Hal Penting tentang Asuransi Kecelakaan Pesawat yang Kamu Perlu Tahu

2022-01-10 09:38:44

asuransi kecelakaan pesawat - Berbagai wilayah di dunia memiliki keindahannya tersendiri. Oleh sebab itu, tidak heran banyak orang sengaja meluangkan waktu dan uang yang tidak sedikit hanya untuk mengeksplor satu per satu keindahan tersebut. Tentu karena jarak yang ditempuh tidak dekat, pesawat menjadi pilihan yang paling efektif. Akan tetapi, risiko dari pesawat sendiri pun besar, sehingga tidak jarang produk asuransi kecelakaan pesawat ikut di dalamnya.

Akan tetapi, apa itu asuransi kecelakaan pesawat? Apa saja manfaatnya dan siapa saja yang memerlukan produk tersebut?

Temuin jawabannya di artikel berikut yuk!

Pengertian Asuransi Kecelakaan Pesawat

Mari kita bahas lebih dulu tentang pengertian asuransi kecelakaan pesawat. Asuransi kecelakaan pesawat adalah produk perlindungan diri secara keuangan akibat peristiwa tidak menyenangkan yang terjadi, dan diakibatkan oleh kecelakaan pesawat.

Asuransi kecelekaan pesawat merupakan salah satu dari beberapa jenis produk asuransi umum. Mengapa asuransi umum? Karena kerugian yang ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi adalah kerugian yang terjadi pada benda mati. Berbeda dengan asuransi jiwa yang menanggung kerugian yang dialami oleh manusia.

Tidak hanya dalam bentuk konvensional, asuransi kecelakaan pesawat juga dapat Sahabat temukan dalam bentuk syariah.

Jenis Asuransi Kecelakaan Pesawat

Setelah mengetahui apa itu asuransi kecelakaan pesawat, yuk cari tahu jenis apa saja yang bisa Sahabat pilih saat ingin memiliki produk ini.

Berikut 2 jenis asuransi kecelakaan pesawat yang berhasil Wakalahmu rangkum:

  1. Aviation

Sesuai dengan namanya, jenis asuransi kecelakaan pesawat yang satu ini melindungi nilai finansial para penumpang penerbangan resminya apabila terjadi risiko pada pesawat selama penerbangan. Para awak kapal juga akan diberikan kompensasi dalam jenis asuransi kecelakaan pesawat ini.

Risiko atau peristiwa merugikan yang akan ditanggung kerugian finansialnya oleh perusahaan asuransi antara lain:

Besaran nominal ganti rugi yang diterima oleh para penumpang dan awak kapal apabila terjadi salah satu dari risiko di atas, menyesuaikan dengan peraturan masing-masing perusahaan.

  1. Personal Accident

Jenis yang kedua ialah personal accident. Jika pada jenis aviation, perlindungan hanya bisa didapat ketika terjadi sesuatu yang merugikan terhadap pesawat, personal accident merupakan produk asuransi kecelakaan pesawat yang melindungi tiap individu penumpang dari tiap risiko yang terjadi selama sebelum hingga berakhirnya penerbangan.

Jadi, jika Sahabat ingin terlindungi dari risiko selama penerbangan resmi, asuransi kecelakaan pesawat jenis inilah yang dipilih. Ciri dari penerbangan resmi yang dimaksud ialah:

Untuk mengetahui dengan detail apa saja manfaat dari asuransi kecelakaan pesawat, yuk simak paragraf berikut.

Manfaat Asuransi Kecelakaan Pesawat

Mengetahui manfaat asuransi kecelakaan pesawat juga perlu lho Sahabat. Tentunya agar Sahabat tidak merasa rugi saat membeli produk ini, memahami manfaat dengan baik juga dapat membantu Sahabat memeroleh perlindungan finansial maksimal.

Setidaknya ada 5 manfaat asuransi kecelakaan pesawat, sebagai berikut:

  1. Tutup Usia

Manfaat pertama ialah meninggal dunia.

Tidak melulu disebabkan oleh kecelakaan pesawat, jika ada penumpang yang tutup usia disebabkan oleh faktor yang terkait dengan pengangkutan udara, tentu ahli waris penumpang tersebut akan menerima ganti rugi atas risiko yang terjadi, dalam bentuk santunan dana.

Besar santunan dana tersebut berbeda jumlahnya. Faktor yang menentukan perbedaan nominal tersebut ialah lokasi penumpang tersebut mengalami risiko ini.

Jika penumpang mengalami tutup usia saat berada di dalam pesawat, dan disebabkan oleh faktor yang telah disebutkan di atas, ahli waris penumpang tersebut dapat menerima santunan dana yang besarnya mencapai satu miliar dua ratus lima puluh juta rupiah (Rp 1.250.000.000) untuk tiap penumpangnya.

Beda halnya jika penumpang tersebut dalam proses beranjak dari ruang tunggu bandara menuju pesawat. Atau pada saat penumpang sedang proses turun dari pesawat menuju ruang kedatangan bandara tujuan atau transit. Besar santunan dana yang akan diterima ahli waris mencapai lima ratus juta rupiah (Rp 500.000.000) untuk tiap penumpangnya, jika terjadi risiko tutup usia.

  1. Cacat Tetap

Manfaat kedua ialah cacat tetap.

Apabila penumpang mengalami risiko pada saat proses penerbangannya, hingga mengakibatkan terjadinya cacat tetap, penumpang tersebut akan menerima sejumlah dana yang besarnya mencapai satu miliar dua ratus lima puluh juta rupiah (Rp 1.250.000.000) tiap penumpangnya.

Definisi dari cacat tetap yang dimaksud ialah sebagai berikut:

Meski definisi di atas cukup jelas, tetap perlu diingat ya Sahabat, bahwa ada syarat tertentu yang harus dipenuhi agar dapat memeroleh jumlah santunan seperti di atas.

Syarat tersebut ialah keputusan terkait cacat total tersebut tidak lebih dari 60 hari sejak terjadinya risiko. Keputusan tersebut pun harus dinyatakan oleh dokter.

  1. Cacat Tetap Sebagian

Berbeda dengan cacat total, cacat tetap sebagian lebih kepada kehilangan anggota tubuh tanpa menghilangkan fungsi dasar anggota tubuh tersebut.

Sebagai contoh, putusnya jari tengah akibat risiko yang terjadi selama penerbangan akibat faktor yang terkait dengan kegiatan penerbangan itu sendiri. Hilangnya salah satu jari tersebut tidak akan menghilangkan fungsi dasar yang dimiliki oleh tangan itu sendiri.

Meski berbeda definisi, syarat dari manfaat ini serupa dengan cacat tetap, yakni keputusan dikeluarkan tidak lebih dari 60 hari sejak terjadinya risiko dan harus dikeluarkan oleh dokter.

Manfaat santunan dana yang diterima ialah sebesar seratus lima puluh juta rupiah (Rp 150.000.000) untuk tiap penumpang.

  1. Luka yang Membutuhkan Perawatan

Manfaat selanjutnya ialah rawat jalan atau inap di klinik atau rumah sakit akibat kecelakaan atau faktor lain yang berhubungan dengan kegiatan penerbangan.

Tiap penumpang yang mengalami risiko ini akan menerima santunan dana sebagai berikut:

  1. Kerusakan atau Kehilangan Barang

Sesuai namanya, manfaat akan diperoleh saat penumpang mengalami kehilangan atau kerusakan barang.

Besar manfaat berupa santunan dana tersebut ialah sebagai berikut:

Nah, itu dia sedikit pembahasan tentang pengertian asuransi kecelakaan pesawat, jenis, serta manfaatnya. Meski mungkin Sahabat beberapa kali tidak merasa perlu, tetapi memiliki asuransi kecelakaan pesawat dapat dipertimbangkan sebagai tindakan preventif lho.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Apa Itu Rider Asuransi? Plus Kategori dan Tipsnya

Udah tau apa itu rider asuransi jiwa? Kalau belum, artikel ini cocok buat kamu!
Baca sekarang

4 Perbedaan Asuransi Jiwa VS Asuransi Kesehatan

Sahabat pasti sudah dengar tentang asuransi jiwa. Akan tetapi, apa Sahabat tahu perbedaan asuransi jiwa dengan asuransi kesehatan yang cukup sering tertukar? Baca di artikel ini ya!
Baca sekarang

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Pesawat Tanpa Ditolak

Ini lho cara klaim asuransi kecelakaan pesawat! Yuk digali Sahabat!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu