5 Keuntungan Deposito Syariah yang Sering Dilewatkan

2022-01-21 11:07:09

keuntungan deposito syariah - Istilah deposito tentu cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Selain risiko yang rendah, bentuknya yang berupa simpanan menjadi alasan produk investasi ini banyak digemari. Akan tetapi, sebagian lain masyarakat juga keberatan dengan deposito karena terdapat riba. Oleh sebab itu, hadirlah deposito syariah. Lalu, seperti apa sebenarnya produk deposito syariah? 

Simak sampai akhir artikelnya ya untuk tahu jawabannya!

Apa Itu Deposito Syariah

Deposito syariah adalah produk investasi dalam bentuk simpanan berjangka, yang terbebas dari riba. Karena berjangka, deposito syariah lebih menguntungkan daripada simpanan syariah. Hal ini terjadi karena bank syariah mengelola dana nasabah yang tertahan tersebut.

Nasabah sebagai sohibul mal atau pemilik dana, menyediakan dana kepada bank syariah sebagai mudharib atau pihak pengelola, untuk diproses dengan tujuan mendapat keuntungan. Oleh karena itu, akad deposito syariah adalah akad tijarah jenis mudharabah.

Akad mudharabah produk deposito syariah sendiri terbagi menjadi 2. Selain menentukan akad mudharabah yang dipilih, nasabah bersama bank syariah juga akan membahas ketentuan tentang keuntungan dan jangka waktu simpanan pun ditentukan di awal pembuatan rekening deposito syariah.

 Lalu, apa saja manfaat atau keuntungan deposito syariah?

Keuntungan Deposito Syariah

Sebagai produk investasi, deposito syariah pastilah memberi keuntungan kepada nasabahnya. Oleh sebab itu, yuk kita gali lagi apa saja keuntungan tersebut.

Setidaknya ada 6 keuntungan deposito syariah, sebagai berikut:

  1. Halal

Keuntungan pertama dari deposito syariah ialah halal. Mengapa demikian? Karena sebagai salah satu syarat menyediakan layanan dan produk berbasis syariah, bank syariah sebagai penyedia layanan mendapat pengawasan dari Dewan Perwakilan Syariah.

Jadi, regulasi pengelolaan dana pun dipastikan sesuai dengan aturan yang diperbolehkan dalam Islam.

  1. Aman

Selain halal, membuka rekening deposito syariah di bank syariah tentu menjadi alternatif yang lebih aman dalam menyimpan uang Sahabat. Pasalnya, bank syariah tidak hanya menerima pengawasan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), tetapi juga Dewan Syariah Nasional MUI (DSN-MUI) melalui DPS.

Ketentuan mengenai persentase pembagian keuntungan yang dilakukan di awal pun meminimalisir kecurangan yang mungkin saja terjadi. Jikalau pun bank syariah mengalami kebangkrutan, uang yang didepositokan tetap akan dikembalikan oleh LPS selama masih di bawah 2 miliar.

  1. Waktu Pencairan Fleksibel

Keuntungan deposito selanjutnya ialah banyaknya pilihan rentang waktu atau tenor untuk menyimpan dana Sahabat.

Mulai dari 1, 3, 6, 12, hingga 24 bulan. Sahabat dapat menentukan sendiri berapa lama uang tersebut ingin disimpan untuk diambil kembali. Sehingga, deposito syariah sangat cocok dijadikan sebagai dana darurat.

  1. Menjadi Jaminan Pembiayaan

Memiliki kebutuhan mendadak di luar budget tetapi uang yang ada tersimpan di deposito syariah? Tidak apa-apa. Karena bilyet deposito syariah yang Sahabat miliki dapat dijadikan barang jaminan saat mengajukan pembiayaan.

Alhasil, kebutuhan tersebut terpenuhi dengan pinjaman tetapi nisbah deposito tetap jalan.

  1. Hasil Investasi Kompetitif

Berbeda dengan deposito pada umumnya yang menerapkan sistem bunga sebagai imbal hasil keuntungannya, deposito syariah menerapkan sistem bagi hasil atau nisbah. 

Selain besar persentasenya ditentukan di awal, bagi hasil deposito syariah pun nilainya cukup kompetitif. Yakni 60 untuk pemilik dana atau nasabah dan 40 untuk pengelola atau bank syariah.

(Baca juga: Rumus Hitung Nominal Bagi Hasil Deposito Syariah)

Itu dia sekilas informasi tentang pengertian deposito syariah dan keuntungan deposito syariah. Semoga Sahabat semakin yakin untuk memilih produk investasi yang syariah ya. Pastikan pula instrumen investasi yang dipilih sesuai dengan profil risiko Sahabat.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Selain itu, tersedia juga kalkulator zakat untuk bantu Sahabat hitung jumlah zakat yang harus dibayar.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Pengertian dan Contoh Aset Lancar

Yuk cari tahu tentang pengertian aset lancar dan contoh aset lancar di artikel ini!
Baca sekarang

Kenali Fintech di Indonesia, Yuk!

Yuk cari tahu apa itu fintech dan manfaatnya bareng artikel ini!
Baca sekarang

Pengertian Deposito Syariah, Akad dan Bagi Hasilnya

Ayo cari tahu apa itu deposito syariah dan bagi hasilnya di artikel ini
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu