Asuransi Kebakaran: Definisi, Jenis, dan Manfaatnya

2021-12-23 08:40:12

Asuransi kebakaran - Memiliki hunian atau gedung yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, tentu menyenangkan. Bahkan, beberapa orang menghabiskan waktu puluhan tahun hanya untuk merealisasikan hal tersebut. Ini terjadi tentu karena sebuah hunian atau gedung memiliki nilai ekonomi yang begitu besar. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk melengkapi dengan perlindungan sebaik mungkin, salah satunya dengan asuransi kebakaran. Lantas, apa pengertian asuransi kebakaran? Risiko apa saja yang ditanggung oleh program asuransi kebakaran?

Cari jawabannya di artikel ini yuk!

 Apa itu asuransi kebakaran

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang asuransi kebakaran, bahas pengertian asuransi kebakaran lebih dulu yuk.

Asuransi kebakaran adalah sebuah program perlindungan dari risiko yang memberikan jaminan keuangan apabila terjadi kerugian akibat kebakaran pada bangunan. Bangunan yang dijamin kerugiannya dapat berupa rumah, kantor, pabrik, toko, dan hotel. Tidak hanya itu, asuransi kebakaran juga dapat menjamin kelengkapan dari bangunan, seperti furniture, mesin, bahan baku, dll.

Asuransi kebakaran termasuk ke dalam kategori asuransi umum. Oleh karena itu, objek yang dilindungi risikonya oleh perusahaan asuransi adalah bangunan dan kelengkapannya, bukan risiko pada manusia seperti dalam asuransi jiwa.

(Baca juga: Contoh produk asuransi jiwa)

Meski asuransi kebakaran dapat menggantikan nilai finansial kelengkapan yang ada dalam sebuah bangunan, bukan berarti tanpa adanya ketentuan yang berlaku. Beberapa ketentuan tersebut di antaranya barang titipan atau barang milik orang lain, kendaraan bermotor, barang yang mengandung nilai seni atau antik, serta surat berharga.

Asuransi kebakaran juga tersedia dalam bentuk konvensional dan syariah, seperti kategori asuransi umum lainnya.

(Baca juga: Perbedaan asuransi konvensional dan syariah)

Jenis risiko asuransi kebakaran

Jika merujuk pada pengertian, asuransi kebakaran hanya menanggung risiko yang terjadi akibat peristiwa kebakaran. Akan tetapi, jika ditelisik lebih jauh, produk asuransi kebakaran memiliki 2 jenis risiko yang masuk ke dalam pertanggungannya.

Kedua jenis risiko tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Risiko jaminan standar

Jenis risiko pertama ialah jaminan standar. Seperti namanya, program asuransi kebakaran yang memiliki jenis risiko jaminan standar, melindungi beragam kerugian yang hanya diakibatkan oleh peristiwa yang masih memiliki keterkaitan dengan kebakaran. Perlindungan risiko ini merupakan produk dasar. Bagi Sahabat yang hanya memerlukan perlindungan dari kerugian akibat kebakaran, asuransi kebakaran dengan jaminan standar sudah sangat cukup.

Beberapa peristiwa yang ditanggung risikonya oleh asuransi kebakaran ialah:

  1. Kebakaran, yang disebabkan oleh kejadian yang tidak disengaja
  2. Sambaran petir
  3. Peristiwa ledakan
  4. Tertimpa pesawat terbang
  5. Asap

Meski begitu, ada juga beberapa kejadian yang dikecualikan dari pertanggungan, meski terkait dengan peristiwa kebakaran. Beberapa hal yang dikecualikan tersebut ialah kebakaran yang disengaja, hilangnya barang di hari berbeda dengan waktu kebakaran, kebakaran akibat terjadi peperangan, ledakan nuklir, dan terbakar akibat kebakaran hutan.

  1. Risiko perluasan atau jaminan tambahan 

Jenis risiko kedua ialah risiko jaminan tambahan. Sahabat dapat memilih produk asuransi kebakaran dengan jenis risiko ini, jika menginginkan proteksi yang lebih lengkap. Pasalnya, tidak hanya terlindung dari kerugian akibat kebakaran, perusahaan asuransi juga akan melindungi kerugian Sahabat akibat peristiwa di bawah ini:

  1. Angin topan
  2. Kerusuhan
  3. Tindakan kriminal orang lain
  4. Banjir
  5. Badai
  6. Tertabrak kendaraan
  7. Terorisme
  8. Sabotase

Tentunya, dilengkapi juga dengan manfaat perlindungan jenis risiko jaminan standar.

Meski begitu, ketentuan pengecualian juga tetap berlaku untuk produk asuransi jenis risiko jaminan tambahan ini. Contoh peristiwa yang dikecualikan sama halnya dengan jenis risiko jaminan standar, yakni kebakaran yang disengaja, ledakan nuklir, kebakaran akibat pihak asing, kebakaran akibat terjadi peperangan dan terbakar akibat kebakaran hutan.

Manfaat asuransi kebakaran

Mengetahui tentang pengertian dan jenis risiko dari asuransi kebakaran saja belum cukup. Pasalnya, dengan mengetahui juga manfaat asuransi kebakaran, Sahabat akan semakin yakin bahwa produk yang Sahabat miliki atau akan miliki sangat berguna.

Oleh karena itu, berikut 4 manfaat asuransi kebakaran:

  1. Bebas dari kerugian finansial

Manfaat asuransi kebakaran yang pertama ialah bebas dari kerugian finansial. Sejatinya, manfaat ini adalah manfaat dasar dari semua jenis produk asuransi.

Saat peristiwa kebakaran terjadi, tentu banyak faktor selain aspek finansial yang hilang. Akan tetapi, dengan memiliki produk asuransi kebakaran, setidaknya satu aspek yakni finansial, sudah memiliki solusi atas kerugian yang terjadi.

Sehingga, pikiran dapat dicurahkan sepenuhnya untuk memikirkan solusi dari kerugian-kerugian lainnya.

  1. Mendapatkan cadangan tempat tinggal

Manfaat lain dari produk asuransi kebakaran ini ialah menyediakan hunian sementara bagi peserta asuransi yang baru saja mengalami kebakaran.

Sehingga, budget yang tadinya akan digunakan untuk menyewa tempat tinggal baru, jika enggan menumpang di rumah famili atau teman dekat, dapat digunakan untuk keperluan lain.

Cadangan tempat tinggal yang disediakan perusahaan asuransi bersifat gratis dan dapat ditempati selama menunggu perbaikan bangunan.

  1. Kelengkapan bangunan terjaga nilainya

Kebakaran merupakan peristiwa yang sangat merugikan apabila terjadi. Bagaimana tidak, kebakaran tidak hanya meratakan gedung dengan tanah, tetapi juga menghanguskan semua barang yang ada di dalam bangunan tersebut. Oleh sebab itu, tidak jarang kebakaran mengakibatkan rata-rata jumlah kerugian senilai ratusan juta.

Melalui produk asuransi kebakaran, tidak hanya kerugian bangunan yang ditanggung. Akan tetapi, nilai kelengkapan bangunannya pun tetap terjaga. Pasalnya, perusahaan asuransi akan mengganti nilai ekonomi barang-barang yang ikut terbakar.

  1. Menimbulkan ketenangan dan keamanan pikiran

Saat terjadi peristiwa kebakaran, pada umumnya kepanikan yang tidak direncanakan seringkali terjadi. Tidak hanya panik menyelamatkan diri, tetapi juga sebisa mungkin berusaha menyelamatkan barang-barang.

Pada sebagian besar contoh kasus asuransi kebakaran, peserta asuransi akan mendapatkan ketenangan pikiran. Tentu karena perusahaan asuransi akan mengganti kerugian yang terjadi.

Usai sudah bahasan singkat mengenai pengertian asuransi kebakaran, jenis risiko, dan manfaat asuransi kebakaran. Mengingat nilai tempat tinggal ataupun bangunan yang dimiliki begitu besar, ada baiknya untuk mempertimbangkan asuransi kebakaran sebagai solusi preventif. Akan tetapi, pastikan sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, pahami sebelum membeli ya Sahabat!

Semoga informasinya bermanfaat ya. Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Foto: Flaticon.com

Artikel Lainnya

4 Manfaat Asuransi Demam Berdarah

Mari cari tahu manfaat asuransi demam berdarah secara lengkap di artikel ini ya Sahabat!
Baca sekarang

10 Jenis Rider Asuransi Jiwa yang Wajib Diketahui

Ini dia jenis rider asuransi jiwa yang bisa kamu pilih!
Baca sekarang

Apa Itu Rider Asuransi? Plus Kategori dan Tipsnya

Udah tau apa itu rider asuransi jiwa? Kalau belum, artikel ini cocok buat kamu!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu