8 Rekomendasi Bisnis Modal Kecil yang Cuannya Fantastis!

2022-03-19 09:31:26

bisnis modal kecil - Tidak hanya bekerja, cara lain untuk memenuhi kebutuhan yang dapat dilakukan adalah dengan memiliki usaha atau bisnis. Hanya saja, seringkali modal menjadi permasalahan ketika memulai bisnis. Namun, bukan berarti tanpa modal besar usaha tidak bisa dilakukan. Masih banyak lho bisnis modal kecil yang bisa dilakukan.

Apa saja ide bisnis modal kecil tersebut? Baca terus artikelnya ya!

8 Ide Bisnis Modal Kecil

Jika Sahabat masih berpendapat bahwa memiliki bisnis hanya bisa dilakukan orang bermodal besar, rasanya perlu dipertimbangkan lagi.

Pasalnya, dengan perkembangan teknologi saat ini, sudah banyak peluang usaha bercuan besar yang dapat dilakukan dengan modal yang relatif kecil.

(Baca juga: Ini Dia 9 Tips Atur Keuangan Rumah Tangga Biar Sesuai Bujet!)

Tanpa lama-lama lagi, berikut 10 bisnis modal kecil yang berhasil Wakalahmu rangkumkan:

  1. Bisnis Program Affiliate Marketing

Bisnis modal kecil kedua adalah mengikuti program affiliate marketing. Jika modal yang kamu maksud adalah uang, maka bisnis ini sangat sedikit sekali mengeluarkan uang.

Paling-paling Sahabat harus mengeluarkan uang untuk membeli barang yang diperjualbelikan. Itupun untuk Sahabat gunakan dan catat poin plus, keunggulan, dan kekurangannya.

Pasalnya, Sahabat harus meyakinkan orang-orang untuk membeli produk tersebut dengan menggunakan referensi Sahabat.

(Baca juga: Ini Dia Alasan Kenapa Lembaga Keuangan yang Legal Pasti Ada Logo OJK-nya!!)

Saat terjadi transaksi dengan memakai referensi Sahabat, di saat itulah keuntungan bisnis ini didapat.

Jadi, hampir dapat dikatakan bisnis program affiliate marketing ini membutuhkan modal 0 rupiah, kecuali untuk menjajal produk.

Meski begitu, kemampuan menggunakan media sosial dalam mempublikasi skill mereview Sahabat wajib ulet dan konsisten agar dapat menjaring banyak calon pembeli.

(Baca juga: Apa Maksud Kata Syariah yang Ada di Lembaga-lembaga Keuangan?!)

  1. Bisnis Jual Online

Ide bsnis modal kecil lain yang dapat dicoba adalah dengan berjualan online.

Modal untuk melakukan bisnis jual online pada umumnya adalah kuota atau wifi untuk koneksi internet serta modal untuk membeli stok persediaan awal, yang dapat Sahabat putuskan sendiri. 

Apabila Sahabat enggan berjualan di marketplace, Sahabat dapat menggunakan media Instagram sebagai tempat berjualan. Komoditas yang diperjual belikan pun dapat mengikuti keinginan Sahabat.

(Baca juga: Ini Dia Alasan Seseorang Wajib Memiliki Sifat Amanah!)

Meski berjualan di marketplace ada biaya administrasi dan biaya mengikuti program khusus, Sahabat akan lebih mudah bertemu dengan calon pembeli potensial karena nama besar marketplace yang Sahabat pilih.

Jadi, pikirkan matang-matang ya platform untuk melakukan bisnis jualan onlinenya.

  1. Bisnis Barang Pre Order

Bisnis barang pre order adalah alternatif lain dari ide bisnis modal kecil.

(Baca juga: Sifat Berikut Ini yang Harus Dimiliki Agar Hidup Jadi Lebih Tenang!)

Berbeda dengan bisnis jual online sebelumnya yang telah menyediakan stok di awal, bisnis barang pre order tidak perlu mengeluarkan modal 1 rupiah pun.

Pasalnya, barang akan dikirimkan di periode tertentu setelah masa terima orderan usai. Tidak jarang pula, pembeli harus lebih dulu memberikan pembayaran yang rata-rata sebesar 50% dari harga total sebagai tanda jadi.

Meski begitu, kelemahan bisnis barang pre order ini adalah barang lebih lambat sampai di tangan pembeli.

(Baca juga: Hadits Tentang Sifat Amanah!)

Tetapi tenang saja, banyak juga lho peluang orang yang masih berniat dengan sistem pembelian pre order!

  1. Membuka Les Online

Bisnis modal kecil selanjutnya adalah membuka les online. Tidak harus online apabila Sahabat memiliki area yang cukup untuk tempat belajar atau menyediakan opsi datang ke rumah.

Tetapi, tentu lebih ringkas bila pengajaran dilakukan via online.

Skill yang ditawarkan tidak melulu soal matematika atau sejenisnya. Bisa juga pelajaran bahasa tertentu, musik, desain, coding, ataupun kemampuan yang memang peminatnya berjumlah besar.

(Baca juga: Gak Cuma Zakat dan Sedekah, Kamu Bisa Pilih Ini Untuk Berbagi ke Sesama!!)

Modal yang dikeluarkan untuk membuka les online adalah 0 rupiah. Hanya saja, promosi melalui media sosial harus dikencangkan ya Sahabat.

  1. Bisnis Makanan Sarapan

Menjual makanan sarapan juga dapat menjadi bisnis modal kecil lainnya.

Apalagi jika Sahabat memiliki skill memasak ataupun tertarik dengan dunia kuliner. Meskipun sudah banyak yang melakukan bisnis ini, tetapi tidak semua memiliki kualitas rasa yang ciamik.

Di sinilah kesempatan untuk Sahabat memulai selalu terbuka.

Pasalnya, bila rasa makanan sarapan yang Sahabat jual juara, kecil kemungkinannya bila orang tidak mengenalkan makanan Sahabat kepada orang-orang di sekitarnya.

Modal untuk membuat bisnis makanan sarapan beragam berdasarkan jenis masakan yang dipilih. Akan tetapi, umumnya Rp 1 juta rupiah merupakan nominal yang cukup besar.

(Baca juga: Mau Mulai Kerja Sama Bisnis? Cek Hukumnya dalam Islam Dulu Yuk di Sini!!)

  1. Bisnis Jasa Desain

Jasa desain merupakan ide bisnis modal kecil lainnya.

Jika Sahabat memiliki skill desain atau hobi mendesain, sangat disarankan untuk mencoba memulai peruntungan bisnis dengan mendaftar di situs marketplace freelance.

Sebut saja Upwork, Sribulancer, ataupun Fiverr. Sahabat dapat memilih marketplace terbaik sesuai dengna kenyamanan dan kebutuhan Sahabat.

Portofolio atau bentuk desain yang pernah Sahabat kerjakan, baik untuk proyek berbayar ataupun hanya tugas kampus atau sekolah, kumpulkan di satu link agar simpel.

Modal untuk bisnis jasa desain adalah 0 rupiah.

(Baca juga: Gak Cuma 1, Ternyata Banyak Lho Jenis Risiko yang Ada!)

  1. Bisnis Toko Kelontong

Ide bisnis modal kecil lainnya adalah membuka toko kelontong.

Tidak perlu memiliki skill tertentu, Sahabat sudah bisa langsung membuka toko kelontong sesuai kapasitas ruang kosong di rumah Sahabat.

Modal yang diperlukan untuk pertama kali membuka toko kelontong adalah modal untuk membeli 1-2 stok dari masing-masing jenis barang yang disediakan.

Nantinya, bila sudah berjalan selama hampir setahun dan sudah banyak pelanggan setia toko Sahabat, barulah tingkatkan permodalan dengan membeli stok dalam jumlah yang lebih besar.

(Baca juga: Pahami Arti Riba Yuk, Agar Bisnis Bisa Tetap Berkah!)

Perlu diingat bahwa bisnis yang satu ini memiliki persaingan yang sangat ketat.

Oleh sebab itu, utamakan keramahan dalam melayani pembelian pelanggan agar toko kelontong Sahabat memiliki nilai unggul.

  1. Bisnis Warung Kopi

Bisnis warung kopi adalah bisnis modal kecil selanjutnya.

Jika Sahabat merasa positif dengan tren minuman kopi saat ini, Sahabat dapat menggunakan jasa franchise untuk warung kopinya.

(Baca juga: Jarang yang Tahu, Ternyata Jenis Riba Gak Cuma 1 Lho!)

Akan tetapi, Sahabat bisa juga langsung membuka warkop tradisional untuk berbisnis. dengan modal yang tidak mencapai 1 juta, Sahabat dapat potensi keuntungan yang cukup besar mengingat harga segelas kopi seduh berbeda jauh dengan harga 1 saset kopi.

Selain modal yang lebih rendah, bisnis warung kopi tradisional juga menerapkan aturan pribadi Sahabat.

Berbeda dengan warung kopi franchise yang terkadang mengenai peraturan yang tidak terlalu menguntungkan sisi mitra franchise yakni Sahabat.

(Baca juga: Bagaimana ya Islam Memandang Riba?!)

Itu dia ringkasan info tentang rekomendasi bisnis modal kecil yang mudah dan dapat langsung dicoba. Semoga informasinya bermanfaat ya.

Untuk kemudahan mendapatkan produk proteksi syariah untuk sahabat, Wakalahmu sebagai marketplace asuransi khusus syariah pertama di Indonesia hadir menawarkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan sahabat.

(Baca juga: Ngobrol dengan Wakalahmu di sini Yuk!)

Tidak hanya itu, tersedia juga kalkulator zakat untuk bantu Sahabat hitung jumlah zakat yang harus dibayar.

Yuk, cek Wakalahmu sekarang!

Foto: Freepik.com

Artikel Lainnya

Mengenal OJK: Apa Itu OJK, Tujuan,Visi, Misi, Nilai, Asas OJK

Yuk Sahabat, cari tahu tentang OJK lewat artikel ini!
Baca sekarang

Ini Dia 4 Jenis Fintech dari Semua Fintech yang Ada di Indonesia

Yuk cari tahu contoh fintech dan jenis fintech di artikel ini!
Baca sekarang

Kenali Fintech di Indonesia, Yuk!

Yuk cari tahu apa itu fintech dan manfaatnya bareng artikel ini!
Baca sekarang
Kontak WA Wakalahmu