Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Pesawat Tanpa Ditolak

2022-01-10 23:43:12

klaim asuransi kecelakaan pesawat - Apakah Sahabat pernah mendengar tentang asuransi kecelakaan pesawat? Rasanya istilah ini cukup akrab, terutama bagi Sahabat yang sering bepergian via transportasi udara ini ya. Asuransi ini biasanya sudah termasuk ke dalam tiket pesawat yang dibeli. Akan tetapi, apa Sahabat sudah pernah, atau tahu bagaimana cara klaim asuransi kecelakaan pesawatnya?

Yuk liat artikel ini untuk pastikan tidak ada dokumen yang terlewat pada saat nanti klaim!

Apa Itu Asuransi Kecelakaan Pesawat

Sebelum lanjut, mari kita bahas sedikit tentang pengertian asuransi kecelakaan pesawat.

Asuransi kecelakaan pesawat adalah produk yang memberikan ganti rugi dalam bentuk sejumlah dana, apabila terjadi peristiwa tidak menyenangkan yang diakibatkan oleh kecelakaan pesawat.

Terdapat pilihan konvensional dan syariah untuk jenis asuransi ini. Selain itu, asuransi kecelekaan pesawat merupakan salah satu dari beberapa jenis produk asuransi umum. Mengapa asuransi umum? Karena kerugian yang ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi adalah kerugian yang terjadi pada benda mati. Berbeda dengan asuransi jiwa yang menanggung kerugian yang dialami oleh manusia.

Jenis Asuransi Kecelakaan Pesawat

Asuransi kecelakaan pesawat yang umum beredar di Indonesia terdiri dari 2 jenis. Oleh sebab itu, berikut 2 jenis asuransi kecelakaan pesawat yang berhasil Wakalahmu rangkum:

  1. Aviation

Sesuai dengan namanya, jenis asuransi kecelakaan pesawat yang satu ini melindungi nilai finansial para penumpang penerbangan resminya apabila terjadi risiko pada pesawat selama penerbangan. Para awak kapal juga akan diberikan kompensasi dalam jenis asuransi kecelakaan pesawat ini.

Risiko atau peristiwa merugikan yang akan ditanggung kerugian finansialnya oleh perusahaan asuransi antara lain:

Besaran nominal ganti rugi yang diterima oleh para penumpang dan awak kapal apabila terjadi salah satu dari risiko di atas, menyesuaikan dengan peraturan masing-masing perusahaan.

  1. Personal Accident

Jenis yang kedua ialah personal accident. Jika pada jenis aviation, perlindungan hanya bisa didapat ketika terjadi sesuatu yang merugikan terhadap pesawat, personal accident merupakan produk asuransi kecelakaan pesawat yang melindungi tiap individu penumpang dari tiap risiko yang terjadi selama sebelum hingga berakhirnya penerbangan.

Jadi, jika Sahabat ingin terlindungi dari risiko selama penerbangan resmi, asuransi kecelakaan pesawat jenis inilah yang dipilih. Ciri dari penerbangan resmi yang dimaksud ialah:

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Pesawat

Ada beberapa langkah yang baiknya Sahabat perhatikan pada saat mengajukan klaim asuransi kecelakaan pesawat. Perkiraan besar nominal uang yang akan diterima berbeda, tergantung faktor ini.

Setidaknya ada 7 langkah cara klaim asuransi pesawat, sebagai berikut:

  1. Persiapkan dokumen yang diperlukan

Cara awal untuk mengajukan klaim ialah memersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Memang tidak terlalu penting bagi sebagian orang. Namun melakukan proses ini di awal dapat menghemat waktu secara signifikan.

Dokumen yang dibutuhkan ialah:

  1. Isi formulir pengajuan klaim

Sahabat dapat menghubungi layanan pelanggan dari perusahaan asuransi yang menerbitkan polis terkait, untuk mendapatkan formulir. Selain itu, formulir juga pada umumnya dapat diakses di website perusahaan asuransi.

  1. Lampirkan surat keterangan kecelakaan dari kepolisian

Jika Sahabat mengalami kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan pesawat, surat keterangan kecelakaan dari kepolisian terdekat menjadi berkas yang harus ikut dilampirkan.

  1. Sertakan akta kematian dari rumah sakit

Fungsi dari akta kematian ini ialah untuk menguatkan alasan kematian yang terjadi pada korban. Karena, apabila sebab dari kematian tidak terkait dengan aktivitas penerbangan, kemungkinan besar perusahaan asuransi tidak akan memberikan santunan tersebut.

Usahakan akta kematian yang didapat telah dilegalisir.

  1. Serahkan bukti identitas pemilik polis dan ahli waris

Dokumen bukti identitas yang dimaksud tidak hanya KTP. Sahabat pun dapat melampirkan KK, surat nikah, dan akta kelahiran sebagai bukti. Sesuaikan bukti identitas diri yang diberikan dengan hubungan antara pemilik polis dan ahli waris. Seperti: buku nikah jika pemilik polis dan ahli waris adalah suami istri; kartu keluarga dan akta kelahiran jika pemilik polis dan ahli waris adalah orangtua dan anak.

  1. Lampirkan polis asuransi

Tentu polis asuransi yang dimiliki juga ikut disertakan. Tidak harus yang tercetak, karena sebagian besar perusahaan asuransi telah menerapkan e-policy atau polis elektronik.

Namun, jika Sahabat memiliki polis yang berbentuk cetak dan ternyata hilang, ada alternatif lain. Lampirkan surat keterangan hilang polis dari kantor polisi saat akan mengajukan klaim.

  1. Berikan nomor rekening ahli waris

Meski tahap ini berada di urutan terakhir, penyertaan nomor rekening sangat penting ya Sahabat. Pastikan lagi bahwa dokumen yang dikirimkan dapat dibaca dengan jelas. Nama dan nomor rekeningnya pun sesuai dengan data diri yang diberikan.

Karena, jika pengajuan klaim diizinkan, tentu santunan dana yang diberikan akan dikirimkan melalui nomor rekening yang telah dikirimkan dalam berkas.

Nah, itu dia sedikit pembahasan tentang apa itu asuransi kecelakaan pesawat, jenis, serta cara klaim asuransi kecelakaan pesawat. Dengan mengetahui di awal tentang cara klaim, setidaknya akan memberi sedikit ketenangan jika suatu saat risiko tersebut datang.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Foto: Unsplash.com

Artikel Lainnya

Sambut Hari Asuransi Nasional, Lihat-Lihat Mitos di Dunia Asuransi Yuk!

Yuk cari tahu apa saja mitos di dunia asuransi di artikel berikut!
Baca sekarang

Bukan untuk Investasi, Ternyata Begini Alasan Pentingnya Punya Asuransi

Yuk cari tahu apa pentingnya asuransi di artikel ini!
Baca sekarang

7 Contoh Asuransi Bencana Alam yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Yuk cari tahu lebih banyak tentang asuransi bencana alam di artikel ini!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu