Begini Cara Kerja Asuransi Demam Berdarah

2021-11-29 07:43:02

cara kerja asuransi demam berdarah - Asuransi demam berdarah bisa menjadi pilihan bagi Sahabat yang ingin memiliki asuransi dan ingin besaran preminya di bawah ratusan ribu. Namun jangan salah, manfaat asuransi ini cukup baik untuk mengcover biaya perawatan. Akan tetapi, bagaimana cara kerja asuransi demam berdarah?

Temukan jawabannya di artikel berikut ini!

Sekilas Asuransi Demam Berdarah

Ada baiknya kita mengetahui lebih dulu tentang pengertian asuransi demam berdarah, sebelum lanjut kepada topik lainnya. Sederhananya, asuransi demam berdarah dapat dikatakan sebagai program proteksi diri, baik individu ataupun kelompok, dari risiko yang disebabkan oleh jenis nyamuk aedes aegypti.

Seseorang benar terkena penyakit demam berdarah, apabila mengalami pendarahan atau tourniquet positif, serta memiliki kadar trombosit dibawah 100.000/mm3.

Asuransi demam berdarah adalah jenis asuransi mikro. Meski berdiri sendiri, sejatinya manfaat asuransi demam berdarah juga dapat ditemukan dalam asuransi kesehatan. Asuransi demam berdarah merupakan produk asuransi yang memiliki premi cukup rendah. Oleh karena itu, produk ini termasuk ke dalam kategori asuransi mikro.

Sebagai contoh, Wakalahmu hanya mengenakan kontribusi sebesar Rp 50,000 tiap tahun. Bahkan, untuk masa bayar per tiga bulan, kontribusi yang diterapkan hanya sebesar Rp 17,500 rupiah.

Manfaat yang dimiliki asuransi demam berdarah sangat cocok bagi Sahabat yang banyak beraktifitas di lingkungan dengan iklim tropis, seperti di negara kita ini. Mengingat begitu berbahayanya penyakit demam berdarah, apabila saat terkena tidak mendapat penanganan yang cepat, asuransi demam berdarah cukup tepat untuk dimiliki.

Cara Kerja Asuransi Demam Berdarah

Setelah mengetahui sekilas tentang asuransi demam berdarah, tentu kita pun harus tahu bagaimana cara kerja asuransi ini. Wakalahmu telah merangkum 6 cara kerja asuransi demam berdarah, sebagai berikut:

  1. Mendapatkan penawaran

Tahap pertama dalam cara kerja asuransi adalah Sahabat akan mendapatkan penawaran. Tentunya cara penawaran tersebut beragam. Bisa melalui agen asuransi, telemarketing, dll.

Jika Sahabat sudah tertarik untuk memiliki asuransi demam berdarah akan tetapi belum pernah dihubungi oleh pihak yang biasa melakukan penawaran, Sahabat dapat mengunjungi situs perusahaan asuransi tersebut atau menghubungi kontak customer service.

Pada tahap ini, pihak asuransi akan menawarkan jenis polis yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat. Pada umumnya, Sahabat pun bekerjasama memberi informasi pribadi yang terkait dengan kebutuhan dengan asuransi.

  1. Mempelajari penawaran

Setelah mendapatkan penawaran dan pemaparan dari pihak perusahaan asuransi, Sahabat dapat meminta waktu untuk mempelajari isi polis. Beberapa hal yang sebaiknya dicek kembali yaitu besar manfaat, ketentuan pengecualian, besar premi atau kontribusi, serta masa tunggu produk asuransi demam berdarah Sahabat.

  1. Tanda tangan kontrak

Apabila Sahabat sudah merasa cocok dengan semua isi penawaran dalam polis, Sahabat dapat kembali menghubungi pihak perusahaan asuransi sekaligus menandatangani draf penawaran. Jika Sahabat memiliki tingkat risiko yang rendah, polis bisa cair dalam kurun waktu satu hari.

(Baca juga: Jenis Risiko dalam Asuransi)

  1. Membayar premi atau kontribusi

Jika pengajuan asuransi demam berdarah Sahabat telah disetujui, Sahabat dapat melakukan tahap selanjutnya, yakni membayar premi atau kontribusi.

Karena besar premi asuransi demam berdarah tergolong cukup rendah, akan lebih baik bila Sahabat memilih masa bayar tahunan. Meski memang ada juga masa bayar per 3 bulan dan per 6 bulan.

  1. Memenuhi masa tunggu

Polis Sahabat resmi terbit apabila sudah menyelesaikan pembayaran premi atau kontribusi. Langkah selanjutnya adalah melewati masa tunggu produk sebelum Sahabat dapat menggunakannya.

Singkatnya, perlindungan terhadap risiko demam berdarah telah dimulai.

  1. Klaim produk

Apabila telah melewati masa tunggu 10 hingga maksimal 15 hari, Sahabat telah terbebas dari biaya akibat terkena demam berdarah. Pasalnya, produk asuransi demam berdarah Sahabat sudah bisa diklaim.

Namun, sebaiknya pelajari lebih dulu cara klaim asuransinya ya Sahabat. Agar tidak panik saat hari H risiko tersebut datang.

(Baca juga: Cara Klaim Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah)

Nah, itu tadi sekilas pembahasan mengenai cara kerja asuransi demam berdarah. Bagaimana Sahabat? semoga setelah mengetahui cara kerjanya, Sahabat dapat memiliki produk asuransi demam berdarah yang paling cocok untuk Sahabat ya.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Jika sahabat membutuhkan produk asuransi demam berdarah, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan produ dengan masa tunggu hanya 10 hari dengan manfaat dana santunan rawat inap ketika terdiagnosa demam berdarah dan dapat memilih periode asuransi, sesuai dengan kebutuhan.

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Pentingnya Perencanaan Keuangan, Ini Tipsnya!

Berapapun penghasilanmu, kamu pasti tetap butuh perencanaan keuangan lho. Memang apa pentingnya dan bagaimana cara melakukannya ya? Intip di sini yuk!
Baca sekarang

Bukan untuk Investasi, Ternyata Begini Alasan Pentingnya Punya Asuransi

Yuk cari tahu apa pentingnya asuransi di artikel ini!
Baca sekarang

Sambut Hari Asuransi Nasional, Lihat-Lihat Mitos di Dunia Asuransi Yuk!

Yuk cari tahu apa saja mitos di dunia asuransi di artikel berikut!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu