Asuransi Syariah, Banyak Gak Ya Produknya?

2022-08-16 10:50:53

Produk asuransi syariah - Produk asuransi syariah yang beredar di Indonesia terdiri dari banyak jenis dan pilihan. Oleh sebab itu, Sahabat tidak perlu khawatir untuk kekurangan pilihan saat ingin memiliki perlindungan yang syariah. Akan tetapi, apa Sahabat sudah tahu apa saja jenis dan produk asuransi syariah tersebut?

Nah, langsung cari tahu jawabannya di artikel berikut yuk!

Asuransi syariah

Asuransi syariah adalah jenis asuransi yang berbeda dengan asuransi konvensional. Pasalnya, prinsip yang digunakan oleh asuransi syariah dan asuransi konvensional berbeda.  

Oleh sebab itu, asuransi syariah adalah pilihan terbaik bagi Sahabat yang ingin menjalani halal lifestyle ataupun Sahabat yang ingin memiliki asuransi berbasis syariat Islam.

Jadi, asuransi syariah bisa dimiliki siapapun tanpa batasan etnis ataupun agama.

Lalu, apa saja ya produk asuransi syariah?

Produk asuransi syariah

Produk asuransi syariah tidak kalah bervariasi dengan produk asuransi konvensional. Meski harus diakui, ada perusahaan asuransi konvensional yang memang tidak menawarkan produk asuransi syariah.

Akan tetapi, jika pada dasarnya perusahaan asuransi tersebut besar dan sudah memenuhi syarat untuk menyediakan produk asuransi syariah, Sahabat akan mudah menemukan asuransi syariah mereka.

Berikut jenis produk asuransi syariah yang ada di Indonesia:

  1. Asuransi Jiwa Syariah

Produk asuransi syariah pertama adalah asuransi jiwa.

Serupa dengan asuransi jiwa konvensional, asuransi jiwa syariah adalah produk asuransi yang melindungi kehidupan anggota yang ditinggalkan di saat pencari nafkah utama tutup usia.

Meski serupa, ada perbedaan fundamental antara asuransi jiwa syariah dan konvensional. Beberapa di antaranya adalah niat utama kepemilikan asuransi serta sistem pembayaran santunan kepada nasabah yang terkena risiko.

  1. Asuransi Kesehatan Syariah

Produk asuransi syariah kedua ialah asuransi kesehatan syariah. Apabila asuransi jiwa berfungsi sebagai salah satu solusi dari risiko kematian, asuransi kesehatan syariah melindungi dari risiko membayar biaya rumah sakit yang terlampau besar.

Saat ini, produk asuransi kesehatan syariah yang dapat dipilih sudah sangat beragam. Ada baiknya Sahabat teliti sebelum membeli dan hanya memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Sahabat ya.

  1. Asuransi Syariah PAYDI (Produk Asuransi yang Dikaitkan Investasi) atau Unit Link

Produk asuransi syariah yang ketiga ini sudah pasti sangat familiar di telinga Sahabat. hanya saja, saat ini ada istilah baru yang disematkan pada produk asuransi unit link, yakni PAYDI.

Asuransi unit link atau PAYDI syariah merupakan produk yang cukup digemari. Pasalnya, premi atau kontribusi produk ini cenderung flat atau tidak naik seiring tahun serta ada manfaat investasi.

Akan tetapi, banyak masyarakat yang salah paham dan menjadi salah satu sumber komplain terhadap asuransi.

Perlu diketahui bahwa manfaat investasi dalam asuransi bukanlah untuk dicairkan. Akan tetapi, manfaat tersebut diperuntukkan untuk fasilitas cuti premi serta untuk menjaga kontribusi atau premi terus flat tiap tahunnya.

Jika Sahabat ingin mendapat untung dari investasi, sangat tidak disarankan untuk berinvetasi di asuransi ya!

  1. Asuransi Rumah Syariah

Asuransi rumah tinggal syariah adalah produk asuransi syariah selanjutnya.

Tidak dapat dipungkiri, rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang wajib dipenuhi. Akan tetapi, proses untuk memiliki rumah tidaklah mudah.

Belum lagi keterangan Menteri Keuangan Sri Mulyani beberapa waktu lalu, yang menyatakan bahwa generasi millennial sulit memiliki rumah.

Oleh sebab itu, tidak berlebihan bila melengkapi rumah yang sudah berhasil dimiliki dengan perlindungan asuransi syariah.

Beberapa risiko yang akan ditanggulangi kerugiannya oleh asuransi syariah adalah kebakaran, pencurian harta benda, terkena banjir, angin topan, serta kejatuhan pesawat, serta kebongkaran.

Dengan mengklik tulisan ini, Sahabat bisa langsung mengetahui perkiraan besar premi atau kontribusi untuk tipe perlindungan yang Sahabat inginkan.

  1. Asuransi Kecelakaan Syariah

Asuransi kecelakaan syariah adalah produk asuransi syariah berikutnya.

Jika Sahabat merasa produk asuransi kecelakaan syariah agak serupa dengan asuransi kesehatan syariah, maka Sahabat cukup tepat.

Hanya saja, tetap ada perbedaannya. Asuransi kecelakaan syariah hanya fokus untuk melindungi kerugian dari risiko kecelakaan saja.

Adapun asuransi kesehatan syariah menangani biaya rumah sakit akibat proses penyembuhan dari penyakit yang diderita.

Sekarang Sahabat bisa mendapatkan perlindungan dari kecelakaan berupa santunan sebesar Rp 5 juta rupiah, hanya dengan RP 50 ribu, jika klik di sini.

  1. Asuransi Haji dan Umroh

Produk asuransi syariah keenam adalah asuransi haji dan umroh.

Asuransi haji dan umroh hanya tersedia dalam produk asuransi syariah. Manfaat dari produk asuransi haji dan umroh ialah untuk menanggulangi kerugian finansial akibat peristiwa yang terjadi pada saat beribadah di tanah Mekkah.

Beberapa di antaranya ialah pembatalan perjalanan, kehilangan uang, serta kehilangan dokumen penting.

Itu dia informasi tentang asuransi syariah, produk asuransi syariah. Semoga infonya bermanfaat ya.

Lagi cari info tentang asuransi syariah lainnya? Jangan bingung cari sumber yang kredibel, karena Wakalahmu menyediakan artikel-artikel yang bisa membantu Sahabat mengerti asuransi syariah dengan mudah.

Atau sedang lihat-lihat contoh produk asuransi syariah? Pas banget! Sahabat bisa klik di sini untuk lihat beragam produk asuransi syariah yang ada di marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia!

Sahabat juga bisa kunjungi fitur kalkulator zakat untuk hitung jumlah zakat yang harus dibayar tanpa ribet.

Jadi, yuk cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Pexels.com

Artikel Lainnya

Fungsi Asuransi Syariah yang Sering Dilupakan

Sudah punya asuransi tapi khawatir merasa rugi? Eits, lihat dulu fungsi utama asuransi di artikel ini ya sebelum bener-bener yakin rugi!
Baca sekarang

Pengertian Prinsip Tauhid dalam Asuransi Syariah

Ayo cari tahu pengertian tauhid dalam asuransi syariah bareng artikel ini!
Baca sekarang

Pentingnya Asuransi Properti untuk Keluarga

Memiliki asuransi properti tidak rugi lho sahabat. Karena ada manfaat besar di balik premi yang dibayar. Apa saja manfaatnya? Ikuti artikel ini ya sahabat! asuransi properti dan asuransi rumah
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu