Intip 6 Keuntungan Investasi Saham Berikut!

2022-03-16 07:34:51

keuntungan investasi saham - Investasi saham adalah salah satu cara mengelola keuangan yang sebaiknya dilakukan setelah memenuhi pos-pos kebutuhan dasar. Pasalnya, dengan cara yang tepat, investasi saham dapat menjadi salah satu opsi passive income. Keuntungan investasi saham inilah salah satu faktor yang menyebabkan tingginya minat masyarakat terhadap instrumen investasi ini.

Lantas, apa saja keuntungan investasi saham? Langsung aja liat di artikel berikut!

Keuntungan Investasi Saham

Investasi saham adalah salah satu instrumen investasi yang memberikan imbal hasil atau keuntungan paling tinggi. Keuntungan investasi saham tersebut tentu dibarengi dengan tingkat risiko yang juga cukup tinggi serta cara investasinya yang cukup bertahap.

(Baca juga: Ini Dia Platform Terbaik untuk Mulai Investasi Sahammu!)

Tetapi, jangan ragu untuk tetap berinvestasi saham ya Sahabat. Sebab, 6 keuntungan investasi saham berikut terlalu sayang untuk dilewatkan:

  1. Capital Gain

Keuntungan investasi saham pertama adalah memeroleh capital gain. Capital gain adalah keuntungan dari selisih harga jual dan beli suatu emiten saham.

Perolehan capital gain sangat berkaitan dengan naik turunnya harga saham yang Sahabat pilih. Oleh sebab itu, di sinilah pentingnya untuk senantiasa memantau pergerakan nilai saham Sahabat.

(Baca juga: Apa Itu Investasi Saham?)

Capital gain adalah salah satu perbedaan antara trader saham dan investor saham juga. Mengapa demikian?

Pasalnya, investor saham akan terus memertahankan saham yang dimilikinya meski saham tersebut mengalami kenaikan harga. Sebab, investasi saham tersebut akan dipergunakan sebagai investasi jangka panjang.

Sedangkan trader saham umumnya akan memanfaatkan kenaikan harga saham tersebut dengan langsung melakukan pencairan. Jadi, tidak akan disimpan dalam waktu lama seperti halnya investor saham.

(Baca juga: Tips Cermat Agar Bujet Rumah Tangga Tetap Ada untuk Investasi)

Keuntungan investasi saham capital gain berupa uang tunai yang dapat dicairkan langsung ke RDN Sahabat.

  1. Dividen

Keuntungan investasi saham kedua adalah dividen. Dividen adalah laba atau keuntungan yang diperoleh pemegang saham yang berasal dari profit perusahaan.

Nominal perolehan dividen tentu bervariasi berdasarkan jumlah kepemilikan saham masing-masing investor.

(Baca juga: Pengertian Syariah Dalam Berbagai Layanan Keuangan)

Berbeda dengan capital gain, dividen dibagikan tidak hanya berupa tunai yaitu uang, tetapi dapat juga berbentuk nontunai seperti beberapa lot saham.

Kapan dividen dibagikan? Keputusan ini beragam antarperusahaan. Tergantung dari keputusan yang dihasilkan pada saat rapat umum pemegang saham (RUPS).

Akan tetapi, pada umumnya satu tahun sekali atau dua kali.

  1. Likuiditas Tinggi

Keuntungan investasi saham selanjutnya adalah sangat mudah dicairkan.

(Baca juga: Ini Lho Peran OJK yang Sangat Krusial bagi Lembaga Keuangan!)

Meskipun investasi saham adalah jenis investasi jangka panjang, tidak berarti dana yang telah Sahabat keluarkan untuk membeli emiten saham tidak dapat dicairkan sesuai waktu yang diinginkan.

Sahabat dapat mencairkan dana ataupun return atau imbal hasil dari investasi saham kapan saja. Jadi, tidak perlu khawatir dana akan tertahan.

  1. Akses Mudah

Tidak hanya menghasilkan cuan yang cukup besar, keuntungan investasi saham lainnya adalah akses investasi yang cukup mudah.

Saat ini, sudah banyak sekali penyedia layanan investasi saham yang berbasis aplikasi. Tidak jarang, kegiatan investasi saham melalui aplikasi tersebut memberlakukan sistem 100% online.

Sehingga, Sahabat tidak perlu mengeluarkan uang untuk mencetak berkas dan waktu untuk mengirimkan dokumen-dokumen tersebut.

(Baca juga: Mau Investasi Saham tapi Ragu Halal atau Haram? Cek Ini Dulu Yuk!)

Cukup via ponsel, proses dapat langsung diselesaikan.

Tidak hanya itu, tahap verifikasi pun relative singkat. Hanya dalam waktu 1x24 jam, proses pendaftaran akun dan RDN sudah siap sehingga Sahabat sudah bisa langsung melakukan transaksi saham.

  1. Hak Menghadiri RUPS

Keuntungan investasi saham kelima adalah memiliki hak untuk menghadiri kegiatan rapat umum pemegang saham (RUPS).

Seperti yang telah disebutkan di atas, RUPS merupakan rapat untuk memutuskan hal-hal signifikan terkait perusahaan di mana para investor memiliki akses untuk ikut bersuara.

Dalam RUPS, para pemegang saham baik terbesar maupun terkecil akan hadir pada rapat tersebut. Terlebih lagi, laporan paruh waktu tertentu suatu perusahaan juga akan dipaparkan dalam rapat tersebut.

(Baca juga: Cek Ini Dulu Sebelum Mulai Kerja Sama Bisnismu!)

Dan dengan melakukan investasi saham, Sahabat memiliki hak untuk menghadiri RUPS tersebut.

  1. Pajak Rendah

Keuntungan saham yang keenam adalah pajak yang rendah.

Berbeda dengan sektor profesi lain, pengenaan pajak pada hasil keuntungan investasi tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh tindakan nyata pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam berinvestasi.

Oleh sebab itu, jika Sahabat sedang mencari kegiatan untuk dijadikan passive income, investasi saham adalah salah satu yang ada baiknya untuk dipertimbangkan.

(Baca juga: Pernah Salat di Masjid At-Taawun? Cari Tahu Artinya Yuk!)

Itu dia informasi mengenai 6 keuntungan investasi saham. Semoga infonya bermanfaat ya.

Tetapi, tetap ingat untuk menyediakan lebih dulu dana darurat dan dana manajemen risiko ya Sahabat.

Salah satu cara mempersiapkan manajemen risiko yakni dengan asuransi. seperti yang sudah diketahui, saat ini tersedia versi asuransi umum atau konvensional dan asuransi syariah.

(Baca juga: 6 Hal Ini Wajib Ada Dalam Asuransi Syariah)

Asuransi syariah adalah asuransi yang cara kerjanya sesuai dengan syariat Islam. Tidak hanya itu, ada beberapa keuntungan asuransi syariah yang tidak ada di asuransi umum lho.

Wakalahmu sebagai marketplace khusus asuransi syariah pertama dan satu-satunya menyediakan produk asuransi syariah sesuai kebutuhan.

Wakalahmu selalu senang dan siap membantu Sahabat bila memiliki pertanyaan terkait produk asuransi syariah yang cocok untuk Sahabat, di sini.

Sahabat pun dapat langsung menghubungi Wakalahmu dengan mengakses langsung IG dan Facebook Wakalahmu lho.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Cara Kerja Reksadana: Mulai dari Reksadana Pasar Uang hingga Reksadana Saham

Bagaimana cara kerja reksadana? Langsung klik biar gak penasaran.
Baca sekarang

Investasi Saham: Pengertian, Cara, dan Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik

Yuk cari tahu serba serbi investasi saham di sini!
Baca sekarang

Dianggap Paling Aman, Ternyata 5 Hal Ini Bisa Jadi Risiko Investasi Emas Lho!

Hati-hati! Cek 5 Hal Berikut supaya investasi emas kamu aman
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu