Langkah Mudah Klaim Asuransi Syariah Anti Gagal

2021-11-16 12:06:08

Klaim asuransi syariah - Sangat wajar bagi seseorang memiliki keinginan kuat untuk menjalankan segala aspek kehidupannya sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan dalam agama mereka. Tidak hanya melakukan anjuran agama dalam ranah publik, yang kadang prosesnya lebih mudah di lingkungan masyarakat Indonesia, tetapi juga dalam ranah privat.

Bisa jadi, tren halal lifestyle yang belakangan berkembang pesat menjadi manifestasi dari keinginan masyarakat muslim Indonesia untuk menyesuaikan gaya hidupnya dengan ajaran al Quran. Termasuk pada aspek kegiatan transaksi ekonomi. Asuransi syariah sebagai upaya manajemen risiko menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia. Namun, mengetahui cara klaim asuransi syariah juga penting setelah kita memilikinya.

Lantas, bagaimana cara mencairkan klaim asuransi syariah? Simak selengkapnya di artikel berikut.

Sekilas Asuransi Syariah

Pada dasarnya, pengertian dan manfaat asuransi syariah serupa dengan asuransi konvensional. Asuransi syariah merupakan produk proteksi individu dari risiko atau musibah yang datang di saat yang tidak diketahui. Manfaat dasar asuransi syariah dan asuransi konvensional pun sama, yakni melindungi proses individu dalam mencapai tujuan-tujuan hidupnya.

(Baca juga: 3 Persamaan Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional)

Akan tetapi, banyak jalan menuju Roma ya Sahabat. Meski memiliki kegunaan dasar yang sama, asuransi syariah dan asurasi konvensional memiliki prinsip dan cara kerja yang berbeda. Tentu perbedaan tersebut membawa banyak lagi perbedaan lainnya.

(Baca juga: 10 Perbedaan Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional)

Asuransi syariah tidak hanya terdapat pada produk asuransi jiwa atau asuransi yang melindungi kerugian yang terjadi pada manusia. Seperti asuransi kesehatan, asuransi sakit kritis, dan asuransi jiwa itu sendiri.

Sahabat juga dapat menjumpai asuransi syariah pada pilihan produk asuransi umum, yang memproteksi kerugian yang terjadi pada benda non hidup. Seperti asuransi kendaraan, asuransi rumah tinggal, dan asuransi perjalanan.

Cara Klaim Asuransi Syariah

Setelah melihat bahwa asuransi syariah dapat dijumpai pada semua jenis produk asuransi, mari kita lanjut membahas cara mengklaim produk asuransi yang kita miliki.

Asuransi syariah kategori asuransi jiwa terbagi menjadi asuransi kesehatan, asuransi sakit kritis, dan asuransi jiwa. Berikut cara klaimnya:

  1. Asuransi Kesehatan syariah

Sahabat dapat memiliki produk ini apabila membutuhkan perlindungan dari risiko biaya perawatan rumah sakit yang mahal dan terus naik tiap tahunnya. Cara untuk melakukan klaim asuransi kesehatan syariah ada 2 macam, yakni secara cashless dan reimbursement.

a. Cashless

Dapat dikatakan metode cashless atau non tunai ini sangat simpel.

Pasalnya, Sahabat hanya perlu tunjukkan kartu asuransi yang Sahabat miliki saat akan melengkapi administrasi rumah sakit.

Tentu setiap kartu pasti memiliki limit nominal. Akan tetapi, produk asuransi kesehatan pada umumnya memiliki nominal yang terbilang cukup besar, bahkan hingga miliaran.

Setelah proses administrasi diproses oleh rumah sakit paska Sahabat memberikan kartu asuransi, transaksi selesai dan Sahabat tidak perlu mengeluarkan uang lagi jika sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

b.  Reimbursement

Berbeda dengan sistem cashless atau non tunai, sistem reimburs mengharuskan Sahabat untuk mengeluarkan usaha lebih. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Asuransi Sakit Kritis Syariah

Produk asuransi sakit kritis syariah tentu berbeda dengan produk asuransi kesehatan. berikut cara klaim asuransi sakit kritis syariah:

  1. Asuransi Jiwa Syariah

Tidak seperti asuransi kesehatan syariah, keluarga atau ahli waris peserta asuransi wajib mengurus dokumen agar dapat mencairkan klaim manfaat asuransi. Berikut caranya:

Itu dia sekilas informasi mengenai cara klaim asuransi syariah. Meski belum terjadi, mengetahui info ini saat telah memiliki polis asuransi tentu sedikit membantu di kala situasi panik nanti ya Sahabat.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Referensi foto: Unsplash

Artikel Lainnya

Asuransi Syariah : Konsep Berbagi Resiko (risk sharing) dan Berbagi Manfaat (benefit sharing)

Baca sekarang

9 Prinsip Asuransi Syariah: Faktor Halalnya Asuransi Syariah

Setelah tahu pengertiannya, paham prinsip asuransi syariah juga perlu lho. Kalau belum tahu, cek artikel ini yuk!
Baca sekarang

3 Persamaan Asuransi Syariah dan Konvensional yang Jarang Dibahas

Sahabat bimbang memilih asuransi syariah atau konvensional karena terlalu berbeda? Tenang saja, keduanya memiliki persamaan juga lho. Yuk liat di artikel ini!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu