7 Contoh Asuransi Bencana Alam yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

21 Jan 2022

Asuransi bencana alam - Negara yang saat ini kita tempati memiliki keragaman sumber daya yang benar-benar tak terkira. Baik dari sumber daya, flora dan fauna, serta budayanya. Akan tetapi, keajaiban tersebut tidak datang tanpa risiko.

Perlu diingat pula bahwa wilayah Indonesia berada di area ring of fire atau cincin api, yang merupakan area yang rawan terjadi bencana. Oleh sebab itu, memiliki solusi dari kemungkinan risiko bencana yang menimpa rasanya patut dipertimbangkan. Di antaranya ialah memiliki asuransi bencana alam.

Lantas, bagaimana penjelasan mengenai asuransi bencana alam? Terus ikuti artikelnya yuk!

Apa Itu Asuransi Bencana Alam

Asuransi bencana alam adalah produk perlindungan diri dan harta benda dari kerugian yang diakibatkan oleh terjadinya bencana alam.

Perlindungan yang dimaksud ialah perlindungan dari persoalan finansial, ketika risiko bencana alam itu terjadi. Jenis bencana alamnya pun beragam, mulai dari tanah longsor, gempa bumi, gunung meletus, tsunami, banjir, dan lainnya.

Asuransi bencana alam sendiri terbagi ke dalam 2 jenis. Jika risiko bencana alam menimpa harta benda, asuransi bencana termasuk ke dalam jenis asuransi umum. Namun, jika akibat bencana alam tersebut menimbulkan kerugian terhadap diri sendiri secara langsung, semisal melukai atau menghilangkan sebagian fungsi anggota tubuh, asuransi bencana alam termasuk ke dalam jenis asuransi jiwa.

Contoh Asuransi Bencana Alam

Setelah mengetahui pengertian dan jenis-jenis asuransi bencana alam, yuk kita ketahui secara detail contoh asuransinya.

Setidaknya ada 6 contoh asuransi bencana alam yang dapat Sahabat pilih, sebagai berikut:

  1. Asuransi jiwa

Contoh asuransi bencana alam pertama yang bisa Sahabat pilih ialah asuransi jiwa. Asuransi jiwa sendiri merupakan asuransi yang melindungi risiko tutup usia mendadak yang bisa terjadi pada tiap individu. Faktor yang menyebabkan risiko tersebut sangat beragam, salah satunya ialah peristiwa bencana alam ini, seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, dan tsunami.

Dengan memiliki asuransi jiwa sebagai asuransi bencana alam, Sahabat dapat memastikan kestabilan ekonomi keluarga bila suatu waktu risiko tutup usia akibat bencana alam tersebut menghampiri.

  1. Asuransi kesehatan

Asuransi bencana alam kedua dapat Sahabat temukan dalam asuransi kesehatan. Pasalnya, asuransi kesehatan menanggung besaran biaya yang dikeluarkan saat Sahabat harus menjalani perawatan di rumah sakit. Jika saat terjadi peristiwa gempa bumi atau bencana lainnya, Sahabat terkena dampak berupa luka dalam atau luka goresan tertentu, asuransi kesehatan dapat menjadi pilihan yang tepat.

Tentu tidak hanya luka saat terjadinya bencana alam tersebut. Jika pascagempa dan kondisi tempat tinggal Sahabat masih belum memadai, sehingga hal tersebut membuat daya tahan tubuh menurun dan menimbulkan penyakit, asuransi kesehatan pun dapat memberikan pembayaran atas biaya rumah sakit yang harus dikeluarkan saat itu.

  1. Asuransi perlindungan income

Jenis asuransi bencana alam ketiga ialah asuransi perlindungan income. Asuransi ini dapat menggantikan income Sahabat jika terkena risiko penyakit berat yang pengobatannya membutuhkan waktu tahunan. Sehingga, apabila akibat bencana alam yang terjadi memberikan dampak kepada Sahabat yang memicu ke arah penyakit berat tersebut, santunan dari asuransi perlindungan income dapat digunakan untuk biaya kehidupan sehari-hari.

Ketiga contoh asuransi di atas, merupakan asuransi bencana alam jenis asuransi jiwa.

Mari kita ketahui contoh asuransi bencana alam jenis asuransi umum.

  1. Asuransi properti

Asuransi bencana alam juga dapat ditemukan dalam asuransi properti. Bencana alam pada umumnya berdampak langsung kepada bangunan yang dimiliki, semisal rumah, apartemen, gedung perkantoran, ataupun bangunan sekolah dan fasilitas umum lain.

Oleh sebab itu, asuransi properti bisa dijadikan pilihan yang tepat. Pasalnya, apabila gempa bumi menghancurkan tempat tinggal Sahabat, untuk aspek keuangannya akan menjadi urusan perusahaan asuransi. Sehingga, Sahabat bisa lebih fokus mengurus hal lain di saat pascagempa bumi tersebut. Tentu hal ini juga berlaku untuk jenis gedung lainnya.

  1. Asuransi kendaraan

Contoh asuransi bencana alam lainnya ialah asuransi kendaraan. Bencana alam seperti banjir, dapat memberi risiko terhadap kendaraan yang dimiliki, semisal motor, mobil, atau sepeda. Tentu jika sudah terendam banjir, biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan servis kendaraan tersebut tidak mungkin kecil.

Itulah fungsi asuransi kendaraan sebagai asuransi bencana alam. Sahabat dapat mengatasi permasalahan yang timbul akibat banjir tadi dengan menelepon pihak perusahaan asuransi untuk melakukan klaim.

  1. Asuransi perjalanan

Contoh asuransi bencana alam kali ini akan lebih tepat dipilih jika Sahabat memiliki kebutuhan mobile yang sangat padat. Mengapa seperti itu? Asuransi perjalanan memberikan penggantian biaya jika perjalanan Sahabat harus ditunda akibat terjadinya bencana alam. Meski memang tidak sesering itu terjadi, akan tetapi waktu terjadinya bencana yang tidak dapat diperkirakan itulah yang ada baiknya untuk selalu siap setiap saat.

  1. Asuransi pertanian

Contoh asuransi bencana alam terakhir ialah asuransi pertanian. Tentunya, asuransi ini hanya cocok bagi Sahabat yang memiliki lahan pertanian yang jumlahnya cukup signifikan untuk dilindungi. Pasalnya, asuransi pertanian akan mengganti nilai kerugian jika bencana alam seperti banjir membuat lahan pertanian Sahabat gagal panen. Tentu tidak hanya banjir, tetapi semua jenis bencana alam yang merugikan lahan pertanian Sahabat.

Itu dia sedikit ulasan mengenai apa itu asuransi bencana alam, jenis, dan contohnya. Pilih produk asuransi bencana alam yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat ya

Semoga informasinya bermanfaat ya. Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Tidak cuma itu, tersedia juga kalkulator zakat untuk bantu Sahabat hitung jumlah zakat yang harus dibayar.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Freepik.com

Coba produk Wakalahmu


Asuransi Kendaraan Syariah

Solusi yang baik untuk melindungi kendaraan Anda
Lihat

Asuransi Perjalanan Syariah

Solusi yang baik untuk memberikan rasa tenang dalam perjalanan Anda
Lihat

Asuransi Kecelakaan Diri Syariah PLUS

Solusi yang baik untuk memberikan rasa aman dalam beraktifitas di masa Pandemi
Lihat

Mu’awanah Kebajikan

Solusi untuk mengoptimalkan kebaikan Anda
Lihat

Asuransi Rumah Tinggal Syariah

Solusi yang baik untuk perlindungan rumah tinggal Anda
Lihat

Artikel Lainnya

Waktu Sholat Tahajud Terbaik + Tata Cara, Niat, dan Doa Sholat Tahajud

waktu sholat tahajud - Waktu sholat tahajud mesti diketahui apabila Sahabat memiliki niat untuk melaksanakan ibadah sunah yang satu ini....
Baca sekarang

Kenapa Zakat Fitrah Wajib? Ternyata Ini Tujuan Mengeluarkan Zakat Fitrah

tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah - Sebagai seorang Muslim, mengetahui tujuan mengeluarkan zakat fitrah rasanya perlu untuk dilakukan. Pasalnya, dengan...
Baca sekarang

Gak Hanya Istilah, Ini Dia 10 Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional

perbedaan bank syariah dan bank konvensional - Tidak hanya istilah yang dipakai, perbedaan bank syariah dan bank konvensional ada banyak...
Baca sekarang

Pengertian Dana Tabarru, Istilah yang Bikin Asuransi Syariah jadi Boleh

Dana tabarru adalah - Dana tabarru adalah hal yang wajib diperhatikan dan diketahui ketika akan membeli produk asuransi syariah. Pasalnya,...
Baca sekarang

Peristiwa Luar Biasa dalam Peradaban Islam yang Terjadi di Bulan Dzulhijjah

Dzulhijjah - Bulan Dzulhijjah adalah salah satu bulan yang cukup penting dalam sejarah Islam. Pasalnya, bulan Dzulhijjah menjadi latar berbagai...
Baca sekarang

Asuransi di Mata Ustadz Abdul Somad, Adi Hidayat, Khalid Basalamah, Buya Yahya. Cek di Sini!

hukum asuransi dalam islam - Hukum asuransi dalam Islam adalah hal penting dan mendasar untuk diketahui. Pasalnya, akan berbahaya apabila...
Baca sekarang

Qurban Pelosok Negeri

[Satu klik untuk penyaluran qurban terbaik] Idul Adha sudah tak lagi lama. Jika Sahabat merayakannya dengan berkurban, tentu harus segera...
Baca sekarang

Syarat-Syarat Hewan Kurban yang Sesuai Syariat Islam

syarat hewan kurban - Syarat hewan kurban menjadi penting diketahui sebelum membeli hewan kurban. Pasalnya, jika ternyata kondisi hewan kurban...
Baca sekarang

Doa Menyembelih Hewan Kurban Untuk Orang Lain Dan Diri Sendiri

doa menyembelih hewan kurban untuk orang lain - Mengetahui doa menyembelih hewan kurban untuk orang lain dan diri sendiri adalah...
Baca sekarang



Kontak WA Wakalahmu