Manajemen Aset: Pengertian, Cara, dan Manfaatnya!

2021-12-29 17:44:59

Manfaat manajemen aset - Menurut Sahabat, apakah dengan memiliki aset atau kekayaan saja sudah cukup? Apakah ada langkah selanjutnya yang mungkin diperlukan? Ya, tepat sekali. Manajemen aset adalah hal yang harus dilakukan setelah memiliki aset. Tetapi, mengapa harus melakukan manajemen aset? Apa manfaat manajemen aset sendiri?

Pecahkan pertanyaannya dengan artikel berikut, yuk!

Apa Itu Manajemen Aset

Yuk, cari tahu pengertian manajemen aset.

Manajemen aset adalah cara yang dipakai saat pengambilan keputusan, pembagian atau penggunaan aset dengan bijaksana dalam sebuah perusahaan atau organisasi besar. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Gima Sugiama di tahun 2013.

Pada perusahaan besar, manajemen aset hanya mungkin dilakukan jika para pihak dalam level manajemen ikut terlibat. Manajemen aset sendiri memiliki peran yang signifikan. Ia berperan dalam efisiensi pembiayaan dalam rangka mengembangkan bisnis perusahaan tersebut.

Jadi, sederhananya manajemen aset dapat didefinisikan sesuai dengan perkataan Gima Sugiama, yakni manajemen aset adalah sebuah seni mengelola kekayaan.

Langkah Manajemen Aset

Setelah mengetahui pengertian dari manajemen aset, bagaimana ya kira-kira cara mengelola aset tersebut? Nah, oleh sebab itu, berikut 5 langkah mudah untuk mulai melakukan manajemen aset:

  1. Memantau Nilai Aset

Aset merupakan segala sesuatu yang dimiliki dan digunakan untuk menunjang kegiatan operasional. Tidak heran, aset memiliki jenis yang sangat beragam. Oleh karena itu, memerhatikan nilai dari masing-masing aset menjadi langkah pertama yang harus dilakukan dalam manajemen aset.

Baca juga: Jenis-jenis Aset

Ada baiknya, Sahabat melakukan kegiatan revaluasi aset yang Sahabat miliki tiap enam bulan sekali. Namun, tentu akan lebih baik jika dilakukan tiap empat bulan atau tiap kuartal.

Pasalnya, banyak sekali faktor yang dapat memengaruhi nilai dari semua aset Sahabat. Baik yang berpengaruh secara langsung, seperti persediaan yang ternyata tidak dapat bertahan sesuai masa yang telah diperkirakan dan daya guna peralatan produksi yang tergerus karena aus, ataupun faktor yang tidak berpengaruh secara langsung, seperti fluktuasi kondisi bursa saham di Indonesia.

Terlebih lagi, nilai aset bisnis Sahabat juga menjadi salah satu aspek yang pertama diperhatikan kreditur untuk mengabulkan pengajuan pinjaman.

  1. Jadwalkan Arus Kas Masuk dan Keluar untuk Pembayaran

Langkah kedua dalam manajemen aset adalah mencatat waktu terjadinya kas masuk dan kas keluar di awal. Dengan membuat jadwal di awal, Sahabat dapat mengatur perencanaan aset dengan lebih lagi.

Pasalnya, Sahabat dapat mengetahui lebih awal jika sedang kekurangan kas namun sudah mendekati tanggal pembayaran, serta menyiapkan solusinya. Yakni, salah satu solusinya dengan mengajukan pinjaman.

Oleh sebab itu, catatlah apa saja dan kapan waktu kas harus dibayar di awal. Agar semua tetap aman teratasi meski terjadi kendala nantinya.

Baca juga: Pengertian Aset Lancar dan Contohnya

  1. Optimalisasi Aset

Langkah selanjutnya ialah melakukan optimalisasi aset. Optimalisasi tidak melulu membahas tentang bagaimana cara meningkatkan nilai aset. Menyingkirkan aset yang menurut data tidak menghasilkan keuntungan atau tidak lagi produktif, juga termasuk upaya optimalisasi aset.

Dengan melakukan optimalisasi aset, Sahabat dapat menyeimbangkan penghasilan aset tersebut dengan kewajibannya. 

  1. Optimalisasi Investasi

Langkah keempat ialah optimalisasi investasi. Saat keuntungan sudah di tangan, tentu akan lebih baik jika Sahabat meletakkan beberapa bagian dari keuntungan tersebut untuk diinvestasikan.

Memilih instrumen investasi yang tepat menjadi salah satu faktor signifikan selanjutnya. Selain melakukan diversifikasi, menyesuaikan instrumen investasi yang dipilih dengan tujuan investasi aset Sahabat juga sebaiknya dilakukan lebih dulu sebelum memutuskan untuk memilih instrumen investasi.

Manfaat Manajemen Aset

Topik selanjutnya ialah tentang manfaat manajemen aset. Setelah melakukan langkah sederhana dalam manajemen aset, tentu kegiatan tersebut memiliki manfaat. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini, setidaknya ada 4 manfaat melakukan manajemen aset:

  1. Menjaga Nilai Aset

Manfaat pertama melakukan manajemen aset tentulah menjaga nilai aset itu sendiri. Dengan mengatur aset yang Sahabat miliki, kualitas aset tersebut dapat terjaga. Sehingga, secara otomatis menurunnya nilai aset tersebut akan melambat. 

  1. Menghindari Pembelian Berlebihan

Manfaat selanjutnya ialah menghindari pembelian berlebih. Dengan melakukan manajemen aset dan mencatat datanya dengan sistem pencatatan yang rapi dan terstruktur, tentulah kemungkinan pembelian yang berlebihan dapat ditekan. Jika hal itu terjadi, tentu akan menghasilkan pengeluaran perusahaan yang lebih kecil.

  1. Memudahkan Penyusunan Anggaran

Manfaat ketiga ialah memudahkan dalam menyusun anggaran. Hal ini terjadi karena aspek menjadi salah satu aspek yang anggarannya pun harus dibuat. Dengan mengetahui beragam hal detail tentang aset yang dimiliki lewat manajemen aset, tentu penentuan besar anggaran untuk aset akan menjadi lebih cepat dan mudah.

  1. Keamanan Aset Meningkat

Manfaat keempat dari kegiatan manajemen aset ialah untuk meningkatkan keamanan aset. Sangat diragukan apabila sebuah perusahaan memiliki jumlah aset yang terbatas. Oleh karena itu, aset yang berjumlah cukup banyak tentulah membutuhkan perhatian dan perawatan yang banyak pula. Jika kedua hal tersebut tidak dilakukan, tidak jarang keberadaan sebagian kecil dari aset tersebut menghilang tanpa jejak.

Dengan manajemen aset, kemungkinan hilang tersebut dapat dihindari. Pasalnya, dengan pendataan yang jelas sebagai hasil dari manajemen aset, tentu hal ini memperkecil kemungkinan aset tersebut hilang. Jikalau tetap hilang, tentu keberadaannya dapat dilacak dengan mudah, berdasarkan data manajemen aset tadi.

Baca juga: Contoh Asuransi Covid Premi Low Santunan Wow

Nah, itu dia sekilas bahasan tentang apa itu manajemen aset, langkah, dan manfaat manajemen aset itu sendiri. Lakukan manajemen aset sekarang, demi masa tua tanpa aral melintang yuk Sahabat.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Mengenal OJK: Apa Itu OJK, Tujuan,Visi, Misi, Nilai, Asas OJK

Yuk Sahabat, cari tahu tentang OJK lewat artikel ini!
Baca sekarang

Kenali Fintech di Indonesia, Yuk!

Yuk cari tahu apa itu fintech dan manfaatnya bareng artikel ini!
Baca sekarang

Tugas dan Wewenang OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Ini dia tugas dan wewenang Otoritas Jasa Keuangan!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu