10 Jenis Rider Asuransi Jiwa yang Wajib Diketahui

2022-01-24 12:22:47

jenis-jenis rider asuransi jiwa - Memiliki proteksi keuangan seperti asuransi, tentu sedikit banyak akan memberi ketenangan pikiran. Tidak peduli bagaimanapun kondisi keuangan di masa depan, Sahabat tetap siap dan dapat menangani risiko yang suatu waktu terjadi. Tetapi, apakah Sahabat tahu bahwa manfaat polis asuransi masih bisa dimaksimalkan lagi? Dengan rider, risiko-risiko kecil yang tidak dicover oleh manfaat dasar asuransi tetap dapat terakomodir.

Lalu, apa saja jenis rider asuransi yang dapat dipilih? Langsung scroll yuk untuk cari tahu!

Pengertian Rider Asuransi

Sederhananya, rider asuransi adalah tambahan manfaat yang dapat dipilih setelah membeli sebuah produk asuransi.

Karena sifatnya bukan manfaat primerlah yang membuat rider asuransi tidak dapat dimiliki tanpa membeli polis asuransi dasarnya.

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memaparkan lebih lanjut tentang ini. Pengertian rider asuransi adalah sekumpulan provisi khusus atau tambahan dalam polis asuransi jiwa, yang ditambahkan untuk memperkuat dan melengkapi cakupan dari polis dasar beserta manfaatnya.

Setelah mengetahui pengertiannya, yuk cari tahu jenis rider asuransi apa saja yang dapat Sahabat pilih.

Jenis Rider Asuransi

  1. Automatic Premium Loan (APL)

Rider pinjaman premi otomatis (APL) ini akan memastikan premi Sahabat selalu terbayar. Sehingga, Sahabat otomatis terbebas dari kemungkinan polis lapse atau berhenti. Artinya, Sahabat akan selalu terlindungi.

Pasalnya, rider asuransi ini akan mengurangi nilai tunai Sahabat untuk membayar premi yang tidak atau lupa Sahabat bayarkan.  Jadi, polis akan selalu aktif.

  1. Waiver of Premium

Jenis rider kedua ialah rider pembebasan premi. Rider jenis ini akan memberi manfaat gratis premi jika Sahabat terkena suatu risiko yang sesuai dengan ketentuan dalam rider.

Pada umumnya, risiko yang dilindungi oleh rider ini ialah cacat permanen dan total serta terkena penyakit kritis. Yakni, risiko yang membuat seseorang tidak dapat melakukan aktivitasnya,

  1. Return of Premium

Rider pengembalian premi akan memberikan kembali semua total premi yang telah Sahabat bayarkan kepada pihak perusahaan asuransi. Pengembalian dilakukan jika di akhir periode asuransi Sahabat tidak pernah terkena satupun risiko yang dilindungi produk asuransi terkait.

  1. Disability Benefit

Jenis rider yang satu ini memberikan uang santunan apabila Sahabat terkena risiko yang mengakibatkan terjadinya kecacatan karena kecelakaan. Selain disabilitas, uang santunan juga akan cair apabila fungsi anggota tubuh tertentu menghilang.

Sebagai contoh, anggota tubuh atas yang tidak bisa lagi digerakkan ataupun mata yang kehilangan fungsi penglihatannya.

  1. Health Benefit

Rider kesehatan ini memberikan tambahan aspek yang ditanggung oleh produk asuransi kesehatan. Beberapa contohnya ialah biaya kamar, dokter umum maupun spesialis, serta obat.

  1. Hospital Cash Benefit

Sedikit berbeda dengan rider kesehatan, rider ini akan memberikan santunan harian saat Sahabat mengalami rawat inap di rumah sakit.

Jumlah nominal uang yang diberikan per harinya berbeda-beda di tiap perusahaan asuransi.

  1. Guaranteed Insurability

Rider selanjutnya ialah jaminan terasuransikan. Dengan memilih rider ini, Sahabat dapat terbebas dari proses underwriting yang ketat.

Sebagaimana yang telah diketahui, tidak semua pengajuan asuransi dapat diterima oleh perusahaan asuransi. Perlu verifikasi dan identifikasi yang bertahap dan cukup menyeluruh.

Rider ini dapat membantu pengajuan asuransi Sahabat menjalani proses pemeriksaan yang lebih singkat

  1. Accidental Death

Dengan memiliki rider ini, Sahabat dapat meningkatkan jumlah nominal uang santunan asuransi jiwa yang diterima. Apabila risiko kematian terjadi akibat kecelakaan, perusahaan asuransi akan memberikan tambahan santunan yang jumlahnya cukup signifikan, bahkan hampir 2 hingga 3 kali lipat dari jumlah santunan dasarnya.

  1. Accelerated Death Benefit

Jenis rider ini juga memberikan tambahan nominal jumlah santunan asuransi yang akan diterima. Akan tetapi, tambahan tersebut cair jika faktor penyebab sesuai dengan ketentuan dalam rider ini. Salah satu penyebab terjadinya risiko yang masuk dalam ketentuan rider ini ialah terkena penyakit kronis atau penyakit yang belum ditemukan pengobatannya.

  1. Juvenile Payor Benefit

Peruntukan rider ini hanya untuk anak-anak. Jadi, jika Sahabat membelikan polis asuransi untuk anak-anak dan terjadi suatu risiko kepada Sahabat, premi asuransi anak tadi menjadi gratis.

Salah satu bentuk risiko yang membuat premi polis asuransi anak diambil alih oleh perusahaan asuransi ialah kematian dan disabilitias permanen.

Pertimbangan Memilih Rider

Rider pada hakikatnya adalah manfaat tambahan. Sehingga, memiliki rider bukanlah satu hal yang wajib dilakukan saat membeli produk asuransi.

Oleh karena itu, untuk meyakinkan diri sebelum membeli rider, coba ikuti tips berikut ya:

  1. Ketahui Potensi Risiko

Mengetahui potensi risiko cukup signifikan dalam daftar pertimbangan memilih rider. Mengapa demikian? Sahabat dapat memilih asuransi dan jenis rider jikalau memang diperlukan dengan tepat guna.

Sebagai contoh, jika Sahabat memiliki profesi yang mengharuskan untuk bekerja lingkungan yang berisiko tinggi seperti wilayah konstruksi, laut lepas, hutan, dan sejenisnya, maka Sahabat dapat memilih rider kecelakaan.

Aktifitas dengan mobilitas tinggi pun akan lebih ideal untuk mendapat tambahan perlindungan rider kecelakaan.

Akan tetapi, apabila aktifitas Sahabat tidak membutuhkan banyak mobilitas ataupun lingkungan kerja yang tidak terlalu berisiko, akan lebih baik untuk tidak memilih rider kecelakaan.

  1. Sesuaikan dengan Kondisi Finansial

Kondisi finansial yang dimaksud tentu tidak hanya saat ini. Premi asuransi harus dibayarkan selama Sahabat membutuhkan fitur perlindungannya. Begitu pula dengan premi rider jika nantinya akan Sahabat pilih.

Oleh karena itu, jika manfaat rider sebanding dengan tambahan tarif yang harus dikeluarkan untuk beberapa tahun ke depan, ambillah rider tersebut. Jika tidak, tentu lepaskan saja.

  1. Perhatikan Riwayat kesehatan dan gaya hidup

Riwayat kesehatan dan gaya hidup tentu tidak boleh dilewatkan dalam pertimbangan memilih rider. Jika mobilitas Sahabat tidak terlalu tinggi, tetapi beberapa anggota keluarga kandung pernah mengalami penyakit jantung, stroke, ataupun kanker, tentu memilih rider sakit kritis sangat patut untuk dipertimbangkan.

Jika riwayat penyakit keluarga tidak ada penyakit kritis tetapi konsumsi hal yang kurang baik bagi tubuh semisal rokok dan minuman beralkohol cukup tinggi, coba pikirkan untuk memilih rider.

Namun jika kedua hal tersebut tidak terjadi pada Sahabat, maka rider tidak terlalu dibutuhkan.

  1. Sesuaikan dengan polis yang dimiliki

Memahami benefit polis asuransi dasar yang Sahabat miliki juga penting. Pasalnya, ada beberapa rider yang memiliki manfaat yang serupa dengan manfaat dasar produk asuransi.

Misalnya saja, produk asuransi jiwa Sahabat memiliki ketentuan yang tetap mencairkan santunan bila pemegang polis tutup usia akibat kecelakaan kerja. Jika seperti itu, tentu rider kecelakaan tidak perlu lagi untuk dimiliki.

  1. Pahami ketentuan

Meski sebagai manfaat tambahan, rider asuransi juga memiliki ketentuannya sendiri. Ada beberapa rider yang sekilas terlihat seperti meningkatkan jumlah santunan yang diberikan. Nyatanya, rider tersebut hanya mempermudah syarat uang santunan tersebut bisa cair.

Ada pula rider yang jika dipilih akan mengurangi santunan asuransi yang akan diterima. Oleh sebab itu, bagaimanapun cara yang Sahabat pilih, memahami ketentuan rider sebaiknya juga dijadikan pertimbangan.

Itu dia informasi tentang apa itu rider, jenis rider asuransi dan tips mempertimbangkannya.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Tidak cuma itu, tersedia juga kalkulator zakat untuk bantu Sahabat hitung jumlah zakat yang harus dibayar.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Intip Top 8 Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia 2022

Sudah tahu belum perusahaan asuransi terbaik di Indonesia? Cek datanya menurut Media Asuransi yuk!
Baca sekarang

Apa Itu Rider Asuransi? Plus Kategori dan Tipsnya

Udah tau apa itu rider asuransi jiwa? Kalau belum, artikel ini cocok buat kamu!
Baca sekarang

Hal Penting tentang Asuransi Kecelakaan Pesawat yang Kamu Perlu Tahu

Yuk cari tahu serba serbi asuransi kecelakaan pesawat dalam satu artikel!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu