Arti Takaful dalam Islam

2022-01-31 19:05:18

arti takaful - Pernahkah Sahabat mendengar istilah takaful? Bagi sebagian orang, takaful merupakan kata yang cukup asing. Setidaknya, kata ini tidak lebih banyak diketahui jika dibandingkan dengan kata investasi. Akan tetapi, jika Sahabat cukup aktif di dunia ekonomi khususnya ekonomi Islam, tidak hanya kata, bahkan mungkin arti takaful pun sudah mengetahuinya.

Jadi, apa ya arti takaful? Liat penjelasannya di artikel ini yuk!

Pengertian Takaful

Pertama, mari kita bahas tentang ap aitu takaful lebih dulu. Takaful adalah kata yang berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti menolong, memberi nafkah, mengambil alih kesulitan seseorang. Takaful berasal dari akar kata kafala dalam bahasa Arab.

Kata takaful termasuk kata yang cukup baru. Oleh karena itu, Sahabat tidak akan menemukan kata takaful di dalam semua surat al-Quran. Tidak hanya al-Quran, kata takaful juga tidak akan ditemukan dalam hadis Rasul.

Hanya saja, konsep dari menolong dan mengambil alih kesulitan seseorang tentu telah ada di zaman Nabi. Bukan takaful, tetapi istilah yang digunakan kala itu ialah aqilah.

Arti Takaful Dalam Islam

Setelah membahas tentang apa itu takaful, kita lanjut lagi untuk membahas arti takaful dalam Islam. Dalam Islam, kata takaful termasuk ke dalam lingkup bahasan muamalah. Muamalah adalah segala kegiatan yang mengatur hal apa pun yang terkait dengan interaksi sesama manusia.

Karena manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial, tentu menarik juga untuk mengetahui arti takaful dalam Islam.

Lebih spesifiknya, takaful merupakan istilah yang terkait dengan bidang ekonomi Islam dalam muamalah.

Arti kata takaful adalah Saling memikul risiko antara sesama muslim sehingga antara satu dengan yang lainnya menjadi penanggung atas risiko yang lainnya.

Contoh takaful dalam kehidupan sehari-hari adalah asuransi syariah. Cara kerja suransi syariah ialah dengan takaful. Peserta asuransi membayar premi atau kontribusi dengan niat sedekah, yang nantinya semua kontribusi akan dikumpulkan di satu tempat dan digunakan untuk membayarkan peserta asuransi yang sedang terkena risiko.

Akan tetapi, takaful lebih umum diasosiasikan dengan asuransi syariah itu sendiri dibandingkan dipahami sebagai cara kerja asuransi syariah. Hal ini disebabkan karena hadirnya asuransi syariah pertama kali di Indonesia dimulai oleh sebuah perusahaan bernama PT. Asuransi Takaful Keluarga.

Asuransi Takaful Keluarga pertama kali berdiri pada kuartal keempat tahun 1994 di Indonesia. Meski produk asuransi yang ditawarkan perusahaan ini lengkap, yakni asuransi jiwa dan asuransi umum, akan tetapi produk asuransi jiwa yang lebih dulu dikenal dengan baik oleh masyarakat Indonesia saat itu.

Pasalnya, perusahaan yang menyediakan produk dan layanan asuransi jiwa bernama PT. Asuransi Takaful Keluarga. Sedangkan untuk produk dan layanan asuransi umum ditawarkan di bawah PT Asuransi Takaful Umum.

Itu tadi sedikit bahasan info tentang pengertian takaful dan arti takaful dalam Islam. Apakah informasi tentang pengertian takaful dan arti takaful dalam Islam cukup menarik bagi Sahabat? Bagikan juga ke teman dekat Sahabat ya untuk jadi tambahan bahan obrolan.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Tidak hanya itu, tersedia juga kalkulator zakat untuk bantu Sahabat hitung jumlah zakat yang harus dibayar.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Foto: sabq.org/Xwq6L4

Artikel Lainnya

Waktu Sholat Tahajud Terbaik + Tata Cara, Niat, dan Doa Sholat Tahajud

Yuk cari tahu kapan waktu sholat tahaju terbaik di artikel ini!
Baca sekarang

Bagaimana Niat Puasa Asyura untuk Dapat Keutamaan Puasanya?

Yuk cari tahu niat puasa asyura dan keutamaan puasa asyura di artikel ini!
Baca sekarang

Apa Itu Baitul Mal?

baitul mal adalah hal yang cukup familiar ya bagi umat Muslim. tapi, apa itu baitul mal? Cek jawabannya di sini yuk!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu