7 Contoh Asuransi Bencana Alam yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

2022-01-21 10:57:35

Asuransi bencana alam - Negara yang saat ini kita tempati memiliki keragaman sumber daya yang benar-benar tak terkira. Baik dari sumber daya, flora dan fauna, serta budayanya. Akan tetapi, keajaiban tersebut tidak datang tanpa risiko.

Perlu diingat pula bahwa wilayah Indonesia berada di area ring of fire atau cincin api, yang merupakan area yang rawan terjadi bencana. Oleh sebab itu, memiliki solusi dari kemungkinan risiko bencana yang menimpa rasanya patut dipertimbangkan. Di antaranya ialah memiliki asuransi bencana alam.

Lantas, bagaimana penjelasan mengenai asuransi bencana alam? Terus ikuti artikelnya yuk!

Apa Itu Asuransi Bencana Alam

Asuransi bencana alam adalah produk perlindungan diri dan harta benda dari kerugian yang diakibatkan oleh terjadinya bencana alam.

Perlindungan yang dimaksud ialah perlindungan dari persoalan finansial, ketika risiko bencana alam itu terjadi. Jenis bencana alamnya pun beragam, mulai dari tanah longsor, gempa bumi, gunung meletus, tsunami, banjir, dan lainnya.

Asuransi bencana alam sendiri terbagi ke dalam 2 jenis. Jika risiko bencana alam menimpa harta benda, asuransi bencana termasuk ke dalam jenis asuransi umum. Namun, jika akibat bencana alam tersebut menimbulkan kerugian terhadap diri sendiri secara langsung, semisal melukai atau menghilangkan sebagian fungsi anggota tubuh, asuransi bencana alam termasuk ke dalam jenis asuransi jiwa.

Contoh Asuransi Bencana Alam

Setelah mengetahui pengertian dan jenis-jenis asuransi bencana alam, yuk kita ketahui secara detail contoh asuransinya.

Setidaknya ada 6 contoh asuransi bencana alam yang dapat Sahabat pilih, sebagai berikut:

  1. Asuransi jiwa

Contoh asuransi bencana alam pertama yang bisa Sahabat pilih ialah asuransi jiwa. Asuransi jiwa sendiri merupakan asuransi yang melindungi risiko tutup usia mendadak yang bisa terjadi pada tiap individu. Faktor yang menyebabkan risiko tersebut sangat beragam, salah satunya ialah peristiwa bencana alam ini, seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, dan tsunami.

Dengan memiliki asuransi jiwa sebagai asuransi bencana alam, Sahabat dapat memastikan kestabilan ekonomi keluarga bila suatu waktu risiko tutup usia akibat bencana alam tersebut menghampiri.

  1. Asuransi kesehatan

Asuransi bencana alam kedua dapat Sahabat temukan dalam asuransi kesehatan. Pasalnya, asuransi kesehatan menanggung besaran biaya yang dikeluarkan saat Sahabat harus menjalani perawatan di rumah sakit. Jika saat terjadi peristiwa gempa bumi atau bencana lainnya, Sahabat terkena dampak berupa luka dalam atau luka goresan tertentu, asuransi kesehatan dapat menjadi pilihan yang tepat.

Tentu tidak hanya luka saat terjadinya bencana alam tersebut. Jika pascagempa dan kondisi tempat tinggal Sahabat masih belum memadai, sehingga hal tersebut membuat daya tahan tubuh menurun dan menimbulkan penyakit, asuransi kesehatan pun dapat memberikan pembayaran atas biaya rumah sakit yang harus dikeluarkan saat itu.

  1. Asuransi perlindungan income

Jenis asuransi bencana alam ketiga ialah asuransi perlindungan income. Asuransi ini dapat menggantikan income Sahabat jika terkena risiko penyakit berat yang pengobatannya membutuhkan waktu tahunan. Sehingga, apabila akibat bencana alam yang terjadi memberikan dampak kepada Sahabat yang memicu ke arah penyakit berat tersebut, santunan dari asuransi perlindungan income dapat digunakan untuk biaya kehidupan sehari-hari.

Ketiga contoh asuransi di atas, merupakan asuransi bencana alam jenis asuransi jiwa.

Mari kita ketahui contoh asuransi bencana alam jenis asuransi umum.

  1. Asuransi properti

Asuransi bencana alam juga dapat ditemukan dalam asuransi properti. Bencana alam pada umumnya berdampak langsung kepada bangunan yang dimiliki, semisal rumah, apartemen, gedung perkantoran, ataupun bangunan sekolah dan fasilitas umum lain.

Oleh sebab itu, asuransi properti bisa dijadikan pilihan yang tepat. Pasalnya, apabila gempa bumi menghancurkan tempat tinggal Sahabat, untuk aspek keuangannya akan menjadi urusan perusahaan asuransi. Sehingga, Sahabat bisa lebih fokus mengurus hal lain di saat pascagempa bumi tersebut. Tentu hal ini juga berlaku untuk jenis gedung lainnya.

  1. Asuransi kendaraan

Contoh asuransi bencana alam lainnya ialah asuransi kendaraan. Bencana alam seperti banjir, dapat memberi risiko terhadap kendaraan yang dimiliki, semisal motor, mobil, atau sepeda. Tentu jika sudah terendam banjir, biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan servis kendaraan tersebut tidak mungkin kecil.

Itulah fungsi asuransi kendaraan sebagai asuransi bencana alam. Sahabat dapat mengatasi permasalahan yang timbul akibat banjir tadi dengan menelepon pihak perusahaan asuransi untuk melakukan klaim.

  1. Asuransi perjalanan

Contoh asuransi bencana alam kali ini akan lebih tepat dipilih jika Sahabat memiliki kebutuhan mobile yang sangat padat. Mengapa seperti itu? Asuransi perjalanan memberikan penggantian biaya jika perjalanan Sahabat harus ditunda akibat terjadinya bencana alam. Meski memang tidak sesering itu terjadi, akan tetapi waktu terjadinya bencana yang tidak dapat diperkirakan itulah yang ada baiknya untuk selalu siap setiap saat.

  1. Asuransi pertanian

Contoh asuransi bencana alam terakhir ialah asuransi pertanian. Tentunya, asuransi ini hanya cocok bagi Sahabat yang memiliki lahan pertanian yang jumlahnya cukup signifikan untuk dilindungi. Pasalnya, asuransi pertanian akan mengganti nilai kerugian jika bencana alam seperti banjir membuat lahan pertanian Sahabat gagal panen. Tentu tidak hanya banjir, tetapi semua jenis bencana alam yang merugikan lahan pertanian Sahabat.

Itu dia sedikit ulasan mengenai apa itu asuransi bencana alam, jenis, dan contohnya. Pilih produk asuransi bencana alam yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat ya

Semoga informasinya bermanfaat ya. Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Tidak cuma itu, tersedia juga kalkulator zakat untuk bantu Sahabat hitung jumlah zakat yang harus dibayar.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Pentingnya Perencanaan Keuangan, Ini Tipsnya!

Berapapun penghasilanmu, kamu pasti tetap butuh perencanaan keuangan lho. Memang apa pentingnya dan bagaimana cara melakukannya ya? Intip di sini yuk!
Baca sekarang

Intip Top 8 Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia 2022

Sudah tahu belum perusahaan asuransi terbaik di Indonesia? Cek datanya menurut Media Asuransi yuk!
Baca sekarang

Hal Penting tentang Asuransi Kecelakaan Pesawat yang Kamu Perlu Tahu

Yuk cari tahu serba serbi asuransi kecelakaan pesawat dalam satu artikel!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu