8 Manfaat Asuransi Rumah Tinggal!

2021-12-17 19:39:39

manfaat asuransi rumah - Rumah menjadi kebutuhan utama yang dibutuhkan oleh semua orang. Pasalnya tempat tinggal termasuk ke dalam kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Namun, memiliki rumah sendiri bagi sebagian orang menjadi spesial karena memakan waktu belasan tahun. oleh karena itu, ada baiknya rumah yang telah dimiliki terlindungi dengan proteksi asuransi. Lantas, apa saja kira-kira manfaat asuransi rumah?

Baca terus artikelnya untuk cari tahu!

Pengertian Asuransi Rumah

Apa itu asuransi rumah? Asuransi rumah adalah program perlindungan kerugian finansial saat terjadi kerusakan dan peristiwa merugikan pada tempat tinggal seseorang.

Asuransi rumah masuk ke dalam kategori asuransi properti. Tidak hanya itu, Sahabat juga dapat memilih produk asuransi rumah berbasis syariah atau konvensional.

Manfaat Asuransi Rumah Tinggal

Ini dia topik inti dalam artikel kali ini. Asuransi merupakan produk proteksi barang berharga dari kerugian finansial. Namun, apa hanya itu manfaat asuransi rumah?

Setidaknya ada 8 manfaat asuransi rumah yang berhasil Wakalahmu rangkum, sebagai berikut:

1.      Terlindung dari Kerugian Kemalingan

Meski sudah memaksimalkan sistem keamanan, tentu saja hal tersebut tidak membuat kemungkinan peristiwa kemalingan menjadi nihil. Oleh sebab itu, memiliki asuransi rumah dapat dipertimbangkan untuk menjadi solusi preventif.

Pasalnya, jika terjadi kemalingan dan ada barang tertentu yang hilang, hal ini dapat dilaporkan kepada perusahaan asuransi. Sertakan nama barang yang hilang tersebut agar nilai finansial yang hilang bersama barang tersebut dapat digantikan oleh perusahaan asuransi. Selama tidak ada rekayasa dan unsur kesengajaan, persentase penggantian sangat tinggi.

  1. Bebas Khawatir Akibat Bencana Alam

Tinggal di zaman sekarang di mana perubahan iklim tidak menentu akibat pemanasan global, tentu semakin membuka lebar kemungkinan terjadinya bencana alam. Terutama di daerah tertentu yang sudah menjadi langganan bencana, seperti banjir, tanah longsor, ataupun gempa.

Bagi Sahabat yang memiliki tempat tinggal utamanya di daerah dengan kriteria di atas, asuransi rumah dapat menjadi solusi untuk menghadapi kerugian akibat bencana tersebut. meski masih banyak kerugian yang dialami saat tertimpa bencana alam, setidaknya kerugian material seperti biaya perbaikan rumah dapat ditanggung oleh pihak lain.

  1. Menjaga Nilai Furnitur dan Barang Berharga dalam Rumah

Meski produk yang Sahabat miliki hanyalah untuk proteksi bangunan tempat tinggal, Sahabat juga bisa otomatis mendapat perlindungan isi rumah seperti beragam furnitur serta barang berharga yang ada di rumah Sahabat.

Oleh karena itu, pahami lagi ketentuan perjanjian dan manfaat dari produk asuransi rumah yang akan Sahabat miliki.

(Baca juga: Tips Pilih Produk Asuransi Rumah Terbaik)

4.      Bebas Biaya Rumah Sakit

Jika suatu waktu terjadi peristiwa kebakaran di rumah Sahabat dan terjadi kecelakaan akibat peristiwa tersebut, Sahabat tidak perlu mengkhawatirkan perihal biaya perawatannya. Sebab, asuransi rumah juga menanggung biaya tersebut.

Oleh karena itu, memiliki produk asuransi rumah dapat menjadi solusi preventif yang perlu dipertimbangkan.

5.      Dijadikan Syarat Pengajuan Pinjaman

Tidak hanya sebagai pengganti kerugian finansial, asuransi rumah juga dapat Sahabat gunakan untuk memenuhi salah satu syarat mengajukan pinjaman.

Pasalnya, lembaga keuangan seperti bank, BPR, ataupun lembaga keuangan nonbank lainnya menjadikan asuransi rumah sebagai syarat jaminan.

(Baca juga: Ini Dia Contoh Lembaga Keuangan Nonbank di Indonesia)

6.      Menjaga Nilai Rumah

Nilai rumah yang dimaksud ialah nilai jual kembali bangunan yang Sahabat tinggali atau jadikan instrumen investasi tadi.

Bagaimana cara asuransi rumah menjaga nilai jual kembali rumah Sahabat?

Perusahaan asuransi akan senantiasa memberikan penggantian jika terjadi kerusakan pada sebagian atau keseluruhan rumah. Apapun akibatnya, kecuali faktor kesengajaan. Tentunya penggantian yang diberikan dan rentang waktu penanggungan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Karena kondisi bangunan rumah tinggal Sahabat selalu dalam keadaan tidak rusak, meskipun berada di wilayah rawan bencana sebut saja, nilai bangunan rumah tersebut tetap terjaga karena tidak rusak.

7.      Bebas dari Tuntutan Hukum

Asuransi rumah juga dapat membebaskan Sahabat dari tuntutan hukum. Hal ini bisa saja terjadi dalam kondisi tempat tinggal mengalami kebakaran yang tidak biasa, hingga menyebabkan korban luka.

Meski kebakaran tersebut terjadi tanpa faktor kesengajaan, tentu ganti rugi tetap harus dibayarkan kepada korban. Segala sesuatunya yang berhubungan dengan proses penggantian kerugian tentu memakan waktu dan biaya. Belum lagi jika tidak terbiasa menghadapi persoalan ini hingga terjadi kesalahan yang berpotensi menimbulkan tuntutan hukum.

Dengan memiliki asuransi rumah, segala proses di atas akan diambil alih oleh perusahaan asuransi. Termasuk dengan konsekuensi terkait penggantian kerugian tersebut. Sehingga, Sahabat dapat terbebas dari potensi tuntutan hukum.

8.      Mengurangi Pengeluaran

Tentu hal ini tidak dapat Sahabat rasakan di awal memiliki produk asuransi rumah. Akan tetapi, setelah melihat ketujuh poin manfaat di atas, tentu bukan hal yang berlebihan bila memiliki asuransi cukup berpengaruh dalam mengurangi pengeluaran Sahabat terkait biaya perawatan rumah akibat faktor yang tidak terduga.

Dengan membayar premi atau kontribusi tiap bulan atau tiap tahun, Sahabat sudah dapat penggantian biaya kerugian dari perusahaan asuransi, yang tentu saja jumlahnya bisa jadi tidak sedikit.

Itu tadi sekilas info tentang pengertian asuransi rumah dan manfaat asuransi rumah tinggal. Semoga informasinya bermanfaat ya.

Bagi sahabat yang membutuhkan asuransi rumah tinggal yang berdasarkan prinsip syariah, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia menyediakan pilihan asuransi rumah tinggal yang sesuai dengan kebutuhan sahabat, dengan memberikan tiga aspek perlindungan. Perlindungan diri dan keluarga berupa santunan kecelakaan diri, perlindungan rumah tinggal serta perlindungan harta benda yang ada didalammya. 

Foto: Unsplash

Artikel Lainnya

Biaya Akuisisi: Pengertian dan Hal yang Harus Diperhatikan

Yuk cari tahu lebih lanjut tentang pengertian biaya akuisisi dalam asuransi di artikel ini!
Baca sekarang

Asuransi yang Cocok untuk Anak, Emang Ada?

Yuk cari tahu asuransi anak yang cocok untuk dimiliki di artikel ini!
Baca sekarang

Begini Cara Kerja Asuransi Demam Berdarah

Yuk baca lagi tentang cara kerja asuransi demam berdarah di artikel ini!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu