Biaya Akuisisi: Pengertian dan Hal yang Harus Diperhatikan

2022-01-31 18:59:09

biaya akuisisi - Setelah proses penjelasan polis dan menimbang banyak hal yang cukup panjang, akhirnya Sahabat menandatangani polis asuransi yang ditunjukkan oleh agen.Setelah menyerahkan kartu identitas dan membayar premi atau kontribusi pertama, Sahabat mungkin akan tertarik mendengar istilah biaya akuisisi. Baik dijelaskan atau tidak oleh agen atau pihak yang menawarkan asuransi, biaya akuisisi cukup penting untuk Sahabat ketahui lho.

Oleh sebab itu, yuk scroll artikelnya untuk cari tahu!

Pengertian Biaya Akuisisi

Sebelum membahas biaya akuisisi, cari tahu dulu yuk apa itu akuisisi. Akuisisi adalah situasi dimana sebuah perusahaan membeli mayoritas bahkan keseluruhan saham perusahaan lain.

Akan tetapi, menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.2 Paragraf 08 tahun 1999, akuisisi artinya penggabungan sebuah usaha, dimana perusahaan satu yaitu pengakuisisi (acquirer) memperoleh kendali atas aktiva neto. Tidak hanya itu, kendali atas operasi perusahaan yang di akuisisi, memberikan aktiva tertentu, mengakui suatu kewajiban, atau mengeluarkan saham juga diberikan.

Namun, biaya akuisisi dalam asuransi tidak terlalu terkait dengan aktiva perusahaan asuransi. biaya akuisisi dalam asuransi adalah salah satu biaya yang dikenakan perusahaan asuransi kepada peserta asuransi.

Meski bukan satu-satunya biaya yang dikenakan kepada peserta asuransi, akan tetapi biaya akuisisi lebih sering dibicarakan dibandingkan biaya lainnya. Kenapa ya kira-kira?

Liat bahasannya di paragraf berikut ya, tentang serba-serbi biaya akuisisi.

Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Biaya Akuisisi Asuransi

  1. Membayar komisi agen

Poin pertama yang perlu diketahui tentang biaya akuisisi asuransi adalah hal ini. Mengapa demikian?

Karena dengan mengetahui hal ini, Sahabat sebagai peserta asuransi tidak akan bertanya-tanya jika jumlah nilai tunai atau hasil investasi tidak sesuai dengan total premi atau kontribusi yang telah dikeluarkan. Atau paling tidak rasa khawatir yang muncul dapat terkontrol, karena telah mengetahui bahwa kontribusi di bulan atau tahun pertama diperuntukkan untuk biaya akuisisi oleh perusahaan asuransi.

Untuk besarannya beragam di tiap perusahaan asuransi. Ada yang memotong sebesar 75% dari total kontribusi, ada pula yang memotong hingga 90%.

Baca ketentuan dalam polisnya ya Sahabat.

  1. Menurun tiap tahun

Meski di awal, nominal biaya akuisisi terlihat sangat besar, tenang saja Sahabat. Pasalnya, di bulan atau tahun berikutnya, biaya akuisisi ini akan mengalami penyusutan yang signifikan.

Mari ambil contoh untuk pemotongan sebesar 75% di tahun pertama. Pada tahun berikutnya, perusahaan asuransi akan memotong kontribusi Sahabat menjadi 40%. Tahun ketiga, biaya akuisisi menurun lagi menjadi 15%. Pada tahun keempat dan kelima, persentasenya menjadi 7,5%.

Barulah pada tahun keenam, semua jumlah kontribusi Sahabat akan full digunakan untuk investasi dan membayar biaya asuransi.

  1. Mempengaruhi investasi

Poin ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Tidak akan ada sisa uang yang dapat dialokasikan untuk investasi, apabila Sahabat mengambil polis asuransi dari perusahaan yang mengenakan biaya akuisisi sebesar 100% di tahun pertama.

Tentu hal ini akan langsung berpengaruh pada dana investasi Sahabat yang akan terbentuk. Alhasil, penambahannya tidak ada.

Oleh karena itu, pada umumnya agen asuransi menyarankan para pemilik polis untuk mengambil atau mulai memantau hasil investasinya di tahun kelima. Pasalnya, nilai investasi yang terbentuk di bawah 5 tahun tentu tidak maksimal dan hanya akan membuat khawatir.

  1. Hanya salah satu jenis biaya di asuransi

Biaya akuisisi bukanlah satu-satunya biaya yang harus dibayar oleh peserta asuransi di saat membeli polis. Pasalnya, akan ada biaya administrasi dan pastinya biaya asuransi itu sendiri untuk dibayarkan.

Oleh karena itu, sekali lagi jangan terlalu panik ya apabila nilai tunai di polis Sahabat tidak sesuai dengan kontribusi, di 5 tahun pertamanya.

Usai sudah sekilas informasi tentang apa itu akuisisi, pengertian biaya akuisisi, serta hal yang perlu diketahui tentang biaya akuisisi dalam asuransi. Dari informasi di atas, ada yang belum Sahabat dengarkah sebelumnya?

Semoga informasinya bermanfaat ya. Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Tidak hanya itu, tersedia juga kalkulator zakat untuk bantu Sahabat hitung jumlah zakat yang harus dibayar.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Freepik.com

 

Artikel Lainnya

Asuransi yang Cocok untuk Anak, Emang Ada?

Yuk cari tahu asuransi anak yang cocok untuk dimiliki di artikel ini!
Baca sekarang

Pengertian Proteksi dan Jenisnya dalam Produk Asuransi

Yuk ketahui pengertian proteksi dalam asuransi bareng artikel ini!
Baca sekarang

7 Contoh Asuransi Bencana Alam yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Yuk cari tahu lebih banyak tentang asuransi bencana alam di artikel ini!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu