting dalam sejarah Islam. Pasalnya, bulan Dzulhijjah menjadi latar berbagai...
Baca sekarang

Asuransi di Mata Ustadz Abdul Somad, Adi Hidayat, Khalid Basalamah, Buya Yahya. Cek di Sini!

hukum asuransi dalam islam - Hukum asuransi dalam Islam adalah hal penting dan mendasar untuk diketahui. Pasalnya, akan berbahaya apabila...
Baca sekarang

Qurban Pelosok Negeri

[Satu klik untuk penyaluran qurban terbaik] Idul Adha sudah tak lagi lama. Jika Sahabat merayakannya dengan berkurban, tentu harus segera...
Baca sekarang

Syarat-Syarat Hewan Kurban yang Sesuai Syariat Islam

syarat hewan kurban - Syarat hewan kurban menjadi penting diketahui sebelum membeli hewan kurban. Pasalnya, jika ternyata kondisi hewan kurban...
Baca sekarang

Doa Menyembelih Hewan Kurban Untuk Orang Lain Dan Diri Sendiri

doa menyembelih hewan kurban untuk orang lain - Mengetahui doa menyembelih hewan kurban untuk orang lain dan diri sendiri adalah...
Baca sekarang



Kontak WA Wakalahmu