Bukan untuk Investasi, Ternyata Begini Alasan Pentingnya Punya Asuransi

2022-09-19 07:36:30

pentingnya asuransi - pentingnya asuransi jiwa, kesehatan, ataupun asuransi lainnya adalah satu dari beberapa pertimbangan yang muncul saat Sahabat akan memilih asuransi. lalu, apa benar kalau asuransi memang penting bagi semua orang? Sehingga Sahabat pun harus memiliki asuransi? atau jangan-jangan hanya omongan belaka?

Nah, daripada bertanya-tanya sendiri, coba pertimbangin bareng artikel berikut yuk!

Pentingnya asuransi bagi diri

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu manusia melakukan mobilitas untuk beraktifitas. Baik menggunakan motor, mobil, sepeda, atapun kendaraan umum lainnya.

Mayoritas, di tiap kendaraan pasti akan dilengkapi dengan fitur rem. Adanya fitur ini tentu bukan berarti mengharapkan terjadinya kecelakaan, tetapi sebagai usaha untuk berkendara dengan aman.

Tampaknya, konsep rem ini dapat kita temukan kemiripannya dalam dunia keuangan pribadi pada asuransi. memiliki asuransi tidak sama dengan berharap kejadian buruk segera menimpa kita. hanya saja, asuransi dimaksudkan sebagai pengaman tata kelola keuangan bilamana terjadi peristiwa tidak menguntungkan tersebut.

Bahkan, Sahabat dapat sekaligus meniatkan untuk berinfak pada sesama dengan premi atau kontribusi yang Sahabat bayarkan dengan memiliki asuransi syariah.

Jadi, ada 4 hal berikut yang setidaknya bisa Sahabat pertimbangkan penting atau tidaknya untuk memiliki asuransi:

  1. Menjaga stabilitas pengelolaan keuangan

Pentingnya asuransi yang pertama ialah dapat menjaga kestabilan pengelolaan keuangan Sahabat.

Mengapa demikian?

Untuk memiliki pengelolaan keuangan yang baik, idealnya seseorang memiliki pengaman atau pelindung keuangan. Pada umumnya, pengaman keuangan ini bisa berupa dana darurat yang tepat serta asuransi.

Oleh sebab itu, asuransi dan asuransi syariah yang berperan sebagai pengaman finansial tersebut, dapat menjaga stabilitas pengelolaan dana yang telah Sahabat anggarkan untuk tujuan jangka panjang ataupun pendek.

Dengan demikian, saat risiko menghampiri, pengelolaan dana beserta jumlah dananya tidak akan terganggu karena asuransi yang mengambil alih.

  1. Memberi sedikit ketenangan

Pentingnya asuransi yang kedua yaitu dapat memberi sedikit ketenangan untuk Sahabat.

Bagaimana caranya?

Pada dasarnya, risiko adalah hal yang pasti terjadi dalam hidup. Tergantung dari jenis risikonya, cara penanganannya pun tentu berbeda.

Asuransi atau asuransi syariah adalah salah satu cara untuk menangani risiko yang jarang terjadi, tetapi jumlah kerugiannya tidak kecil, seperti dirawat di rumah sakit, kecelakaan, ataupun terkena bencana alam.

Dengan demikian, memiliki asuransi syariah berarti Sahabat sudah melakukan tindakan preventif dalam menangani risiko tersebut.

Sehingga, dapat memberi sedikit ketenangan pikiran.

Belum lagi fasilitas dan layanan kesehatan yang diperoleh dari asuransi sudah terjamin kualitasnya.

  1. Membantu pastikan tercapainya rencana pendidikan anak

Pentingnya asuransi selanjutnya adalah membantu memastikan terwujudnya rencana pendidikan buah hati Sahabat.

Dengan memiliki asuransi pendidikan, Sahabat dapat mengamankan dana pendidikan anak-anak Sahabat di masa depan.

Dengan demikian, meski kondisi ekonomi sedang tidak baik di tahun putra-putri Sahabat melanjutkan sekolahnya, dana sekolah tetap aman.

  1. Mempertahankan Gaya Hidup

Mempertahankan gaya hidup adalah pentingnya asuransi yang keempat.

Di mayoritas rumah tangga di Indonesia, posisi pencari nafkah utama ditempati oleh orang tua laki-laki.

Meski ada pula orang tua perempuan yang bekerja, tetapi persentasenya mayoritas tidak sebesar laki-laki.

Dengan begitu, kemungkinan gaya hidup berubah ketika pencari nafkah tutup usia pun sangat besar kemungkinannya.

Oleh sebab itu, salah satu cara mempertahankan gaya hidup keluarga bahkan setelah pencari nafkah utama meninggal dunia adalah dengan asuransi jiwa syariah.

Tentu apabila pencari nafkah utama adalah orang tua perempuan, maka ialah yang idealnya memiliki asuransi jiwa syariah.

Itu dia uraian tentang pentingnya asuransi, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, serta asuransi lain pada umumnya. Semoga informasi tadi bermanfaat ya!

Lagi cari info tentang asuransi syariah lainnya? Jangan bingung cari sumber yang kredibel, karena Wakalahmu menyediakan artikel-artikel yang bisa membantu Sahabat mengerti asuransi syariah dengan mudah.

Atau sedang lihat-lihat contoh produk asuransi syariah? Pas banget! Sahabat bisa klik di sini untuk lihat beragam produk asuransi syariah yang ada di marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia!

Sahabat juga bisa kunjungi fitur kalkulator zakat untuk hitung jumlah zakat yang harus dibayar tanpa ribet.

Jadi, yuk cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Hindari Klaim Ditolak Dengan Cara Klaim Asuransi Kebakaran Berikut`

Ini dia cara klaim asuransi kebakaran tanpa ditolak! Plus tips kenapa klaim asuransi kok bisa ditolak ada di artikel ini lho!
Baca sekarang

4 Perbedaan Asuransi Jiwa VS Asuransi Kesehatan

Sahabat pasti sudah dengar tentang asuransi jiwa. Akan tetapi, apa Sahabat tahu perbedaan asuransi jiwa dengan asuransi kesehatan yang cukup sering tertukar? Baca di artikel ini ya!
Baca sekarang

Hal Penting tentang Asuransi Kecelakaan Pesawat yang Kamu Perlu Tahu

Yuk cari tahu serba serbi asuransi kecelakaan pesawat dalam satu artikel!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu