Kapan Nuzulul Quran? Berikut Rekomendasi Amalan Di Malam Nuzulul Quran

2022-04-18 12:42:52

Nuzulul quran - Nuzulul quran adalah salah satu peristiwa istimewa lain yang hanya terjadi di bulan Ramadhan selain malam lailatul qadar. Saat malam nuzulul quran terjadi, sangat tidak disarankan untuk melewatkannya saja tanpa beribadah secara khusus.

Pasalnya, begitu banyak hikmah nuzulul quran. Oleh sebab itu, selain membaca doa nuzulul quran, akan lebih baik bila Sahabat melakukan amalan di malam nuzulul quran.

Tetapi, ibadah apa yang bisa dilakukan? Yuk cek rekomendasi amalan malam nuzulul quran di artikel berikut!

Nuzulul Quran

Nuzulul quran adalah sebuah peristiwa diturunnya al Quran oleh Allah kepada Nabi Muhammad. Hal ini sesuai dengan arti kata nuzulul quran sendiri yaitu turunnya al quran.

Lalu, apa bedanya nuzulul quran dengan lailatul qadar?

Malam nuzulul quran adalah malam diturunkannya al Quran dari langit dunia atau Baitul izzah, secara berangsur-angsur kepada manusia.

Sedangkan malam lailatul qadar adalah malam diturunkannya al Quran dari lauhul mahfuz ke langit dunia atau Baitul izzah secara langsung.

Hal ini sesuai dengan penjelasan NU Online mengenai teori pengertian nuzulul quran yang paling masyhur dan banyak didukung oleh hadis shahih dan para ulama.

Lalu, kapan nuzulul quran terjadi?

Malam Nuzulul Quran Terjadi Pada Tanggal Ramadhan

Malam nuzulul quran adalah malam diturunkannya al Quran oleh Allah kepada Nabi Muhammad secara berangsur-angsur.

Lalu, kapan terjadinya nuzulul quran?

Perlu diketahui, bahwa ada perbedaan waktu antara Indonesia dengan negara Islam lainnya dalam memperingati malam nuzulul quran.

Indonesia memperingati malam nuzulul quran pada malam ke-17 Ramadhan. Dengan kata lain, nuzulul quran terjadi pada tanggal 18 April 2022 di Indonesia.

Sedangkan negara Islam lain, sebut saja Mesir memperingati malam nuzulul quran pada malam ke-27 Ramadhan. Jadi, nuzulul quran terjadi pada tanggal 28 April 2022 di Mesir.

Terlepas dari perbedaan memperingati kapan nuzulul quran, fakta bahwa malam nuzulul quran memiliki berkah yang sangat banyak tetap tidak dapat dielakkan.

Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk beribadah secara khusus di malam nuzulul quran.

Amalan Nuzulul Quran

Setelah mengetahui kapan terjadinya malam nuzulul quran, tentu Sahabat baiknya mengetahui amalan apa saja yang dapat dikerjakan. Oleh sebab itu, berikut 5 rekomendasi amalan dan doa nuzulul quran:

  1. Baca Doa Malam Nuzulul Quran

Amalan nuzulul quran yang pertama adalah membaca doa nuzulul quran. Berikut doanya:

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur aan.

Artinya: "Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al Quran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al Quran, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al Quran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al Quran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Al-Quran."

  1. Baca Quran

Amalan nuzulul quran setelah membaca doa nuzulul quran adalah perbanyak membaca al Quran.

Meski mungkin di antara Sahabat telah banyak membaca al Quran dari pagi hingga petang, tetap luangkan waktu khusus untuk membaca al Quran di malam nuzulul quran.

Sebagaimana yang telah diketahui, membaca al Quran banyak-banyak tidak akan sedikitpun membawa kerugian.

Pasalnya, tidak hanya mendapat pahala, membaca Quran juga membuat Kita mendapat perlindungan dari malaikat serta yang utama adalah menjadi syafaat saat di hari kiamat nanti.

Sebagaimana hadis berikut:

“Bacalah bait Al-Qur'an karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya." - HR. Muslim

  1. Salat Malam

Amalan nuzulul quran selanjutnya adalah salat malam.

Salat malam atau shalat tahajud mendatangkan juga banyak pahala dan kasih sayang dari Allah SWT.

"Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, 'Barangsiapa melaksanakan sholat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni,'" (HR. Bukhari).

  1. Salat Sunnah

Apabila shalat tahajud mengharuskan Sahabat untuk tidur lebih dulu, beda halnya dengan salat sunnah.

Amalan nuzulul quran selanjutnya adalah salat sunnah. Sahabat dapat langsung melakukan salat sunnah atau ada yang menyebutnya juga dengan qiyamul lail tanpa harus tidur lebih dulu.

  1. Zikir dan Selawat pada Nabi Muhammad

Amalan nuzulul quran terbaik lainnya ialah zikir serta selawat. Amalan nuzulul quran ini dapat Sahabat lakukan setelah melaksanakan salat sunnah dan shalat tahajud.

Kalimat zikir dan selawatnya pun tidak perlu yang terlalu rumit.

Sahabat dapat mengucapkan kalimat tasbih, tahmid, dan takbir serta istigfar sebagai referensi.

Selawatnya pun boleh saja dengan kalimat Allohumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad.

(Baca juga: Ternyata Ini Maksudnya Asuransi Syariah)

Itulah informasi tentang nuzulul quran dan 5 amalan nuzulul quran yang bisa langsung dipraktikkan. Semoga infonya bermanfaat ya.

Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Tidak cuma itu, tersedia juga kalkulator zakat untuk bantu Sahabat hitung jumlah zakat yang harus dibayar.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Freepik.com

Baca juga: 

Niat Itikaf untuk Laki-laki dan Perempuan

Begini Tata Cara Melakukan Ibadah Itikaf di 10 Malam Terakhir Ramadhan

5 Keutamaan Malam Lailatul Qadar yang Buat Kamu Nyesel Kalau Terlewat

Sebelum Nyekar, Ketahui Dulu Doa Ziarah Kubur Berikut

Cara Hindari Hasad Supaya Pahala Puasa Tetep Full

Artikel Lainnya

5++ Keutamaan Sholat Dhuha 2 Rakaat hingga 12 Rakaat

Yuk cari tahu keutamaan sholat dhuha 2 rakaat di artikel ini!
Baca sekarang

Peristiwa Luar Biasa dalam Peradaban Islam yang Terjadi di Bulan Dzulhijjah

Yuk cari tahu peristiwa menarik dalam sejarah Islam di bulan Dzulhijjah lewat artikel ini!
Baca sekarang

Prinsip Ekonomi Syariah dan Tujuannya

Sudah tahu pengertian ekonomi syariah? Beda gak ya dengan ekonomi Islam? Lalu prinsip ekonomi syariah seperti apa kira-kira? Cari tahu pada artikel berikut ya sahabat!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu