5 Influencer Keuangan Syariah dan Konvensional Ini Bikin Lebih Melek Soal Finansial!

2022-11-28 06:41:52

influencer keuangan - Apakah orang yang mempunyai utang menggunung masih bisa menabung? Bila Sahabat pernah memiliki pertanyaan seperti itu, maka jawaban terhemat namun berkualitas ialah dengan mengeksplor sosmed influencer keuangan. Tetapi, siapa saja influencer yang cukup kompeten baik syariah maupun konvensional?

Nah, Wakalahmu sudah siapkan jawabannya di sini. Cek yuk!

5 Influencer Keuangan

Dewasa ini, mencari informasi apapun semakin mudah bahkan untuk orang yang tidak suka membaca.

Berkembangnya platform media sosial berbasis video pun semakin memanjakan para penggunanya dalam memeroleh informasi, termasuk informasi keuangan.

Dengan satu kali ketik di platform media sosial, jawaban dari pertanyaan tersebut muncul serentak dalam jumlah yang cukup banyak.

Nah, di sinilah kehati-hatian dibutuhkan. Saat memilih jawaban, tentu harus selektif dan berhati-hati. Pastikan influencer tersebut berkapasitas di bidangnya, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, ini dia 6 rekomendasi influencer keuangan syariah dan konvensional yang berhasil Wakalahmu rangkum:

  1. Dera Amelia

Influencer keuangan pertama yang bisa Sahabat jadikan referensi ialah Dera Amelia.

Dengan spesialisasi di bidang keuangan syariah, wanita yang mengantongi lisensi CFP, IFP, dan QWP ini aktif membagikan tips seputar pengelolaan keuangan yang mayoritasnya dekat dengan wanita.

Selain berbagi konten literasi keuangan di media sosial pribadinya, Dera Amelia juga akif diundang untuk mengisi acara terkait finansial, serta tergabung dalam sebuah platform edukasi dan konsultasi keuangan syariah.

Jika Sahabat mengunjungi Instagram Dera Amelia, maka mayoritas kontennya berbentuk jawaban dari pertanyaan para pengikutnya.

Konten tersebut ditampilkan dalam bentuk carousel serta format video reels, sehingga tidak monoton.

Saat ini, perempuan bernama lengkap Dewi Ratna Dera Amelia ini tengah menjalani studi untuk gelar Master di bidang keuangan syariah di Inggris.

  1. Felicia Putri Tjiasaka

Influencer keuangan selanjutnya adalah Felicia Putri Tjiasaka. Influencer keuangan yang satu ini aktif di beberapa media sosial seperti Youtube, Instagram, dan Tiktok.

Felicia memiliki sertifikasi CFA (Chartered Financial Analyst) dan fokus pada pembahasan tentang investasi.

Meski begitu, tidak jarang Ia membagikan video singkat tentang tips perhitungan dari kegiatan ekonomi sehari-hari, serta sisi lain dari perspektif keuangan yang tengah berkembang.

Tidak hanya itu, Felicia bersama rekan-rekannya mendirikan startup keuangan, yang belum lama ini menerima suntikan dana dari investor.

  1. Andhika Deskartes

Influencer keuangan yang ketiga adalah Andika Diskartes. Saat ini, Andika aktif di beberapa media sosial miliknya seperti Instagram, siniar, serta situs pribadinya. Andika juga aktif hadir di berbagai acara bertema keuangan baik daring maupun luring.

Hingga saat ini, Andhika sudah 12 tahun berkecimpung di industri keuangan. Fokus spesialisasinya ialah keuangan personal, strategi investasi, serta teknologi finansial.

Berbeda dengan influencer sebelumnya, Andhika banyak menampilkan konten-kontennya di media sosial khususnya Instagram dalam format carousel.

Menggunakan warna utama yang cerah untuk desainnya, sepertinya konten Andhika Diskartes cukup cocok dengan kawula muda. 

  1. Prita Hapsari Ghozie

Selain aktif di kanal pribadinya, Prita Hapsari Ghozie juga merupakan CEO dan konsultan keuangan aktif di sebuah lembaga mentor keuangan.

Prita aktif membagikan konten-kontennya di berbagai platform, antara lain Instagram dan Twitter.

Jenis konten yang dihadirkan pun cukup beragam. Mulai dari kegiatan sehari-hari dirinya, hingga tips keuangan, perjalanan karier, hingga tentang drama korea.

Prita sendiri memiliki banyak sekali sertifikasi, di antaranya Master of Communication, GCertFP, CFP, QWP, hingga AEPP. Prita juga aktif menulis beberapa buku yang juga terkait dengan keuangan.

Jangan takut bosan saat mengunjungi profil influencer yang satu ini di media sosial khususnya Instagram. Penyajian kontennya yang beragam mulai dari carousel hingga reels, serta pemilihan warnanya yang ciamik membuat Prita lebih populer di kalangan wanita.

  1. Coach Yuszak

Influencer keuangan yang kelima ialah Coach Yuszak. Pria bernama lengkap Yuszak M Yahya ini juga merupakan seorang CEO perusahaan bumbu instan yang tengah berkembang.

Bila Sahabat tengah menjalankan bisnis atapun tertarik untuk memulai usaha, influencer keuangan yang satu ini bisa Sahabat jadikan rekomendasi. 

Tidak seperti influencer keuangan sebelumnya, spesialisasi Coach Yuszak lebih ke arah pengelolaan keuangan bisnis untuk UMKM.

Coach Yuszak aktif membagikan kontennya di platform media sosial Instagramnya. Format penyajian kontennya pun beragam, mulai dari video reels hingga carousel.  

Selain itu, influencer keuangan yang satu ini pun aktif mengisi acara bertema keuangan secara luring maupun daring.

Itu dia informasi tentang 5 influencer keuangan syariah dan konvensional untuk rekomendasi Sahabat. Semoga infonya bermanfaat ya.

Bila Sahabat telah memenuhi syarat wajib umrah dan berencana melakukan umrah dalam waktu dekat, maka umrah ini bisa jadi solusinya!

Lagi cari info tentang asuransi syariah? Jangan bingung cari sumber yang kredibel, karena Wakalahmu menyediakan artikel-artikel yang bisa membantu Sahabat mengerti asuransi syariah secara singkat.

Atau sedang lihat-lihat contoh produk asuransi syariah? Pas banget! Sahabat bisa klik di sini untuk lihat beragam produk asuransi syariah yang ada di marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia!

Sahabat juga bisa kunjungi fitur kalkulator zakat untuk hitung jumlah zakat yang harus dibayar tanpa ribet.

Jadi, yuk cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Pixabay.com

Artikel Lainnya

Apa Itu Aset Tetap: Jenis, Contoh, dan Cara Memperolehnya

Cari tahu tentang pengertian aset tetap, ciri-ciri, jenis, dan contoh aset tetap di artikel ini yuk Sahabat!
Baca sekarang

Manajemen Aset: Pengertian, Cara, dan Manfaatnya!

Ayo cari tahu cara manajemen asetmu, dan manfaatnya juga di artikel ini!
Baca sekarang

Fungsi Lembaga Keuangan di Indonesia

Hadirnya banyak lembaga keuangan tentu disertai dengan fungsi. Yuk cari tahu fungsi lembaga keuangan di artikel ini!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu