Cara Investasi Emas yang Menguntungkan

2022-04-09 09:17:52

cara investasi emas - Investasi emas adalah instrumen investasi yang mudah dalam menghasilkan cuan. Oleh karena itu, tidak heran bila instrumen investasi yang satu ini banyak sekali digandrungi oleh masyarakat. Tidak hanya para milenial, akan tetapi ibu-ibu dan mahasiswa pun cukup banyak berinvestasi di instrumen satu ini. Akan tetapi, cara investasi emas agar tidak buntung ada caranya. Jadi, bagaimana ya acara investasi emas supaya cuan bisa maksimal?

Baca terus artikel berikut ya Sahabat!

Cara Investasi Emas Agar Untung bagi Pemula

Pada dasarnya, jika ingin melakukan segala sesuatu dengan sebaik mungkin, tentulah harus mengetahui bagaimana cara melakukan hal tersebut.

Sama halnya dengan investasi emas. Sahabat perlu mengetahui cara investasi emas yang tepat agar lolos dari rugi dan bisa mendapat keuntungan yang telah ditargetkan.

(Baca juga: Ini Dia Keuntungan yang Bisa Kamu Dapat Kalau Investasi Emas)

Karena, meskipun investasi emas adalah investasi yang terbilang aman, tetap ada beberapa faktor yang menjadi risiko investasi emas yang akan menyedot habis keuntungan dan bahkan modal investasi Sahabat.

Nah, langsung aja yuk simak 5 cara investasi emas yang cocok bagi pemula berikut:

  1. Buat Tujuan Investasi Emas

Cara investasi emas yang pertama adalah memiliki tujuan investasi. Mengapa keberadaan tujuan penting dan harus didahulukan?

Perlu diketahui bahwa kegiatan investasi tidak akan pernah selalu untung. Ada kalanya rugi atau penurunan harga terjadi.

(Baca juga: Gak Cuma Emas, Kamu Juga Bisa Coba Investasi yang Mudah dan Cuan Ini)

Ketika Sahabat memiliki tujuan melakukan investasi emas, tujuan itulah yang akan membuat Sahabat tetap tenang dan tidak terlalu panik saat mengalami kerugian.

Di samping itu, memiliki tujuan investasi emas juga membuat kegiatan investasi emas Sahabat lebih berarti. Pasalnya, pada saat keuntungan telah mencapai angka tertentu, Sahabat akan merasa proses investasi yang telah dijalani membuahkan hasil dan manfaat,

Tidak hanya itu, tujuan investasi emas juga bisa membantu Sahabat mengetahui kapan waktu terbaik untuk menjual investasi emas atau mencairkan keuntungan tersebut.

Tujuan investasi emas tidak melulu berupa rumah atau hal besar lainnya.

(Baca juga: Hati-Hati! Ini Dia Jenis-jenis Riba yang Ada di Kehidupan Sehari-hari)

Jika Sahabat belum memiliki tujuan keuangan jangka panjang, Sahabat dapat menjadikan memiliki tabungan sekian juta rupiah atau bepergian ke tempat tertentu sebagai tujuan investasi emas Sahabat.

  1. Pilih Platform Investasi Emas

Cara investasi emas kedua yaitu memilih platform untuk melakukan investasi emas.

Saat ini, platform penyedia investasi emas sudah sangat beragam. Baik yang berbasis daring ataupun luring.

(Baca juga: Apa Aja Ya Tugasnya OJK?)

Oleh sebab itu, Sahabat dapat memilih platform yang paling nyaman dan cocok dengan keinginan dan kebutuhan Sahabat.

Perhatikan kemudahan top up dana investasi serta cara bertransaksi emas dan juga cara penjualan investasi emas yang ditawarkan oleh platform penyedia investasi emas.

Selain itu, yang lebih penting lagi adalah periksa legalitas platform penyedia jasa investasi emas tersebut. Cek reputasi platform tersebut untuk mengetahui rekam jejak kinerja platform secara umum.

  1. Pantau Pergerakan Harga Emas

Memantau naik dan turunnya harga emas adalah cara investasi emas selanjutnya.

Dengan memerhatikan hal ini, tentunya akan membawa dampak yang cukup signifikan terhadap hasil investasi emas Sahabat.

(Baca juga: Ternyata Seperti Ini Makna Kata Syariah dalam Produk-Produk Keuangan)

Pada saat harga emas mengalami penurunan, jangan cemas. Meskipun Sahabat mengalami kerugian saat itu, disarankan Sahabat untuk menambah lagi jumlah investasi emas Sahabat.

Pasalnya, membeli di harga yang sedang turun akan membuat imbal hasil semakin tinggi jika menjual emas di saat harganya naik nanti.

Meski harga emas cukup stabil, bukan berarti tidak pernah terjadi naik dan turun harga ya Sahabat.

  1. Perhatikan Keamanan Tempat Penyimpanan Emas

Memerhatikan keamanan tempat emas disimpan oleh platform yang telah Sahabat pilih juga menjadi hal yang harus diperhatikan.

Cara investasi emas keempat ini dapat Sahabat lakukan dengan membaca sedikit lebih detail mengenai ketentuan investasi emas apabila memilih platform penyedia investasi emas berbasis daring.

(Baca juga: Cari Tahu Hukum Kerja Sama Bisnis Dalam Islam Di Sini!)

Sedangkan, jika cara investasi emas Sahabat adalah luring, Sahabat dapat mencoba berkunjung langsung ke kantor penyedia jasa investasi emas tersebut untuk menanyakan sistematika penyimpanan emas yang Sahabat investasikan.

  1. Konsisten dan Sabar

Cara investasi emas terakhir ialah yang paling penting, yakni konsisten dan sabar.

Salah satu hal dasar yang perlu Sahabat ketahui adalah tidak ada investasi yang langsung mendatangkan keuntungan besar dalam semalam.

Oleh karena itu, konsisten dan sabar adalah cara investasi emas yang wajib Sahabat lakukan untuk mencapai imbal hasil sesuai yang Sahabat inginkan.

Idealnya, emas adalah instrumen investasi yang dilakukan jangka panjang, yakni antara 5 hingga 10 tahun.

Oleh sebab itu, jika Sahabat tidak konsisten dalam menambah jumlah investasi emas Sahabat, akan sulit untuk mencapai jumlah imbal hasil yang diinginkan.

(Baca juga: Rekomendasi Investasi Jangka Panjang yang Cocok Buat Apapun Tujuan Keuanganmu)

Akan tetapi, bukan berarti emas tidak bisa dijadikan sebagai investasi jangka pendek.

Baik jangka panjang ataupun jangka pendek, konsisten dan sabat tetap menjadi cara investasi emas yang perlu Sahabat lakukan.

Itulah informasi tentang cara investasi emas. Semoga informasinya bermanfaat ya Sahabat.

Tetapi, tetap ingat untuk menyediakan lebih dulu dana darurat dan dana manajemen risiko ya Sahabat.

Salah satu cara mempersiapkan manajemen risiko yakni dengan asuransi. seperti yang sudah diketahui, saat ini tersedia versi asuransi umum atau konvensional dan asuransi syariah.

(Baca juga: Ulasan Singkat dan Padat tentang Asuransi Syariah)

Asuransi syariah adalah asuransi yang cara kerjanya sesuai dengan syariat Islam. Tidak hanya itu, ada beberapa keuntungan asuransi syariah yang tidak ada di asuransi umum lho.

Wakalahmu sebagai marketplace khusus asuransi syariah pertama dan satu-satunya menyediakan produk asuransi syariah sesuai kebutuhan.

Wakalahmu selalu senang dan siap membantu Sahabat bila memiliki pertanyaan terkait produk asuransi syariah yang cocok untuk Sahabat lho.

Sahabat pun dapat langsung menghubungi Wakalahmu dengan mengakses langsung IG dan Facebook Wakalahmu lho.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

5 Rekomendasi Reksadana Pasar Uang Terbaik 2022

Yuk cari tahu rekomendasi reksadana pasar uang terbaik 2022 di sini!
Baca sekarang

Cara Menghitung Keuntungan Reksadana dengan Cepat dan Gak Ribet

Ternyata, cara menghitung keuntungan reksadana sesimpel itu lho! Gak percaya? Liat aja sendiri nih.
Baca sekarang

Keuntungan Investasi Emas yang Bikin Anti Rugi

Apa saja keuntungan investasi emas? ini dia 7 jawabannya!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu